Membalas Para Penjahat Siber dalam The Beekeeper

MUS • Thursday, 11 Jan 2024 - 12:03 WIB

Genre: Action
Sutradara: David Ayer (Suicide Squad, Fury) 
Pemeran: Jason Statham, Josh Hutcherson
Durasi: 1 jam 45 menit
PH: Miramax 
Sedang tayang di Cinema XXI

The Beekeeper bercerita tentang peternak Adam Clay (Jason Statham) yang mengelola kawanan lebah di lahan milik seorang lanjut usia, Mrs. Parker. 

Clay berteman dengan Mrs. Parker. Dia menganggap Mrs. Parker sebagai satu-satunya orang yang pernah merawatnya. 

Sebaliknya bagi Mrs. Parker, Clay adalah sebuah berkah karena sudah membuat lahan yang kacau dengan rumput liar di mana-mana, menjadi rapi berseri kembali. 

Hidup di pedesaan terpencil, Mrs. Parker mengurus rumahnya sendiri, termasuk urusan keuangan secara online. Tiba-tiba, dia mendapat pesan peringatan di laptopnya. 

Langsung saja, dia menghubungi call center tertera, yang ternyata komplotan penipu. Ditipu daya melalui peretasan dan kejahatan cyber, Mrs. Parker kehilangan seluruh simpanannya. 

Termasuk dana pensiun dan uang donasi yang dikelolanya, ludes tertransfer tidak sengaja berpindah ke kuasa si penipu. 

Mrs. Parker pun panik dan mengakhiri hidupnya. Bersama putri Mrs. Parker, Verona yang juga agen FBI, Clay baru tahu, Mrs. Parker sempat ditipu sebelum tewas. 

Tanpa ragu Clay pun melancarkan aksi balas dendam tanpa ampun. Dia melumpuhkan call center, yang telah menipu lansia, kaum terlemah dalam masyarakat. 

Clay main hakim sendiri melawan petugas keamanan, sampai pimpinan jaringan penipu. 

Aparat keamanan pun mulai menyadari aksi Clay yang telah menghilangkan sejumlah nyawa. Dia pun terdeteksi tak sekadar menjadi peternak lebah biasa. 

The Beekeeper adalah program khusus di luar rantai perintah komando. Seperti peternak lebah, dia melindungi inti sarang ketika sistemnya tidak seimbang. 

Clay ingin memperbaiki sistemnya. Meski perangkat perundang-undangan telah tersedia, namun terkesan gagal menghukum para penjahat siber yang hidup glamor, dan ternyata dilindungi penguasa. 

Seiring perjalanannya melawan seluruh jaringan penipuan, penonton menyadari, yang dilawan Clay berskala jauh lebih besar, daripada kejahatan digital kecil-kecilan. 

Clay membongkar korupsi dengan aliran dana beredar ke seluruh dunia, orang-orang penting, bahkan pemerintahan. 

Seorang diri, Clay menjadi masalah bagi tim keamanan swasta, FBI, Secret Service, SWAT, dan lain sebagainya. 

Di pucuk tertinggi, petinggi di Ibukota Washington DC mulai kuatir, sang peternak lebah akan menemukan fakta sesungguhnya. Sementara Clay siap memberi pelajaran dan membakar apa saja, seperti cairan madu yang mudah terbakar. 

Action layar lebar The Beekeeper siap menghibur penggemar adegan perkelahian tangan kosong yang seru cenderung brutal. 

Pada pembuka tahun ini, fans Jason Statham pun akan terpuaskan, lengkap dengan pesan-pesan moral dan intrik politik sampai akhir. 

Mengingatkan penonton tentang pentingnya literasi digital, sampai betapa berbahayanya ketika kekuasaan dan kekayaan tak bisa dikendalikan secara jelas dan transparan.