Diaspora Belanda Deklarasikan Dukungan Ke Prabowo-Gibran

ANP • Friday, 15 Dec 2023 - 16:08 WIB

Breda - Ratusan diaspora muda Indonesia di Belanda mendeklarasikan pasangan calon presiden dan wakil presiden Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka di Kota Breda, Sabtu (9/12). Para diaspora Indonesia itu merupakan bagian dari Fanta Diaspora — salah satu cluster yang dibentuk TKN Fanta untuk diaspora muda. 

Dalam acara tersebut hadir Ketua PSI DPLN (Dewan Pimpinan Luar Negeri) Belanda Rick Rivai.

Ketua pelaksana acara W. Lestari menyebutkan, acara deklarasi Prabowo-Gibran direncanakan dalam waktu yang sangat singkat. Namun, ia bersyukur, deklarasi dukungan Prabowo-Gibran dapat dihadiri sekitar 150 diaspora Indonesia, baik pelajar maupun profesional.

"Kami merasa dukungan kepada paslon Prabowo-Gibran adalah pasangan yang pas untuk kemajuan negeri ini, kolaborasi yang sangat baik dan anak muda diberi kesempatan untuk berkarya demi negara," ujar Lestari.

Lestari menuturkan arus dukungan masyarakat Indonesia terhadap  Prabowo-Gibran, karena pasangan ini dipercaya dapat tetap tegak lurus kepada Jokowi dan melanjutkan program-program yang telah ada saat ini, demi mewujudkan Indonesia Emas 2045. Lestari mengutip pernyataan Wakil Ketua Pengarah TKN Kaesang Pangarep, yang menekankan politik santun dan santuy tanpa hoaks dan kampanye hitam.

"Acara ini tambah semarak ketika Bro Kaesang Pangarep selaku wakil ketua pengarah TKN hadir secara virtual yang mengatakan bahwa kita harus berpolitik yang santun dan santuy, tidak perlu adanya hoax dan adanya black campaign dan menghina karena itu adalah gaya politik lama yang harus kita tinggalkan," kata Lestari.

"Saya rasa gaya berpolitik yang baru adalah politik yang gembira yang menyebarkan kesenangan, karna ini adalah pesta demokrasi dan pesta harus nya bersenang senang dan bergembira," sambungnya.

Acara tersebut juga dihadiri secara virtual oleh Wakil Ketua Komandan Komunikasi TKN Cheryl Tanzil. Dalam kesempatan itu, ia memberikan semangat kepada kaum muda untuk berpolitik yang gembira.

Dalam deklarasi Prabowo-Gibran, Diaspora Indonesia di Belanda juga menghadirkan warung-warung UMKM yang menawarkan aneka ragam kuliner tradisional dan produk khas Indonesia lainnya. Acara deklarasi juga menampilkan tarian Indonesia, serta flashmob Goyang Gemoy. 

Selama acara berlangsung, berkali-kali terdengar hadirin meneriakkan nama Prabowo-Gibran sambil mengacungkan dua jari, dengan harapan Indonesia mencapai victory atau kemenangan.

Ketua PSI DPLN Belanda Rick Rivai menyampaikan, simbol dua jari ini juga merupakan lambang gerakan perjuangan untuk perdamaian. Sehingga ia berharap dukungan dari diaspora dari penjuru Eropa dan dunia kepada paslon nomor urut dua semakin kuat.

"Dengan adanya deklarasi ini, diharapkan dukungan untuk Prabowo - Gibran semakin kuat dan solid dari seluruh penjuru Eropa dan dunia," kata Rick Rivai.

Acara tersebut didukung oleh Komandan TKN Fanta yang juga Tim Kemenangan Muda dalam menyolidkan dukungan di wilayah Eropa Arief Rosyid Hasan.

Secara terpisah di Jakarta, Komandan TKN Fanta Arief Rosyid Hasan mengatakan dukungan Diaspora kepada Prabowo-Gibran bagi Fanta Diaspora, yang menjadi inspirasi bagi salah satu cluster di bawah TKN Fanta. Pihaknya juga meyakini Prabowo dan Gibran merupakan paslon yang memiliki kombinasi kompetensi global dan lokal. Terlebih keduanya pernah mengeyam pendidikan di dalam dan luar negeri.

"Deklarasi Diaspora Eropa bagi Prabowo-Gibran di Breda, Belanda menjadi inspirasi bagi kami, para pemudanya Bapak Prabowo dan Mas Gibran, untuk semakin konsisten bergerak melalui Fanta Diaspora," kata Arief Rosyid Hasan. 

Ia menegaskan pihaknya akan terus berjuang memenangkan Prabowo-Gibran di Pilpres 2024 untuk mewujudkan Indonesia Emas 2045. TKN Fanta kata Arief Rosyid Hasan juga meyakini Prabowo -Gibran bisa melanjutkan kepemimpinan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan menyempurnakan program-program yang sudah dijalankan.

"TKN Fanta akan terus bergerak memenangkan Pak Prabowo dan Mas Gibran, mau itu di Indonesia, di luar negeri, sampai penjuru dunia, kita bergerak bersama untuk Indonesia Maju," kata Arief Rosyid Hasan. 

Wakil Direktur TKN Jokowi-Ma’ruf saat 2019 itu juga menyebut progres kerja TKN Fanta melalui hasil survei menujukkan tren yang positif terutama kepada orang muda. Karenanya ia berharap orang muda menjadi penggerak keberlanjutan Indonesia Maju melalui Prabowo-Gibran. 

"Progres kerja kita yang terekam melalui lembaga survei menunjukkan tren positif, khususnya pada audiens TKN Fanta, yakni Gen-Z dan Milenial. Insya Allah, anak-anak muda akan menjadi penggerak untuk keberlanjutan Indonesia Maju di tangan Prabowo-Gibran," tandasnya.