Raih Juara Pertama, PKS Jakarta Antarkan Zidan Zulfikri Ke Grand Final LBKK VII Tingkat Nasional

FAZ • Monday, 4 Dec 2023 - 06:46 WIB

Jakarta – Partai Keadilan Sejahtera (PKS) DKI Jakarta mengantarkan Zidan Zulfikri sebagai Juara Pertama ke babak Grand Final Lomba Baca Kitab Kuning (LBKK) VII ke tingkat nasional yang akan diselenggarakan, Selasa (5/12/2023) di Ruang Komisi IX DPR RI, Komplek Parlemen Senayan, Jakarta.

Demikian disampaikan, Ketua Bidang Pembinaan Keumatan (BPU) PKS DKI Jakarta KH. Muhammad Thamrin yang langsung membacakan para pemenang, Sabtu (2/12/2023) di Kantor DPTW PKS DKI Jakarta, Kemayoran, Jakarta Pusat.

“Zidan menyisihkan 5 orang finalis lainnya dan kami berharap, Zidan dapat memberikan yang terbaik saat babak Grand Final nanti,” ucap pria yang karib disapa Kyai Thamrin ini.

Thamrin juga menambahkan, tahun ini peserta yang berpartisipasi sejumlah 55 orang, yang berasal dari sejumlah pondok pesantren dan kampus Islam di Jakarta dan sekitarnya.

“Sekali lagi ini adalah tradisi keilmuan yang harus betul-betul harus dijaga, dilestarikan dan dikembangkan, karena ini salah satu sumber ilmu yang menjaga persatuan dan kesatuan negara Republik Indonesia,” kata Thamrin yang juga anggota Komisi E DPRD DKI Jakarta dari Fraksi PKS.

“Dan jangan lupa, selain LBKK ini mengambil dari perjuangan para ulama di pondok pesantren, Capres-Cawapres AMIN yang diusung PKS, cawapresnya adalah seorang santri yaitu Gus Imin,” pungkasnya.  

Zidan Zulfikri yang berasal dari UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dan berdomisili di Rawa Belong Jakarta Barat, duduk di Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Pendidikan berhak mendapatkan hadiah uang tunai Rp 10 juta disusul Juara Kedua Nawal Ulayya dari Ma’had Aly Zawiyah, Cipinang Jakarta Timur dan Juara Ketiga Nurlaela dari Pondok Pesantren (Ponpes) Nahdhatul Ulum. Sementara Juara Harapan I sampai III diraih oleh M. Mujtabal Amieq dari Ponpes Mambaul Ulum, Ahmad Fauzan dari Ponpes Al Itqon dan Ahmad Khairi dari UIN Syahid Jakarta.

Jajaran dewan juri yang menilai adalah para ulama yang ahli di bidang kaidah nahwu shorof, kelancaran dalam membaca, dan etika sopan santun, diantaranya, Prof. Dr. KH. Fuad Thorari, MA., KH. Mahmud Mahfudz, Lc., MA., dan Dr. KH. Ali Fikri Noor, Lc., MA.