Lakukan Digitalisasi Layanan dan Operasional, Bank Muamalat Raih Penghargaan

FAZ • Wednesday, 27 Dec 2023 - 11:48 WIB

Jakarta – PT Bank Muamalat Indonesia Tbk meraih penghargaan sebagai Bank Syariah Digital Terbaik kategori Dimensi Manajemen Risiko dalam ajang Digital Banking Awards 2023 yang digelar oleh Investortrust bekerjasama dengan Intellectual Business Community (IBS).

Seremoni penghargaan dilaksanakan di Jakarta beberapa waktu lalu dan diterima langsung oleh Direktur Operasi dan Digital Bank Muamalat Wahyu Avianto.

Wahyu mengatakan, digitalisasi di sebuah bank adalah keniscayaan tidak terkecuali bagi bank syariah. Bank Muamalat sendiri telah melakukan berbagai inovasi dalam rangka mendigitalisasi layanan dan operasional agar dapat setara dengan bank lain. Misalnya dengan implementasi pengenalan wajah berbasis biometrik, serta mendorong pembukaan rekening secara online dari 87 rekening per hari menjadi 311 rekening per hari atau meningkat lebih dari tiga kali lipat. Dengan demikian, tidak ada lagi alasan bagi masyarakat untuk tidak berhijrah ke bank syariah.

“Tren di Bank Muamalat adalah lebih dari 90% transaksi nasabah sudah beralih ke digital. Oleh karena itu, kami melakukan digitalisasi di hampir seluruh layanan dan operasional dengan tetap memperhatikan prinsip kehati-hatian. Seperti menambah jumlah fitur layanan digital di Muamalat DIN dari 81 fitur pada 2022 menjadi 151 fitur pada 2023. Dengan demikian, nasabah dapat ber-banking di Bank Muamalat secara seamless, aman dan nyaman,” ujarnya.

Dia menambahkan, penghargaan ini merupakan pengakuan dari pihak independen terkait pengembangan perbankan digital di Bank Muamalat. Oleh karena itu, Wahyu mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak atas dukungan yang telah diberikan.

"Kami bersama kalangan perbankan di Tanah Air berkomitmen dalam mengembangkan digitalisasi perbankan. Semoga ikhtiar ini membuat kontribusi kita untuk kemajuan bangsa dan negara Indonesia semakin besar lagi," imbuhnya.

Bank Muamalat memiliki aplikasi Muamalat DIN yang sudah dilengkapi dengan fitur-fitur yang menjawab berbagai kebutuhan nasabah. Selain pembukaan rekening online, Muamalat DIN juga dapat digunakan untuk melakukan unduh mutasi rekening elektronik atau e-statement, tarik tunai di gerai Indomaret, pembayaran tagihan, hingga transaksi pembayaran menggunakan QRIS.

Di aplikasi Muamalat DIN juga sudah tersedia menu Bank Haji yang bisa diakses oleh nasabah maupun non-nasabah Bank Muamalat. Dalam menu tersebut, terdapat fitur pendaftaran haji, pelunasan haji, dan pengecekan nilai manfaat haji terkini serta terdapat pula fitur konten Islami seperti kalkulator zakat, jadwal salat dan arah kiblat. Terkait aspek keamanan, Muamalat DIN sudah dilengkapi dengan fitur keamanan terbaru seperti biometric login dan auto read One Time Password (OTP).

Selain itu, Bank Muamalat juga memiliki layanan internet banking Muamalat Digital Integrated Access (MADINA) untuk nasabah korporasi. Madina menawarkan fleksibilitas kepada nasabah melalui opsi layanan Madina Advanced dan Madina Basic dimana fiturnya dapat disesuaikan dengan kebutuhan administrasi dan transaksi nasabah. Selain itu terdapat pula fitur transaksi mulai dari pembayaran gaji karyawan (payroll), tagihan BPJS Ketenagakerjaan, pajak hingga Zakat, Infak, dan Sedekah (ZIS).