Kemenag RI Optimalkan Candi Prambanan Jadi Pusat Ibadah Umat Hindu Dunia 

RED • Saturday, 9 Dec 2023 - 11:34 WIB

Bogor - Kementerian Agama RI terus mengoptimalkan program-program berlandaskan nilai-nilai keagamaan untuk umat. Salah satu program prioritas Kemenag RI melalui Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Hindu (Ditjen Bimas Hindu) yaitu pemanfaatan Candi Prambanan sebagai pusat destinasi wisata dan pusat ibadah umat Hindu dunia. Program besar ini menjadi program prioritas Kementerian Agama RI sekaligus menjadi legacy (warisan) Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas di tahun 2023.

Dirjen Bimas Hindu Kementerian Agama RI Prof. I Nengah Duija mengatakan, umat Hindu sekarang sudah punya ruang yang cukup besar karena diberikan hak dalam pemanfaatan Candi Prambanan sebagai tempat ibadah.  

"Kami mewakili umat Hindu Nusantara menyampaikan ucapan terima kasih kepada Presiden RI Bapak Joko Widodo dan Gus Menteri H. Yaqut Cholil Qoumas atas perhatian kepada kami, dan ini menjadi bukti bahwa negara hadir untuk memberikan pelayanan umat, fasilitas, dorongan motivasi kepada umat Hindu Indonesia dan dunia,” tutur Prof. Duija di acara Media Gathering Ditjen Bimas Hindu Kemenag RI di Bogor, Jumat (8/12/2023).

Legacy pemanfaatan Candi Prambanan yang sesuai dengan nota kesepakatan (MoU) yang ditandatangani oleh 4 Menteri dan 2 Gubernur (Menteri Agama, Menteri BUMN, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Mendikbudristek serta Gubernur Jateng dan DIY) pada tahun 2022, lanjut Prof. Duija, tentu akan ditindak lanjuti dengan berbagai upaya serta program keagamaan yang nantinya bisa dinikmati oleh seluruh umat Hindu di Indonesia dan dunia.

"Bagi Umat Hindu di Indonesai dan Dunia, penandatanganan MoU ini merupakan sebuah langkah nyata dari pemerintah mengenai program moderasi beragama dan hal ini sudah ditunggu-tunggu oleh umat Hindu. Selain menunjukkan bagaimana Indonesia memiliki keragaman budaya yang luar biasa, hal ini juga menunjukkan Indonesia menghargai segala keragaman, termasuk keragaman keyakinan dan kepercayaan," tambahnya. 

Ditjen Bimas kemudian menetapkan berbagai kegiatan keagamaan Hindu yang dapat dilaksanakan di Candi Prambanan selama tahun 2022-2026 baik persembahyangan harian perorangan, persembahyangan harian kolektif, persembahyangan rutin terjadwal sesuai hari-hari besar Keagamaan Hindu seperti Purnama-Tilem, Galungan-Kuningan, Tawur Agung Nyepi, Saraswati, Siwaratri,  Abhiseka, Parisudha Paripurna, Santi Puja, dan lain sebagainya. 

“Jumlah kunjungan khusus untuk persembahyangan umat Hindu dari Januari hingga 27 November 2023 berjumlah 18.700 orang. Pada November kemarin juga telah dilaksanakan aksi solidaritas doa untuk palestina yang digelar di halaman utama Candi Prambanan,” katanya.