Tutup Akhir Tahun 2023, 1 PTN dan 3 PTS Jalin Kerjasama Strategis di Portugal dan Spanyol

LAN • Tuesday, 5 Dec 2023 - 19:53 WIB

Barcelona - Sebagai penutup tahun 2023, beberapa kampus yang tergabung dalam Asosiasi Pimpinan Perguruan Tinggi (APPTHI) Indonesia, seperti Universitas Singaperbangsa (UNSIKA), Universitas Borobodur, Universitas Warmadewa, dan Universitas Esa Unggul, mengadakan kunjungan kerja ke Portugal dan Spanyol. Kunjungan ini, yang diorganisir oleh PASQAPRO, bertujuan memperkuat kerjasama internasional, terutama dengan Universitat Autonoma de Barcelona (UAB).

Delegasi yang terdiri dari 19 orang, termasuk rektor, wakil rektor, dan kepala program studi, melakukan pertemuan di KBRI Portugal untuk membangun kemitraan strategis.

Dalam pertemuan di KBRI, Rektor UNSIKA, Prof. Dr. Ade Maman Suherman menjelaskan kepada pihak KBRI, dalam hal ini Plt Dubes RI untuk Portugal, Ajeng Widianty, SH, Phd, menyampaikan keinginan untuk meningkatkan kerjasama internasional, khususnya dalam bidang riset, pertukaran pelajar, dan pengembangan publikasi.

"Oleh karena itu kunjungan kali ini ke Portugal dan Spanyol untuk menjalin kerjasama dengan universitas -univeritas yang memiliki reputasi kampus rangking dunia di wilayah Portugal maupun Spanyol sebagai benchmarking, terutama dalam tata kelola pembelajaran dan Riset." Tambah Dr. Ade Maman Suherman.

Sementara itu, Ketua Delegasi APPTHI yang juga Dosen Fakultas Hukum Universitas Esa Unggul, Jakarta, Dr. Wasis Susetio, menjelaskan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk memperkaya pengetahuan dan pengalaman para pimpinan perguruan tinggi di bidang hukum.

"Kunjungan ini juga diharapkan dapat memperluas jaringan internasional para pimpinan perguruan tinggi, meningkatkan reputasi, dan kompetensi global." Ujar Dr. Wasis Susetio kepada Notarynews via seluler (27/11) kemarin.

Penandatanganan kerjasama antara kampus Indonesia dan fakultas hukum UAB menjadi salah satu puncak kunjungan. Prof. Faisal Santiago menjelaskan potensi program internasional Universitas Borobodur, sementara Prof. I Nyoman Budhiarta dari Universitas Warmadewa menyambut baik peluang kerjasama dengan UAB yang menduduki peringkat ketiga di Spanyol.

Kerjasama ini diharapkan memberikan nilai tambah positif bagi perkembangan tata kelola institusi perguruan tinggi di Indonesia serta memperkaya pengalaman belajar mahasiswa melalui program internasional.