SUPERHERO Penguasa Atlantis Kembali dalam Aquaman and The Lost Kingdom

MUS • Wednesday, 20 Dec 2023 - 12:18 WIB

Genre: Superhero, Action 
Sutradara: James Wan 
Pemeran: Jason Momoa, Patrick Wilson, Amber Heard, Yahya Abdul-Mateen II, Nicole Kidman, Dolph Lundgren, Randall Park
Durasi: 2 jam 4 menit
Distributor: Warner Bros. Pictures
Format: 2D termasuk 2D IMAX
Mulai tayang di bioskop Indonesia: 20 Desember 2023

Kehidupan Arthur Curry alias Aquaman (Jason Momoa) sudah berubah. Kini dia menjadi suami dan ayah terbaik bagi Arthur Jr. Sebagai 'family man', Arthur juga menjadi anak yang baik bagi ayah ibunya. 

Yang paling penting dari semua itu, dialah Raja Atlantis, bertahta bersama Ratu Mera (Amber Heard). Atlantis adalah rumah bagi setengah miliar rakyat, dari seluruh spesies laut yang diketahui. 

Namun bukan berarti seluruhnya menyukai Arthur. Apalagi musuhnya, Black Manta alias David Kane (Yahya Abdul-Mateen II) masih ingin membalas dendam atas kematian ayahnya. Dia menggunakan kekuatan dari trisula misterius, yang membuatnya kerasukan penguasa laut masa lalu. 

David dengan kekuatan lebih besar, didukung persenjataan yang belum dapat dilumpuhkan, ingin menghancurkan Atlantis, dan membunuh semua orang yang dicintai Aquaman. Kehancuran dunia membayangi.  

Aquaman dihadapkan dengan posisi sulit dalam laut maupun di permukaan. Sang raja didesak menangkal serangan Black Manta dan wabah yang terjadi di kerajaannya. Sementara permukaan bumi diterjang bencana alam akibat krisis iklim, sekaligus menjadi pesan moral yang baik di sela-sela serunya adegan. 

Arthur perlu bantuan dari seseorang yang berpengalaman, tak lain adiknya yang sedang dipenjara, Ocean Master bernama Orm (Patrick Wilson). Kolaborasi Aquaman dan Orm bertekad mengalahkan musuh, mengingatkan penonton dengan pola duet jagoan yang biasa ditampilkan superhero.

Perbedaan di antara keduanya justru kerap memancing tawa, demi melindungi kerajaan Atlantis, menyelamatkan keluarga, bahkan seluruh isi dunia. 

Pertarungan trisula hitam yang dipakai Black Manta dengan trisula Aquaman turut menguak jejak sejarah kerajaan bawah laut. Kerajaan yang hilang, pada masa Raja Atlan, berpeluang berkuasa kembali dengan kekuatan sihir. 

Sebagai raja, Aquaman harus memberi harapan bagi kaumnya. Aquaman pun bertekad menaklukkan the lost kingdom, yang siap bangkit dan menebar ancaman. 

Tentu dengan cara khas Aquaman yang menyenangkan dan segar, lengkap dengan jokes bagi semua kalangan. Sutradara James Wan menyebut Aquaman merupakan sentral dengan semua pesona khas dan sisi humor pemeran utama, Jason Momoa. 

"Meskipun Aquaman duduk di atas takhta, bertanggung jawab atas seluruh Atlantis, dia masih seorang laki-laki, berupaya menyelaraskan dua perannya—ayah dan raja—ke dalam dunia baru yang berani dan luas ini," kata Jason yang juga mengarahkan Aquaman (2018).  

Sejumlah pelakon pun hadir kembali beraksi, termasuk Nicole Kingdom sebagai ibu suri Atlanna, dan Dolph Lundgren menjadi Raja Nereus. Walau dihiasi bintang-bintang yang hampir sama, "Aquaman and the Lost Kingdom" tetap memberikan kesan tersendiri. 

Selain partner andal superhero Aquaman dan Orm, penonton juga akan menyelami lebih dalam Kerajaan Atlantis yang lebih luas, cerah, berwarna-warni, dan bersemangat. 

Sisi dunia lainnya termasuk antartika juga masuk dalam elemen visual baru, turut membangun konflik yang dialami Black Manta dalam upaya mengalahkan Aquaman. 

Para penggemar juga diajak menyelam dalam ombak yang telah berbalik, dengan mencoba Official Movie AR Lens https://lens.aquamanmovie.com/intl/id/ atau filter https://vt.tiktok.com/ZSNgcENp8/ 

Selamat berlibur bersama "Aquaman and the Lost Kingdom"!