Jaga Ketahanan Pangan Jakarta, Food Station Panen Bersama Petani di Karawang

MUS • Wednesday, 20 Dec 2023 - 17:09 WIB

Jakarta - Dalam rangka menjaga stabilitas pasokan beras di Provinsi DKI Jakarta, PT Food Station Tjipinang Jaya selaku BUMD Pangan DKI Jakarta melakukan panen padi bersama dengan Gabungan Kelompok Tani Binaan PT Buana Tani Berkah yang berada di desa Purwajaya, Kecamatan Tempuran, Kabupaten Karawang - Jawa Barat, Rabu (20/12/2023).

Kegiatan panen bersama ini turut juga dihadiri oleh Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi DKI Jakarta, Sahminan dan Deputi Direktur Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi DKI Jakarta, Djoko Raharto, Perwakilan dari Dinas Ketahanan Pangan dan Kelautan Provinsi DKI Jakarta serta Perwakilan Biro Kerja Sama Daerah Setda Provinsi DKI Jakarta.

Direktur Utama PT Food Station, Pamrihadi Wiraryo mengatakan kerja sama dengan mitra Gapoktan di berbagai daerah sesuai amanat dari Pj. Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono.

Menurutnya, panen bersama ini merupakan bentuk kolaborasi Budi Daya Pertanian antara Binaan PT Buana Tani Berkah dan Food Station Tjipinang Jaya yang sudah dimulai sejak awal tahun 2023. Kerja sama yang dilakukan adalah dengan memberikan pembiayaan berupa pupuk non subsidi, obat pertanian dan tenaga kerja.

Kerja sama ini dilakukan di lahan seluas 164 Ha. Adapun varietas yang dibudidayakan adalah varietas Ciherang dan Inpari 32. Saat ini yang akan dipanen adalah Inpari 32  jelas Pamrihadi. 

Dikatakan Pamrihadi, melalui kolaborasi ini, produktivitas dapat ditingkatkan dengan melalui pendampingan implementasi teknologi Good Agriculture Practice, penanganan panen dan standar kualitas gabah kering panen. Hal ini bisa meningkatkan hasil yang lebih baik lagi bagi petani, karena produktivitas juga meningkat menjadi 9% per hektar dari rata-rata 6,2 ton/ha menjadi 6,8 ton/ha. 

"Harapannya kolaborasi ini dapat memberikan imbal balik positif bagi kedua belah pihak, yakni DKI Jakarta terjaga ketahanan pangannya sementara petani Gapoktan meningkat kesejahteraannya," ungkapnya.

Pada kesempatan yang sama Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi DKI Jakarta, menyampaikan harapannya kerja sama ini dapat meningkatkan pasokan dan keterjangkauan harga yang pada akhirnya menjaga kestabilan harga beras di DKI Jakarta.

Direktur PT Buana Tani Berkah, Mirwan Purnama, berharap kerja sama dengan PT Food Station Tjipinang Jaya terus dapat berlanjut dan luasan kerjasama meningkat, karena kehadiran Food Station sangat membantu petani.

"Pada panen ini walaupun dalam kondisi kekeringan hasil panennya masih bagus dimana rata-rata 6,4 ton perhektar," pungkasnya.