Pj Wali Kota Asmawa Tosepu Bawa Kota Kendari Raih APE 2023 Kategori Nindya

MUS • Tuesday, 19 Dec 2023 - 18:21 WIB

Kendari - Di penghujung tahun 2023, raihan prestasi kembali ditorehkan Pemerintah Kota Kendari dibawah kepemimpinan Penjabat (Pj) Wali Kota Asmawa Tosepu. Pemkot berhasil meraih penghargaan Anugerah Parahita Ekpraya (APE) 2023 kategori Nindya dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPPA) RI.

Pj Wali Kota Kendari Asmawa Tosepu berkesempatan hadir secara langsung pada acara Anugerah Parahita Ekapraya (APE) Tahun 2023, yang berlangsung di Gedung Metro TV Jakarta, Selasa (19/12/2023) sore. 

Pj Wali Kota Kendari bersyukur, Pemkot Kendari berhasil meraih penghargaan dalam Anugerah Parahita Ekapraya Kategori Nindya tahun ini. Menurutnya, penghargaan tersebut diraih berkat kerja keras dan komitmen semua pihak dalam mendukung kesetaraan gender di Kota Kendari. 

"Alhamdulillah Kota Kendari meraih penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya Kategori Nindya tahun ini atau meningkat dari capaian sebelumnya (2021) yakni Pratama. Mudah-mudahan penghargaan ini bisa menjadikan Kendari sebagai prakarsa dalam pencapaian Pembangunan Pengarusutamaan Gender, Pemberdayaan Perempuan di daerah," ungkap Asmawa Tosepu.

Sementara itu, pada kesempatan yang sama, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI, Bintang Puspayoga mengapresiasi Kementerian/Lembaga dan Pemerintah Daerah Provinsi dan Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota yang telah menerapkan pengarusutamaan gender di institusi masing-masing.

"Perempuan mengisi sebagian populasi di dunia. Perempuan adalah aset bagi negara dan daerah jika mereka berdaya. Oleh karena itu saya mengajak semua pihak untuk mendampingi perempuan agar berdaya, tidak diskriminatif sehingga bisa mencapai kesetaraan dan kedamaian," ungkap Menteri Bintang.

Parahita Ekapraya merupakan penganugerahan yang diberikan kepada Kementerian/Lembaga dan Pemerintah Daerah Provinsi dan Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota sebagai bentuk pengakuan atas komitmen dan peran para pimpinan Kementerian/Lembaga dan Pemerintah Daerah dalam upaya mewujudkan kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan dalam berbagai bidang pembangunan yang telah dilakukan sejak tahun 2004.

Sebagai informasi, Penganugerahan Parahita Ekapraya didasarkan atas hasil Evaluasi Penyelenggaraan Pengarus Utamakan Gender (PUG) Tahun 2023 yang telah disampaikan oleh Kementerian/Lembaga, Pemerintah Provinsi, dan Pemerintah Kabupaten/Kota. 

Pada tahun 2023, terdapat 360 Instansi (16 Kementerian/Lembaga, 28 Provinsi dan 316 Kab/Kota) yang telah melaporkan hasil Evaluasi Penyelenggaraan PUG melalui Evaluasi Mandiri. 

Dari hasil Evaluasi Mandiri dilakukan Verifikasi Administrasi dan Verifikasi Lapangan (melalui sampling), kemudian dilakukan Verifikasi Akhir. 

Hasil Verifikasi Akhir terdapat 12 Kementerian/Lembaga, 25 Provinsi dan 237 Kabupaten/Kota yang akan menerima Penganugerahan Parahita Ekapraya Tahun 2023. Salah satu penerima penghargaan APE 2023 yakni Pemkot Kendari Kategori Nindya

Sebelumnya (2021) Pemkot Kendari meraih penghargaan APE Kategori Pratama. (HenQ)