Salip Anies dan Prabowo, Ganjar Jadi Capres dengan Trust Tertinggi usai Debat

MUS • Tuesday, 9 Jan 2024 - 12:10 WIB

Jakarta - Ganjar Pranowo berhasil membuat netizen memandang positif dirinya selama debat ketiga calon presiden (capres) ketiga yang diselenggarakan Komisi Pemilihan Umum (KPU) di Istora Senayan, Minggu (7/1/2024). Hal itu diungkapkan oleh Project Manager Binokular Nicko Mardiansyah.

Menurut Nicko Mardiansyah, prosentase sentimen positif Ganjar terkait trust atau kepercayaan mencapai 95 persen. Hal itu membuat Ganjar mengungguli dua paslon lainnya yakni Anies Baswedan dan Prabowo Subianto.

“Data dari percakapan di media sosial khususnya Twitter yang berhubungan dengan masing-masing paslon. Kalau kita lihat datanya atau interpretasinya yang hijaunya paling banyak sampai 95 persen itu Ganjar Pranowo. Artinya percaya, jadi posisi netral dan positif untuk di emosinya itu 95 persen,” terang Nicko Mardiansyah dikutip dari YouTube Official iNews, Selasa (9/1/2024).

Jika Ganjar mendapatkan hingga 95 persen sentimen positif, paslon nomor urut satu dan dua masing-masing hanya mendapat 49,5 persen dan 53,3 persen. Berbanding terbalik, sentimen anger atau kemarahan dari dua paslon tersebut lebih tinggi dari capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo. Di mana, Anies dan Prabowo memiliki sentimen terkait kemarahan hingga sembilan persen sedangkan Ganjar hanya 0,7 persen.

“Kemudian kalau anger paling banyak itu di antara dua paslon, Anies 9,6 persen dan Prabowo 9,5 persen. Sangat tipis sekali,” imbuh Nicko.

Nicko lebih lanjut menyoroti jika sentimen positif Ganjar tercipta karena dia lebih fokus dengan gagasan visi dan misinya dibandingkan dua paslon lainnya.

“Dari jalannya perdebatan saling serang antara Anies dan Prabowo itu kan berefek pada tingkat anger keduanya dan posisi netral yang dibawa Ganjar dan fokus pada visi misi. Menurut data Binokular (Ganjar) memiliki tingkat kepercayaan tinggi,” jelas Nicko.