Upaya Efisiensi Energi oleh Chandra Asri Group Hingga Berhasil Raih Predikat Emas pada Ajang PROPER 2023

ANP • Friday, 29 Dec 2023 - 15:37 WIB

JAKARTA - PT Chandra Asri Petrochemical Tbk (Chandra Asri Group), perusahaan kimia terdepan dan solusi infrastruktur di Indonesia, telah melakukan beragam upaya dalam efisiensi energi pada operasional pabrik petrokimianya di Ciwandan, Cilegon, Banten. Efisiensi energi dilakukan Perusahaan pada setiap aspek dan tahapan dalam siklus hidup produk, dimulai dari ekstraksi sumber daya, proses produksi, dan hingga sistem pasca produksi. Efisiensi energi yang dilakukan Chandra Asri Group juga berhasil mendukung penurunan dampak pemanasan global. Hal inilah yang menjadi salah satu latar belakang penilaian sehingga Chandra Asri memperoleh anugerah predikat Emas di ajang PROPER untuk Pabrik Petrokimia di Ciwandan dari Kementerian LHK pada pekan lalu di Jakarta.

Efisiensi energi dilakukan Perusahaan melalui berbagai inovasi dalam berbagai tahapan produksi, salah satunya inovasi perubahan komponen teknis yang dilakukan pada Polyethylene Plant yang memberikan dampak pada Process Improvement dikarenakan inovasi ini dapat meningkatkan proses produksi perusahaan dengan minimnya terjadi shutdown. Inovasi perubahan komponen ini telah memperoleh Penghargaan Subroto Bidang Efisiensi Energy (PSBE) pada tahun 2023. Inovasi oleh Chandra Asri Group ini juga merupakan yang pertama kali diimplementasikan di Indonesia pada Sektor Petrokimia menurut Best Practice dari Kementerian LHK. Adapun penurunan potensi pemanasan global dari inovasi yang mampu mendukung penghematan energi pada sistem reaktor Polyethylene Plant ini menghasilkan penurunan dampak Global Warming Potential (GWP) sebesar 4.855.947,073 Ton CO2eq dan efisiensi energi sebesar 12.470,40 GJ. 

Direktur Sumber Daya Manusia & Urusan Korporat Chandra Asri Group, Suryandi mengatakan, “Chandra Asri Group meyakini bahwa industri hijau tidak hanya berfokus pada energi dan lingkungan, melainkan mencakup seluruh dimensi Environment, Social dan Governance (ESG). Dalam hal lingkungan, Perusahaan berfokus terhadap dua megatrend, yaitu perubahan iklim (climate change) dan kelangkaan sumber daya (resource scarcity). Saat ini, Perusahaan memfokuskan pengembangan masterplan untuk ESG ke dalam peta jalan Gas Rumah Kaca (GRK) dan ekonomi sirkular.”

Chandra Asri Group juga menghasilkan produk ramah lingkungan yang masuk dalam Ekolabel Swadeklarasi yaitu produk HDPE dan PP.  Ekolabel Swadeklarasi merupakan sertifikasi keluaran Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) yang menandakan bahwa daur hidup produk tersebut menimbulkan dampak negatif yang lebih kecil terhadap lingkungan, dibanding produk sejenis yang dideklrasikan oleh produsen. 

Ekolabel pada prodk HDPE dan PP ini diberikan oleh karena total pengurangan Emisi CO2e pada PE Plant untuk produk HDPE sebesar 9,38% - 16.78% selama periode tahun 2008-2023 dan pengurangan Emisi CO2e pada PP Plant untuk produk Polipropilena merk Trilene sebesar 3% - 21% selama periode 2011 – 2023.

Selain aspek inovasi pada efisiensi energi, Chandra Asri Group juga menerapkan Green Leadership yang mendorong empat aspek utama, yakni upaya mengurangi kemiskinan, mengurangi ketimpangan, pemberdayaan perempuan, dan sistem pangan yang sehat serta berkelanjutan. 

Chandra Asri Group senantiasa berkomitmen terhadap ESG (Environment, Social, and Governance) dimana kelestarian lingkungan dan pengurangan dampak terhadap lingkungan merupakan salah satu aspek yang menjadi fokus Perusahaan demi tercapainya tujuan berkelanjutan.