Chandra Asri Group Berhasil Raih Predikat Emas dan Hijau di Ajang PROPER 2023 dari Kementerian LHK

ANP • Friday, 22 Dec 2023 - 09:42 WIB

Jakarta – PT Chandra Asri Petrochemical Tbk (Chandra Asri Group), perusahaan kimia terdepan dan solusi infrastruktur di Indonesia, berhasil memperoleh Apresiasi Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan dalam Pengelolaan Lingkungan Hidup (PROPER) 2023 dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Republik Indonesia dengan predikat EMAS untuk pabrik petrokimia di Ciwandan dan Hijau untuk pabrik petrokimia di Pulo Ampel. 

Penghargaan PROPER Emas untuk Chandra Asri Group diberikan oleh Wakil Presiden (Wapres) RI, K.H. Ma’ruf Amin, kepada Direktur Sumber Daya Manusia & Urusan Korporat Chandra Asri Group, Suryandi. Sedangkan penghargaan PROPER Hijau diberikan oleh Direktur Jenderal Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Ir. Sigit Reliantoro, M.SC, kepada Direktur Produksi Downstream Chandra Asri Group, Boedijono Hadipoespito, pada Rabu (20/12) di Jakarta. 

Setelah melalui beberapa rangkaian penjurian, PROPER Emas yang merupakan penghargaan tertinggi dari Kementerian LHK dianugerahkan kepada Chandra Asri Group khususnya untuk Pabrik Petrokimia di Ciwandan karena Perusahaan telah melakukan eco-inovasi pengembangan solusi kreatif dan berkelanjutan. Selain itu, Pabrik Ciwandan juga melakukan upaya-upaya pengembangan masyarakat secara berkesinambungan serta telah memperoleh PROPER Hijau selama tiga tahun berturut-turut. Sedangkan, untuk Pabrik Petrokimia Chandra Asri Group di Pulo Ampel memperoleh predikat PROPER Hijau karena telah melampaui persyaratan peraturan yang diharuskan.

Direktur Sumber Daya Manusia & Urusan Korporat Chandra Asri Group, Suryandi mengatakan, “Kami berterima kasih kepada Kementerian LHK atas penghargaan PROPER tertinggi yang diberikan kepada Chandra Asri Group. Pencapaian ini menjadi bukti komitmen kuat Perusahaan terhadap prinsip keberlanjutan dan ESG (Environment, Social, and Governance) serta bentuk implementasi dari standar yang dipersyarakatkan dalam PROPER oleh manajemen dan segenap karyawan Chandra Asri Group. “ 

Suryandi melanjutkan bahwa Chandra Asri Group melihat perolehan PROPER ini juga sejalan dengan tujuan Perusahaan sebagai Mitra Pertumbuhan bagi Indonesia dimana Perusahaan tidak hanya mendukung kemajuan sektor ekonomi, namun juga memperhatikan aspek lingkungan, sosial, serta tata kelola sehingga dapat berkontribusi menjadi katalis bagi kemajuan Indonesia.

Pabrik Chandra Asri Group di Ciwandan yang memperoleh PROPER EMAS 2023 ini telah menghasilkan produk ramah lingkungan yang termasuk dalam Ekolabel Swadeklarasi untuk produk HDPE dan PP. Inovasi juga dilakukan Perusahaan melalui Perubahan Komponen yang mampu meningkatkan produksi serta mendukung penghematan energi sistem reaktor Polyethylene Plant yang menghasilkan penurunan dampak Global Warming Potential (GWP) sebesar 4.855.947,073 Ton CO2eq dan efisiensi energi sebesar 12.470,40 GJ. Perusahaan juga melakukan proses daur ulang limbah plastik yang tergolong pada skema waste embedded dengan total 8,94 Ton limbah palet plastik telah dimanfaatkan pada tahun 2022. 

Dari aspek sosial, Chandra Asri Group bersama nelayan, masyarakat, dan Pemerintah Kelurahan Anyar juga melakukan pemutakhiran pada program pemberdayaan masyarakat dalam pengelolaan sampah. Hal ini dilakukan dengan melibatkan masyarakat sebagai nasabah Bank Sampah Digital yang selama tahun 2020-2023 berhasil mengakumulasi Rp43.572.011,00 dari tabungan sampah Masyarakat Anyar. Program ini turut diintegrasikan dengan pengelolahan sampah menggunakan reaktor pirolisis yang merupakan mesin pirlosasi pertama di Cilegon, Banten. Penggunaan mesin tersebut bertujuan untuk mengolah sampah plastik dengan nilai rendah menjadi bahan bakar alternatif (PLUSRI) yang setara dengan solar, minyak tanah, dan bensin. Spesifikasi mesin pirolisator ini memiliki daya tampung sampah plastik sebanyak 100 Kg yang dapat menghasilkan sekitar 60-80 liter produk.

“PROPER Emas ini diraih kami raih juga berkat hasil perhitungan nilai SROI (Social Return of Investment) yang mencapai 2,66 melalui keberhasilan program unggulan kami, inovasi pengolahan sampah plastik menjadi minyak pirolisis berbasis masyarakat. Hasil minyak pirolisis ini digunakan untuk kapal nelayan dan UMKM sehingga menciptakan mutualisme antar Perusahaan dan Masyarakat di Desa Anyar; serta Green Leadership, yakni kepemimpinan dan strategi pimpinan teratas terhadap ESG.” imbuh Suryandi. 

Sementara itu, untuk Pabrik Chandra Asri Group di Pulo Ampel yang berhasil mempertahankan PROPER HIJAU telah menghasilkan produk ramah lingkungan untuk jenis  Styrene Monomer dengan kategori klaim reduksi limbah (waste reduction) dimana teknologi yang digunakan memungkinan untuk meminimalisir limbah yang dihasilkan. 

Dalam bidang keanekaragaman hayati, pabrik Chandra Asri Group di Pulo Ampel telah menciptakan Konservasi Terumbu Karang di Teluk Banten, Pembinaan Sekolah untuk mendukung Sekolah Adiwiyata MTsN 5 Serang, dan Taman TOGA Asri di lingkungan internal perusahaan. Pelaksanaan program Tanggung Jawab Sosial Lingkungan juga berhasil dilakukan dengan berfokus pada Pemberdayaan Masyarakat, Peningkatan Kapasitas, Infrastruktur dan Karitatif yang diimplementasikan pada 4 Pilar yakni Pendidikan, Kesehatan, Ekonomi, dan Lingkungan.