IMEC 2023, Ungkap Peta Jalan Sektor Energi dan SDM dari Capres-Cawapres

AKM • Friday, 22 Dec 2023 - 09:59 WIB

Jakarta - Gabungan pengusaha pertambangan  dalam Asosiasi Pemasok Energi Mineral dan Batubara Indonesia (ASPEBINDO),  menyelenggarakan kegiatan Indonesia Mineral and Energy Conference (IMEC) 2023 yang berlangsung di Financial Hall CIMB Niaga, Jakarta, pada Selasa (19/12) lalu. 

IMEC-2023 kali ini mengusung tema “Outlook of Indonesia Mineral and Energy Sector In The New Presidential Era” yang menghadirkan Menteri ESDM diwakilkan Irwandi Arif, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif  Sandiaga Uno, President Director PT Perusahaan Gas Negara Arief Setiawan Handoko, Director of Infrastructure and Tachnology of PT Perusahaan Gas Negara,  President Director PT Freeport Indonesia Tony Wenas dan sejumlah praktisi pertambangan lainnya.

Ketua Umum Aspebindo, Anggawira menjelaskan tentang pentingnya IMEC diselenggarakan, karena saat ini para pengusaha pertambangan mineral dan batu bara membutuhkan banyak informasi untuk mengantisipasi berbagai kemungkinan perubahan yang akan terjadi baik di lingkup nasional maupun internasional. 

"Setidaknya ada dua isu besar yang perlu disikapi dengan cepat dan tepat yaitu terkait program hilirisasi hasil pertambangan yang akan terus dikembangkan dan isu transisi energi dari energi fosil ke energi baru terbarukan (EBT),” ujar Anggawira dalam sambutannya. 

Kedua isu tersebut akan memengaruhi peta jalan pengelolaan sumberdaya mineral dan batu bara yang selama ini berlaku. Karena itu kalangan pengusaha perlu mempelajari berbagai kemungkinan untuk membuat perencanaan adaptasi bisnis agar dapat bertahan. 

"Melalui konferensi ini peserta bisa mendapatkan gambaran perubahan yang akan terjadi, sehingga masing-masing perusahaan dapat menyusun program penyesuaian arah bisnis sesuai dengan kondisi yang akan terjadi," terang Anggawira.

ASPEBINDO adalah organisasi non pemerintah yang melakukan usaha dalam menunjang dan membantu usaha anggota dalam bidang energy dan batubara. Anggota ASPEBINDO kini lebih dari 100 perusahaan yang bergerak di bidang energi, Mineral, dan batu bara. 

Dan salah satu upayanya ASPEBINDO menyelenggarakan IMEC-2, berusaha menggali dan mengelaborasi ide-ide, serta pemikiran-pemikiran terkini dari para pakar, pelaku usaha, dan pemangku kepentingan di sektor energi & sumber daya alam. Karena itu, pada rangkaian acara tersebut, salah satunya sub temanya,  "Adu Strategi Kebijakan Sektor Energi dan Sumber Daya Mineral". 

ketiga Pasangan Calon (Paslon) Presiden & Wakil Presiden, yang diwakili oleh masing-masing Tim Kampanye Nasional (TKN)nya, yaitu Ketiga Tim Kampanye Nasional (TKN) Calon Presiden & Wakil Presiden (Capres & Cawapres) hadir dan menyampaikan visi misinya dalam sektor energi dan Sumber Daya Mineral. Paslon nomor urut 1 diwakili oleh Wijayanto Samirin, Sekretaris Dewan Pakar, Paslon nomor urut 2 diwakili oleh  Bobby Gofur Umar, Wakil Bendahara Umum TPN, dan paslon nomor urut 3 diwakili oleh  Heru Dewanto, Sekretaris Eksekutif TPN.

Masing-masing wakil TKN memiliki kesamaan soal peta jalan di sektor energi dan sumber daya mineral. Wakil Bendahara Umum TKN paslon  nomor urut 2 Bobby Gafur Umar menekankan penting dan potensinya yang sangat besar energi biomasa. Pilihan itu, secara tidak langsung akan menciptakan swasembada pangan dan kemandirian energi. 

Seusai pemaparan visi & misi sektor energi dari sumber daya mineral dari masing-masing wakil TKN paslon, Sekretaris Dewan Pakar TKN paslon urut 1 Wijayanto Samirin menyerahkan buku yang berjudul "Visi, Misi, dan Program INDONESIA ADIL MAKMUR untuk SEMUA, kepada Aspebindo melalui Ketua Umumnya Anggawira.