PT Gowa Makassar Raih Top Digital Corporate Brand Award 2023

FAZ • Friday, 29 Dec 2023 - 20:32 WIB

Jakarta - PT Gowa Makassar Tourism Development Tbk. (GMTD) berhasil meraih penhargaan 5th Top Digital Corporate Brand Award 2023 Special Achievement for Property Industry dalam acara awarding ceremony InfoEkonomi.ID bekerja sama dengan TRAS N CO Indonesia yang digelar secara virtual, Rabu (13/9).

Penghargaan ini diberikan kepada GMTD atas prestasinya dalam mengembankan Kota Tanjung Bunga yang berlokasi di Makassar, Sulawesi Selatan. GMTD sebagai perusahaan yang bergerak di bidang investasi dan pengembangan real estat dan properti telah melaksanakan pembangunan fisik Kota Tanjung Bunga yang memiliki luas potensial tak kurang dari 1.000 ha sejak 1997.

Kota Tanjung Bunga yang terletak di barat daya Kota Makassar, Sulawesi Selatan dikembangkan GMTD dengan memperhatikan faktor-faktor antara lain:
1. Konsep pembangunan yang terintegrasi dengan masterplan kawasan secara global.
2. Pengembangan kawasan perumahan, komersial dan pariwisata, termasuk perumahan, kavling, dan kawasan rekreasi.
3. Penyediaan tanah untuk investor untuk pengembangan perumahan dan komersial.
4. Penyediaan layanan kota yang disediakan oleh Manajemen Perkotaan.
5. Pemeliharaan fasilitas dan infrastruktur dalam kota.

Head of Marketing GMTD, Dodie Christian mengatakan pihaknya senantiasa berusaha membangun dan mengembangkan model percontohan bagi sebuah kota masa depan. "Kami berusaha menciptakan komunitas yang lebih baik melalui pengembangan kota yang layak huni dan berkelanjutan untuk menjadi perusahaan pengembang perumahan yang paling kompetitif dalam membuat Makassar Tanah Kesuksesan, Tanah Kemakmuran, Tanah Inspirasi, dan Tanah Peluang," ujar Dodie melalui telepon.

GMTD sendiri yang didirikan pada 14 Mei 1991 dengan nama PT Gowa Makassar Tourism Development Corporation memulai kegiatan usaha komersialnya pada 21 Juni 1997. Saat ini berkantor pusat di Jl. Metro Tanjung Bunga Mall GTC Tanjung Bunga, Makassar, Sulawesi Selatan.

Para pemegang saham yang memiliki 5 persen atau lebih saham GMTD antara lain PT Makassar Permata Sulawesi (32,5 persen), Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan (13 persen), Pemerintah Kabupaten Gowa (6,5 persen), Pemerintah Kota Makassar (6,5 persen), dan Yayasan Partisipasi Pembangunan Sulawesi Selatan (6,5 persen).

Untuk diketahui, Lippo Karawaci Tbk. menjadi induk usaha tidak langsung dari GMTD, di mana Lippo menguasai 4,92 persen saham GMTD secara langung dan menguasai 52,36 persen saham GMTD secara tidak langsung termasuk 32,5 persen saham GMTD yang dimiliki PT Makassar Permata Sulawesi.