Kilas Balik 2023, Setahun bersama YouTube

ITK • Monday, 18 Dec 2023 - 12:21 WIB
YouTube Indonesia

Jakarta - Tahun ini diwarnai dengan berbagai peristiwa dan pencapaian-pencapaian inspiratif seperti Putri Ariani yang mendapatkan Golden Buzzer dari Simon Cowell dalam ajang America Got Talent, deg-degan dengan pertandingan voli yang menghibur antara the Prediksi dan the Actors yang menjadi salah satu momen yang ditunggu oleh para penggemar olah raga voli, tidak ketinggalan momen seru saat Raffi Ahmad kedatangan grup boyband asal Korea Selatan NCT dirumahnya yang sangat menarik antusiasme para NCTzen di Indonesia. Masyarakat Indonesia juga dibuat bangga dengan momen kemenangan timnas Indonesia dalam pertandingan final sepak bola antara Indonesia vs Thailand. 

 

Video Trending Terpopuler di Indonesia menunjukkan talenta Indonesia di kancah internasional

Dalam beberapa tahun terakhir, semakin banyak video yang menunjukkan talenta Indonesia di kancah internasional yang menjadi trending di Indonesia. Video-video tersebut tidak hanya menunjukkan kemampuan dan prestasi yang luar biasa, tetapi juga menjadi kebanggaan bagi masyarakat Indonesia.

Berbagai momen memunculkan rasa bangga masyarakat Indonesia dilihat dari salah satu video yang menjadi sorotan adalah video audisi Putri Ariani dalam acara adu bakat di Amerika. Lewat suara merdunya, Putri berhasil memukau penonton dan mencuri perhatian para juri hingga mendapatkan standing ovation dan langsung lolos ke babak semifinal. 

Video lainnya yang menjadi bahan pembicaraan masyarakat adalah pertandingan antara Indonesia melawan Thailand dalam ajang SEA Games 2023, di mana timnas Indonesia berhasil menyabet medali emas dengan skor 5-2. Video tersebut telah ditonton lebih dari 8.9 juta kali dan menjadi salah satu video trending di Indonesia. Kemenangan Timnas Indonesia melawan Thailand merupakan salah satu momen paling bersejarah bagi sepak bola Indonesia. Selain di YouTube kemenangan tersebut berhasil memecahkan rekor penonton televisi terbanyak untuk pertandingan sepak bola di Indonesia.

Video-video trending tahun ini menunjukkan bahwa Indonesia memiliki banyak talenta yang berbakat dan mampu bersaing di kancah internasional. Video-video tersebut juga membuktikan bahwa Indonesia memiliki potensi besar di kancah olahraga dan seni internasional.

 

Video pendek yang viral penuh tantangan 

Video pendek atau Shorts yang viral di media sosial sering kali berisi tantangan-tantangan yang menarik dan menghibur. Tantangan-tantangan tersebut tidak hanya sekadar hiburan semata, tetapi juga dapat menjadi sarana untuk melihat seberapa jauh kita dapat mengembangkan diri kita sendiri.

Seperti Frost Diamond dengan video tantangannya, Frost Diamond mengajak para penonton untuk mengikuti berbagai tantangan. Tantangan-tantangan tersebut dirancang untuk mendorong para penonton untuk keluar dari zona nyaman mereka dan mencoba hal-hal baru. Video ini ditonton lebih dari 58 juta kali, banyak penonton yang mengaku terinspirasi oleh video tersebut untuk mencoba hal-hal baru dan mengembangkan diri mereka sendiri. Shorts penuh tantangan seperti video Frost Diamond dapat menjadi sarana yang efektif untuk meningkatkan motivasi dan semangat kita untuk berkembang. Video-video tersebut dapat mendorong kita untuk keluar dari zona nyaman kita dan mencoba hal-hal baru yang mungkin tidak pernah kita pikirkan sebelumnya.

 

Wajah- wajah baru dengan konten Shorts berkembang pesat 

Saat ini, konsumsi konten video online tidak lagi didominasi oleh satu format saja. Kreator menggunakan berbagai cara baru untuk bercerita dan memperluas jangkauan mereka. Kreator Terobosan menggunakan Shorts dan mengembangkan kreativitas dengan tema khusus untuk channel mereka sehingga mudah dikenali penonton, mulai dari berkreasi di dunia Minecraft, mereview berbagai macam mainan dan bergelut dengan kreativitas membuat DIY craft. Kreator Top membuat video dengan durasi yang bervariasi dan berbagai macam gaya, sambil membuat berbagai macam tantangan yang menarik perhatian para audiencenya. Contohnya sebagai berikut:

 

Top Breakout Creators

  • Skasaa, kreator terobosan  yang banyak membuat video berfokus pada gameplay Minecraft, mulai dari tutorial, walkthrough, hingga challenge. Dikenal dengan gaya bermainnya yang santai dan informatif sehingga audiens dapat mengikuti dengan mudah. 

  • Marshall Koo, yang menghibur 3 juta lebih subscriber lewat konten review mainan-mainan unik dan menarik. Marshall selau bisa menemukan mainan yang lucu dan aneh dan mereviewnya secara ekspresif. Tak hanya itu, ia juga kerap membagikan konten ekspresimen yang digemari penonton.

  • Irene Suwandi, lulusan jurusan fashion designer dan kreator yang hobi membuat DIY barang-barang dari kardus dan membagikannya di platform Shorts. Bahkan Irene pernah membuat mesin es krim sendiri menggunakan bahan yang ia miliki di rumah.

 

Top Creators

  • Jess No Limit, yang berfokus pada game Mobile Legends langsung populer dan membuatnya menjadi salah satu YouTuber gaming paling sukses di Indonesia. Setelah menikah dengan Sisca Kohl pasangan ini dikenal sangat ramah dan humoris. Ia sering membuat konten yang menghibur dan informatif. Kontennya juga sering menginspirasi para penggemarnya. Kini subscriber Jess no limit sudah mencapai 43 juta lebih pengikut.

  • Riyan Peott dikenal dengan konten-kontennya yang menghibur dan informatif, terutama konten-konten yang berhubungan dengan game, otomotif, dan teknologi. Pada awal menjadi kreator Riyan Peott lebih berfokus pada konten gaming, kini subscriber Riyan Peott sudah mencapai 8,9 juta lebih pengikut dengan membuat berbagai macam format video.

  • Hariyo Ardhito dikenal dengan konten-konten yang menantang dan berhubungan dengan bela diri, kini Hariyo Ardhito mulai mengembangkan kontennya dengan eksperimen dan tantangan yang menghibur dan digemari oleh penonton, kini subscriber Hariyo Ardhito telah mencapai 9,52 juta lebih followers.

Lihat daftar selengkapnya di yt.be/top10 - Selamat bagi para pemenang! (*ITK)