ARBI: Gibran Bukan Kaleng-kaleng, Pilihan Favorit Pemilih Muda

FAZ • Sunday, 24 Dec 2023 - 14:35 WIB

JAKARTA - Penampilan calon wakil presiden Gibran Rakabuming Raka dalam Debat Cawapres sangat prima, menguasai masalah, dan unggul dari kandidat capres lainnya. Realita ini menepis keraguan sebagian orang mengenai kapasitas dan kapabilitas capres pasangan Prabowo Subianto ini.

"Penampilan mas Gibran sangat luar biasa, bukti beliau bukan kaleng-kaleng. Ini akan menjadi pilihan favorit pemilih muda," ungkap Ketua Umum Arus Baru Indonesia (ARBI) Guntur Subagja Mahardika.

Performa Gibran yang enerjik, cerdas, serta detil dengan bahasa komunikasi yang lugas dan terstruktur, sebut Guntur, akan menarik pemilih yang belum menentukan pilihan (swing voters) dan masa mengambang (floating mass), khususnya para milenial dan generasi Z. "Bahkan ini akan menarik pemilih capres pasangan lain berpindah memilih Prabowo-Gibran," tutur Guntur.

Penguasaan masalah ekonomi kerakyatan, ekonomi kreatif, dan ekonomi digital sangat mumpuni. Bahkan keberpihakan terhadap masyarakat muslim juga dinyatakan secara eksplisit.

"Mas Gibran satu-satunya cawapres yang menyampaikan komitmennya dalam pengembangan ekonomi syariah, ia akan menyiapkan santri dan anak muda ahli di bidang perbankan syariah, termasuk sektor ekonomi syariah lainnya seperti industri halal," kata Guntur.

Guntur menjelaskan, perputaran ekonomi syariah di dunia saat ini mencapai 3 triliun dolar AS dan potensinya lebih besar dengan kekuatan penduduk muslim dunia sebanyak 1,8 miliar jiwa.

"Ini bisa menjadi kekuatan ekonomi nasional, Indonesia dapat menjadi hub ekonomi syariah di Asia dan dunia," urai Guntur.

Komitmen Gibran tentang ekonomi syariah, papar Guntur, seiring dengan langkah Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Kyai Ma'ruf Amin.

"Presiden Jokowi mencanangkan Indonesia pusat industri halal dunia pada 2024, yang implementasinya menjadi refocusing wapres Kyai Ma'ruf Amin," papar Guntur.

Apa yang disampaikan Gibran, jelas Ketua Umum ARBI, juga selaras dengan visi misi ARBI yang antara lain mengusung ekonomi kerakyatan, ekonomi keumatan, memangkas kemiskinan, mempersempit kesenjangan, serta menurunkan rasio gini ketimpangan ekonomi dan sosial.

"Visi ARBI mewujudkan keadilan sosial bagi bangsa Indonesia," jelas Guntur.

Komitmen ini diyakini Guntur akan menarik para pemilih muslim, santri, dan milenial untuk mendukung Prabowo-Gibran. Isu ekonomi rakyat, ekonomi kreatif, dan ekonomi digital adalah tren global yang sedang berkembang saat ini.

"Dengan komitmen tersebut akan mempermudah capres cawapres Prabowo-Gibran menang dalam satu putaran," ujar Guntur.

ARBI pada 2019 turut mengusung dan mensukseskan kemenangan Joko Widodo - Kyai Ma'ruf Amin.

"Saat ini menambatkan hati kepada pasangan Prabowp-Gibran karena visi misinya, Asta Cita, yang selaras dan komitmen melanjutkan program Bapak Jokowi dan Kyai Ma'ruf Amin," paparnya.