10 Juta Wisatawan Diperkirakan Padati Kota Batu Saat Libur Nataru

MUS • Tuesday, 19 Dec 2023 - 15:47 WIB

Surabaya - Kota wisata Batu siap menyambut moment Natal dan Tahun Baru. Pj.Walikota Batu Aries Agung Paewai menyampaikan bahwa saat ini seluruh aspek kehidupan ekonomi di Batu telah pulih, pasca Covid-19. Bahkan jumlah wisatawan yang datang pun terus mengalami peningkatan yang luar biasa dan kembali menempatkan Batu sebagai kota tujuan wisata favorit  di Jawa Timur 

"Alhamdulilah saat ini jumlah wisatawan ke Batu sampai bulan November telah mencapai 8,5 juta. Jumlah ini tentu akan terus meningkat khususnya menyambut Natal dan Tahun Baru," ujar Aries Agung Paewai.

Aries yang juga menjabat Kepala Dinas Pendidikan Jawa Timur juga menambahkan, bahwa saat ini semua hotel di Batu telah dipesan untuk tanggal 25 Desember hingga 1 Januari. Berdasarkan data ini menurut Aries diperkirakan akan ada 10 juta wisatawan yang datang ke Batu pada saat Natal dan Tahun Baru.

"Kami telah cek ke hotel  bahwa semuanya penuh mulai tanggal 25 Desember sampai 1 Januari. Prediksi kita akan sampai 10 juta," lanjut Aries.

Situasi ini menurur Pj Walikota Batu Aries Agung Paewai perlu diantisipasi terhadap berbagai keruwetannya, khususnya lalu lintas. Pemkot Batu pun telah memetakan kawasan padat saat Tahun Baru sehingga Pasar Among Tani yang diresmikan Presiden Jokowi beberapa waktu lalu akan dijadikan tempat kegiatan yang bisa memecah kepadatan di kawasan Alun Alun Batu

"Nanti kita akan jadikan Pasar Among Tani sebagai pusat kegiatan menyambut Tahun Baru. Dari sore sampai malam berbagai kegiatan kita gelar ditempat tersebut," lanjut Aries Agung Paewai.

Diperkirakan keramaian saat malam pergantian tahun 2023 lebih meriah dibanding tahun sebelumnya yang dibayangi Covid -19.  Pusat keramian di Batu menurut Aries Agung Paewai akan ada di hotel, alun-alun dan Balai Kota Batu. Meski situasinya sudah membaik, namun kemunculan kembali Covid -19 tetap.di waspadai, karenanya Pj Walikota Batu tersebut meminta masyarakat tetap menjaga prokes.

"Tentunya saya tetap ingin masyarakat menjaga kondisi serta prokes karena Covid-19  yang belum sepenuhnya tuntas," pungkas Aries Agung Paewai.