Hamdan Zoelva: Anies Lebih Hebat dari yang Kita Bicarakan

ANP • Thursday, 14 Dec 2023 - 23:40 WIB


Jakarta - Ketua Dewan Pakar Timnas AMIN Hamdan Zoelva menanggapi penyampaian capres nomor urut 1, Anies Baswedan, saat debat perdana di KPU. Hamdan mengatakan tidak kaget dengan penampilan Anies di debat capres perdana.

"Saya sangat yakin (dengan Anies usai debat), tapi walaupun saya sudah prediksi apa yang disampaikan oleh Pak Anies karena bahan-bahannya sudah dipersiapkan oleh kami Dewan Pakar sudah berdiskusi panjang," tutur Hamdan dalam diskusi 'Debat 1 Capres' di Brawijaya X, Jakarta Selatan, Kamis (14/12/2023).

Hamdan mengatakan apa yang disampaikan Anies sesuai dengan yang dipersiapkan. Namun, ia mengatakan penyampaian dari Anies jauh lebih hebat dari yang diprediksinya.

"Karena itu juga yang disampaikan semua masih dalam frame yang sudah kami diskusikan. Tapi di luar itu saya tidak nyangka dan saya percaya sejak sebelumya, bahwa Pak Anies akan jauh lebih hebat dari yang kita bicarakan," sambungnya.

Ia menyebut visi dan misi yang disampaikan AMIN sudah dibuat hampir satu tahun yang lalu. Namun, untuk debat hanya dipersiapkan dalam beberapa hari.

"Jadi visi misi Anies ini dibuat hampir satu tahun sebelumnya. Jadi visi yang ditulis itu, yang dibukukan itu yang dokumen itu, sekitar setahun disusun. Tapi bahan untuk debat itu dengan pilihan bidang itu memang beberapa hari sebelum," ucap Hamdan.

Ia lantas menyampaikan tiga kriteria bagi anak muda dalam memilih capres. Ia mengatakan yang terpenting harus dilihat percaya diri atau tidak, punya kestabilan emosi yang baik hingga visi-misinya bisa menjawab permasalahan yang ada.

"Kestabilan emosi seseorang presiden itu menjadi sangat penting karena dia memutuskan sesuatu yang berdampak pada kehidupan negara dan kehidupan rakyatnya terutama Indonesia yang begitu sangat besar," tutur Hamdan.

"Tentu subtansi visi-misi yang disampaikan apakah cocok untuk menjawab problem kehidupan negara dan bangsa pada saat sekarang ini," tegasnya.