Hensat Prediksi PDIP, Gerindra dan PKB masuk 3 Besar

MUS • Friday, 29 Dec 2023 - 15:05 WIB

Jakarta - Founder Lembaga Survei KedaiKOPI, Hendri Satrio memprediksi 3 besar partai politik di lemilu 2024 akan diperebutkan PDIP, Gerindra dan PKB.

Hensat, sapaan akrab Hendri Satrio menuturkan, bahwa PDIP akan memuncaki klasemen partai disusul Gerindra dan PKB.

Analisa ini berdasarkan pertarungan ketiga partai tersebut yang akan mendapatkan coattail effect langsung dari para calon presidennya.

"PDI Perjuangan akan mendapatkan coattail effect dari Ganjar Pranowo, sedangkan Prabowo akan memberikan coattail effect yang besar sekali kepada Gerindra, dan Muhaimin Iskandar yang akan memberikan coattail effect kepada PKB di kubu Anies-Muhaimin," jelas Hensat, Jumat, (29/12/2023). 

Hendri memberikan alasan mengapa NasDem tidak menempati posisi 3 besar meski menjadi partai politik pertama yang mengusung Anies Baswedan sebagai calon presiden.

"Walaupun NasDem mendapatkan coattail effect dari Anies Baswedan, tapi Anies bukanlah kader NasDem sehingga pemilih tidak langsung menganggap bahwa NasDem adalah Anies Baswedan, meskipun menurut hasil survei KedaiKOPI salah satu alasan responden memilih NasDem adalah karena Anies Baswedan," ujarnya.

Lebih lanjut, Hendri mengungkapkan apabila PKB berhasil masuk 3 besar, maka hal itu merupakan suatu prestasi besar bagi partai pimpinan Muhaimin Iskandar ini. 

"2024 akan menjadi pencapaian tertinggi bagi PKB bila perhelatan pemilu sesuai dengan perkiraan PKB," imbuhnya.

Hadirnya Muhaimin Iskandar di dalam kertas suara akan menguntungkan PKB secara langsung, sehingga Hendri memperkirakan partai ini bakal meraih tempat tertinggi sepanjang keikutsertaan mereka dalam pemilu.

Selain 3 partai tersebut, Hendri juga memprediksi ada beberapa partai lain yang suaranya akan melonjak karena mendapatkan coattail effect dari capres-cawapres, salah satunya PKS.

"PKS saya prediksi akan menempati urutan kedua terbesar sebagai penyokong Anies Baswedan. Sehingga urutannya akan PKB, PKS, lalu NasDem," ungkapnya.

Sementara itu Hendri meyakini di pengusung Prabowo Subianto selain Gerindra yang akan mendapatkan coattail effect bagus adalah Golkar.

"Golkar akan dapat coattail effect meski lonjakannya tidak besar atau bahkan angkanya akan turun dibandingkan hasil di Pemilu 2019 silam," pungkasnya.