Tim Karate Unkris Juara Kejuaraan International Karate UNJ 2023

ANP • Thursday, 11 Jan 2024 - 15:09 WIB

JAKARTA – Tim karate Universitas Krisnadwipayana berhasil meraih juara umum ke-2 kategori universitas dalam even Kejuaraan Internasional Karate UNJ Martial Art Competition 2023 yang diselenggarakan oleh Universitas Negeri Jakarta (UNJ) di Gelanggang Olahraga Ciracas Jakarta Timur pada 9-10 Desember 2023. Dari 4 mahasiswa yang dikirim pada even tersebut, tim karate Unkris berhasil menyabet satu medali emas, satu medali perak dan satu medali perunggu.
Kejuaraan Internasional Karate UNJ Martial Art Competition 2023 yang disupport oleh KONI PUSAT, Kemenpora RI, PB FORKI, Dispora & BAPOMI tersebut memperebutkan Piala Menpora. Jumlah peserta secara keseluruhan kurang lebih 2000 peserta dengan 139 kontingen termasuk universitas, instansi dan dojo/club. Kategori yang dipertandingkan mulai dari tingkat Usia Dini - Senior, Mahasiswa, TNI/POLRI dan Kategori Festival. 
Adapun ke-3 mahasiswa Unkris yang meraih medali tersebut adalah Fadik Abdin Hafad, Kumite Perorangan 60 Kg Putra meraih medali emas, Febriana Caintami Sholehah, Kumite Perorangan 50 Kg Putri meraih medali perak dan Ahmad Iqbal Anwar, Kumite Perorangan 67 Kg Putra meraih medali perunggu.
Fadik Abdin Hafad yang juga Ketua Unkris Karate Club (UKC) mengaku cukup gembira dengan perolehan prestasi tim UKC dalam even Kejuaraan Internasional Karate UNJ Martial Art Competition 2023. Ini adalah even pertama yang diikuti oleh UKC setelah sempat vacuum akibat pandemi Covid-19.
“Cukup surprise juga, kami bisa membawa pulang medali bahkan meraih juara umum 2 setelah tuan rumah UNJ,” kata Fadik usai audiensi dengan jajaran pimpinan Unkris, Rabu (10/01/2023).
Diakui Fadik, sejatinya mengikuti event Kejuaraan Internasional Karate UNJ Martial Art Competition 2023 bertujuan menambah jaringan untuk kegiatan mahasiswa (UKM) Unkris melalui kategori olahraga. “Kalau kemudian kami mendapatkan medali dan juara umum 2, ini benar-benar bonus yang menyenangkan. Pasti ini akan menjadi motivasi bagi UKC agar berlatih lebih keras dan terus mengikuti berbagai ajang lomba,” ujarnya.
Ia berharap ke depan, akan semakin banyak mahasiswa Unkris yang bergabung dengan UKC. Sebab dengan bergabung UKC, mahasiswa yang memiliki passion olahraga bisa mendapatkan kesempatan lebih luas lagi untuk unjuk prestasi tidak hanya internal kampus tetapi juga eksternal. 
Rektor Unkris Dr Ir Ayub Muktiono saat menerima tim mahasiswa UKC menyampaikan rasa bangganya atas perolehan prestasi para mahasiswa dalam event karate yang cukup bergengsi tersebut. “Ini membuktikan meski vacuum lama, mahasiswa Unkris tetap mampu menunjukkan prestasi,” katanya.
Keberhasilan mahasiswa dalam event Kejuaraan Internasional Karate UNJ Martial Art Competition 2023, jelas Rektor tidak hanya membawa nama harum Unkris. Lebih dari itu, mahasiswa yang bersangkutan juga akan mendapatkan beasiswa dari kampus. 
Rektor berjanji akan memfasilitasi kebutuhan mahasiswa dalam setiap event atau pertandingan yang diikuti oleh UKM terutama yang digelar oleh eksternal kampus.
Apresiasi serupa juga disampaikan Warek 3 Unkris Dr Parbuntian Sinaga. Ia mengapresiasi perjuangan para mahasiswa yang sudah berhasil membawa nama harum Unkris dan meraih hasil yang membanggakan dalam ajang Internasional Karate UNJ Martial Art Competition 2023. “Kejuaraan ini cukup bergengsi, apalagi memperebutkan piala Menpora,” katanya.
Ia berharap perolehan medali dan gelar juara umum 2 ini dapat memberikan motivasi bagi UKM UCK untuk terus berlatih lebih giat dan berpartisipasi dalam berbagai event kejuaraan. “Semoga tahun mendatang dapat meningkatkan prestasi dan meraih juara umum,” tutup Parbuntian.