Terinspirasi Festival Dongzhi, Gopek House Tawarkan Menu Ronde yang Siap Hangatkan Hati

FAZ • Monday, 11 Dec 2023 - 19:30 WIB

Jakarta - Gopek House, restoran Peranakan Indonesia besutan perusahaan F&B Indonesia Sarirasa Group, kembali menghadirkan menu spesial Ronde.

Menu ini untuk menyambut Festival Dongzhi atau perayaan musim dingin.

Festival Dongzhi adalah festival tahunan yang dirayakan oleh masyarakat Tionghoa atau peranakan di Indonesia sebagai penanda titik balik matahari yang menandakan puncak musim dingin.

Biasanya masyarakat keturunan Tionghoa memperingati Festival Dongzhi dengan berkumpul bersama dan mengonsumsi tangyuan, atau yang dikenal sebagai Ronde.

Terinspirasi oleh tradisi berkumpul dan mengkonsumsi Ronde bersama keluarga, Gopek House telah secara rutin menawarkan Ronde sejak lima tahun lalu Festival Dongzhi merupakan salah satu perayaan penting di tradisi Tionghoa.

Head of Marketing Sarirasa Group, Lavinia Siswadi mengatakan, tradisi ini diperingati setiap tahun dan Ronde hadir bukan hanya sebagai santapan yang menghangatkan tubuh, tetapi juga hati.

Hal ini lantaran tradisi menyantap Ronde merupakan salah satu kebiasaan yang mempererat tali kekeluargaan. 

“Terbuat dari tepung ketan dan memiliki tekstur kenyal, Ronde melambangkan kekerabatan. Tradisi yang amat bermakna ini menginspirasi Gopek House untuk menawarkan Ronde baik sebagai menu ala carte maupun paket spesial yang dapat dinikmati bersama keluarga dan orang terdekat,” kata Lavinia dari keterangan tertulis, Senin (11/12/2023).

Lagian mengatakan, menu spesial Ronde akan hadir di Gopek House mulai 6-22 Desember 2023.

Selama periode tersebut, pengunjung Gopek House dapat menikmati ronde wijen hitam yang disajikan bersama dengan jali-jali dan kolang kaling di kuah jahe gula merah yang hangat.

Harga dibanderol mulai dari Rp 33.000 untuk ala carte yang tersedia untuk dine-in, takeaway dan dapat dipesan melalui online delivery.

Selain itu, Gopek House juga menyediakan paket-paket menarik, termasuk light meal dan main course. Dengan harga Rp 58.000-Rp 88.000, paket-paket ini memadukan hidangan populer seperti Lunpia Goreng dan Mantao Dendeng Bebek untuk light meal maupun Ifumie, Laksa atau Nasi Campur Bebek sebagai main course dengan Ronde.

Untuk mereka yang ingin menikmati Ronde di rumah, Gopek House juga menyediakan paket Ngeronde Barengan yang dapat dipesan melalui layanan online delivery.

Dibandrol dengan harga Rp 120.000, Ngeronde Barengan menawarkan empat porsi Ronde untuk mereka yang ingin merayakan Festival Dongzhi bersama keluarga.

“Tradisi Ronde adalah salah satu contoh kekayaan budaya kuliner Indonesia. Kami berharap dengan menghadirkan Ronde di Gopek House, masyarakat semakin mengenal tradisi menyantap Ronde dan menambah cinta mereka akan kuliner Indonesia,” tutup Lavinia.