Perkuat Kompetensi, YPIA Gelar Seminar dan Wisuda Ratusan Auditor Internal

MUS • Wednesday, 6 Dec 2023 - 13:48 WIB

Legian - Yayasan Pendidikan Internal Audit (YPIA) kembali mengukuhkan ratusan wisudawan dalam Seminar Nasional Internal Audit Tahun 2023 di The Stones Hotel, Legian Bali pada 6-7 Desember 2023.

Ketua Pembina YPIA, Ardan Adiperdana mengatakan prosesi wisuda diikuti 219 wisudawan dan wisudawati yang telah melewati ujian sertifikasi profesi. Mereka kini berhak menyandang sebutan Qualified Internal Auditor, Qualified Government Internal Auditor, Qualified Healthcare Internal Auditor, atau Certified Practitioner of Internal Audit. 

’’Sertifikasi profesi yang telah bapak dan ibu raih merupakan wujud pencapaian kompetensi yang harus dipenuhi sebagai profesional di bidang audit internal,’’ kata Ardan (6/12/2023).

Penganugerahan sertifikasi ini, membuat penerimanya dituntut untuk semakin bertanggung jawab atas kualitas profesinya. ’’Karena sangat penting bagi para profesional, termasuk para auditor internal, untuk dapat dipercaya di lingkungan kerjanya,’’ sambung Ardan.

Seminar Nasional Internal Audit (SNIA) 2023 menjadi ruang pembelajaran dan penajaman pemahaman bagi para profesional di bidang audit internal, untuk menjadi trusted advisor bagi top-level management dalam menavigasi bisnis di tengah perubahan global yang tidak pasti. 

‘’Membangun kapasitas sebagai trusted advisor memang tidak mudah dan memerlukan penerapan strategi yang matang di seluruh aspek business dimensions, baik dari sisi people, process, technology, maupun adaptiveness,’’ ujarnya. 

Tantangan yang hadir dalam setiap dimensi bisnis tersebut membuat para profesional di bidang audit internal perlu menerapkan berbagai strategi kunci. 

Pertama dari aspek “people”, harus ada penajaman pemahaman dan awareness atas pentingnya kepemimpinan dan membangun kepercayaan. 

‘’Dimensi kedua adalah “process” di mana para professional perlu memiliki kesiapan untuk menerapkan transformasi bisnis dan teknologi. Dimensi yang ketiga berkaitan dengan aspek “technology” yang mengedepankan strategi dalam peningkatan peran dan fungsi audit internal,’’ papar Ardan.

Dimensi terakhir adalah “adaptiveness”, di mana pada era Turbulent-Uncertain-Novel-Ambiguous (TUNA) ini pemahaman dan kemampuan membaca tantangan ekonomi global dan dinamika strategi bisnis menjadi begitu penting. 

Pada SNIA 2023 ini, materi disusun sesuai dengan seluruh aspek pada keempat business dimensions tersebut. 

’’Kami berharap seluruh sajian materi dapat memberikan pandangan komprehensif kepada auditor internal tentang isu-isu krusial yang perlu dihadapi, memberikan wawasan mendalam mengenai strategi adaptasi dan memperkuat peran sebagai trusted advisor di lingkungan organisasi,’’ cetusnya.

Kontribusi YPIA

SNIA merupakan ajang berbagi pengetahuan dan pengalaman dari para praktisi, khususnya para komisaris, direksi, regulator, para pejabat publik yang selalu dihadapkan pada kondisi dinamis dan membutuhkan peningkatan kapasitas maupun kepercayaan di lingkungan organisasi. 

Penyelenggaraan SNIA 2023 merupakan salah bentuk komitmen YPIA dalam pengembangan profesi audit internal, yang menjadi perhatian yayasan sejak pendiriannya lebih dari 28 tahun lalu. 

‘’YPIA senantiasa bersyukur dapat menyelenggaraan acara ini, sebagai wujud komitmen dan aksi nyata untuk pengembangan profesi, berkontribusi terhadap kemajuan bangsa,’’ pungkas Ardan.