Grand Final Putra Putri Tenun Songket Indonesia 2023 Cetak Duta Bangsa Berkarakter

ANP • Wednesday, 20 Dec 2023 - 10:49 WIB

JAKARTA - Yayasan Putra Putri Tenun Songket Indonesia (PPTSI) sukses menggelar acara Grand Final Ajang Putra Putri Tenun Songket Indonesia 2023 bertempat di Taman Ismail Marzuki, Jakarta pada Senin,18 Desember 2023.
Dewan juri memilih Muhammad Gerhan Lantara (Lampung) dan Ida Ayu Gabriella Sanjaya (Jawa Timur) sebagai pemenang Putra Putri Tenun Songket Indonesia 2023.

Ditemui usai acara grand final, kedua pemenang menyampaikan harapan mereka untuk generasi muda.

“Harapan saya, generasi muda dapat menambah wawasan dan kepedulian terhadap kain wastra terutama tenun dan songket, bahwa wastra adalah warisan budaya yang harus kita lestarikan,” ucap Gerhan.

“Dan kita sebagai generasi muda juga harus mampu meningkatkan pengetahuan tentang tenun dan songket serta mewariskan kekayaan tenun dan songket di Indonesia,” imbuh Gabriella.

Untuk kriteria penilaian, ada lima kriteria yang ditekankan dewan juri.
Pertama adalah pengetahuan budaya khususnya tentang tenun dan songket. Kedua adalah wawasan kebangsaan yang menjadikan mereka pemuda berkarakter. 
Ketiga adalah kuat dalam sisi ilmu baik itu tentang budaya, wawasan kebangsaan, etika, moral, pengetahuan politik, pengetahuan bahasa asing (terutama bahasa Inggris). 

Keempat adalah kemampuan public speaking.
Dan kelima adalah pemahaman yang baik seputar ekonomi dan bisnis (kemampuan entrepreneur).

“Dengan berbagai kriteria penilaian tersebut, kita berharap para pemenang dapat menjadi duta bangsa yang berkarakter,” ungkap Prof. Dr. Hj. Anna Mariana, S.H., M.H, MBA, Founder Yayasan PPTSI.

Prof. Anna menjelaskan bahwa pembekalan pengetahuan politik menjadi hal baru dalam ajang Putra Putri Tenun Songket Indonesia di tahun ketiga penyelenggaraannya. Hal ini selaras dengan semakin tingginya antusiasme kaum muda terhadap politik.

Sebelumnya, ajang pemilihan Putra Putri Tenun Songket Indonesia digelar pada tahun 2019 dan 2022.

Ajang Putra Putri Tenun Songket Indonesia tahun ini pada awalnya diikuti 38 peserta dari berbagai provinsi yaitu Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Selatan, Riau, Bangka Belitung, Lampung, DKI Jakarta, Jawa Barat, Banten, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, NTT, NTB, Maluku, Gorontalo, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Papua Tengah, Papua Pegunungan, dan Papua Barat Daya dll. 

Para peserta mengikuti beberapa tahap seleksi sampai akhirnya lolos menjadi pemenang. dari 38 finalis menjadi 10 finalis, kemudian menjadi 6 finalis, terakhir 3 finalis yang menjadi  pemenangnya. beberapa nama yang berhasil keluar sebagai juara adalah juara I adalah Muhammad Gerhana (Lampung) &  Ida Ayu Gabriella Sanjaya (Jawa Timur), sedangkan juara II diraih oleh Simplisius Leandro (Bali) & Sharla Ayu Wardhani (Jawa Tengah) juara III yaitu Ihsan Lutfi (Maluku) & Debby Yuliani (Sumatera Selatan).

Adapun tentang visi dan misi dilaksanakannya Putra Putri Tenun Songket Indonesia, Prof. Anna menegaskan bahwa ajang ini bertujuan mendorong dan memberi solusi untuk daerah-daerah di Indonesia agar mampu melestarikan, mengembangkan, dan memajukan budaya masing-masing.

“Putra Putri Tenun Songket Indonesia yang lahir setiap tahun adalah duta bangsa yang mewakili setiap provinsi untuk membantu pemerintah daerah dan perajin daerah, hal utama yang saya tekankan adalah komitmen mereka ketika mengikuti ajang ini, karena itulah Putra Putri Tenun Songket Indonesia menandatangani pakta integritas untuk mensosialisasikan visi dan misi Yayasan PPTSI, mereka punya tanggung jawab moral membantu yayasan, dan sinergi yang terbangun baik menandakan kami tidak sendirian,” pungkas Prof. Anna.