Zulkifli Singgung Kampanye Dalam Sholat , Senator DPD Nilai Sudah Masuk Penistaan Agama

AKM • Thursday, 21 Dec 2023 - 14:03 WIB

Jakarta - Dalam masa kampanye pilpres 2024, dukungan terhadap pasangan capres-cawapres. Dukungan baik langsung maupun tidak langsung  terus terjadi termasuk acara resmi seperti dalam acara yang dihadiri  Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan .

Anggota DPD RI dari dapil Sulawesi Tengah, Abdul Rachman Thaha ( ART) menyayangkan video pidato Menteri Perdagangan RI Zulkifli Hasan saat berada di Semarang, Jawa Tengah, yang kini viral.

Ucapan Menteri Perdagangan yang akrab disapa Zulhas itu, menurut Abdul Rachman Thaha telah menghina shalat dan surah Al-Fatihah. Pidato Zulhas sangat melukai hati umat Islam. Apa yang disampaikan Zulhas merupakan bentuk penistaan agama.

“Ini sudah sama dengan memperolok-lokkan agama, sudah masuk unsur pidana penistaan agama," tegas ART yang juga Mantan aktivis HMI dalam keterangan tertulis , Jakarta,  Kamis  (21/12).

Menurut  pria kelahiran Palu ini, dalam video yang beredar luas di medsos, Zulhas menggambarkan ada kelompok yang dipengaruhi fanatisme terhadap salah satu pasangan capres-cawapres. Ketika kelompok itu menjalankan salat, tidak berani lagi melafalkan ‘Amin’ setelah imam selesai membaca surah Al-Fatihah.

Kelompok ini juga sudah tidak mau menjulurkan satu telunjuk jari saat tasyahud, karena khawatir dikira mendukung paslon lain. Zulhas juga memeragakan dengan menjulurkan dua jari.

ART mengingatkan bahwa apa yang disampaikan Zulhas sangatlah tidak pantas. Apalagi Zulhas seorang menteri bahkan pimpinan partai berlatar belakang Islam.

"Saya meminta kepada saudara Zulhas untuk segera lakukan klarifikasi. Jika tidak, saya akan laporkan dia. Saya akan meminta saudara Kapolri untuk lakukan penegakan hukum terhadap saudara Zulhas," geram senator berjuluk Anak Guru Mengaji.

Bahkan ART yang juga anggota Komite 1 DPD RI menyerukan tangkap Zulhas karena ucapannya sudah meresahkan dan bisa memicu kegaduhan. Negara sedang persiapan menghadapi pesta demokrasi, sehingga jangan memancing keadaan menjadi tidak kondusif.

“Saya tidak habis pikir sekelas ketua umum partai seperti Zulhas dengan beraninya seperti menggolok-golok agamanya sendiri, seperti ego mengalahkan akal sehatnya. Proses hukum segera jika tidak lakukan klarifikasi terhadap umat," desak ART.

Sebelumnya, Mentri Perdagangan yang kuga Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan alias Zulhas diduga telah menistakan agama Islam dalam sambutan di acara APPSI di Jawa Tengah. Awalnya dalam video yang beredar, Zulhas menyebut di musim kampanye ini sudah banyak orang yang berdiam alias tak menyebut amiin saat menggelar salat berjamaah termasuk ketika dalam posisi Tahiyat.