Jangkau Pemilih Muda, TKN Fanta Luncurkan Mobil Roadshow ke 200 Kabupaten Kota

ANP • Saturday, 2 Dec 2023 - 08:24 WIB

Jakarta — Sebagai bagian dari kampanye TKN Prabowo-Gibran, TKN Pemilih Muda (Fanta) menginisiasi Mobil Roadshow TKN Fanta yang akan menjelajah Indonesia untuk menggalang aspirasi pemuda di berbagai daerah. Perjalanan perdana mobil ini ditandai dengan peluncuran oleh Ketua Koordinator Strategis TKN Sufmi Dasco Ahmad bersama Komandan TKN Fanta Arief Rosyid Hasan di Markas Pemilih Muda atau Fanta Headquarters (HQ), Jalan Surabaya No. 45, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (1/12).

Mobil Roadshow TKN Fanta akan berkeliling untuk menjangkau para pemilih muda dengan target 200 kabupaten/kota di seluruh Indonesia. Usai diluncurkan, tujuan pertama rombongan Roadshow adalah Cileungsi, Kabupaten Bogor. Dalam sambutannya, Ketua Koordinator Strategis TKN Sufmi Dasco Ahmad menyampaikan, “TKN sangat mengapresiasi inisiatif yang dibuat teman-teman Fanta di bawah komando Arief ini. Seperti yang kita ketahui, suara mayoritas pada Pilpres mendatang adalah Gen Z. Kalau jalan kaki kan lama, dengan adanya Mobil Roadshow ini, insya Allah cepat sampainya satu putaran.”

Dasco juga menyoroti pentingnya meningkatkan kesadaran politik di antara pemuda. Menurutnya, masih banyak anak muda yang menganggap remeh mencoblos, karena merasa mungkin satu suaranya tidak berpengaruh. “Satu yang harus diingat, percuma generasi muda (posting) di media sosial Prabowo-Gibran kalau 14 Februari nanti tidak bangun pagi ke TPS. Jadi tugas Mobil Roadshow ini, berkunjung ke titik-titik, ingatkan teman-teman muda untuk bangun pagi dan berangkat ke TPS mencoblos nomor 2,” tambah Dasco.

Komandan TKN Fanta Arief Rosyid Hasan mengatakan, keberadaan Mobil Roadshow ini bisa menjadi wadah orang-orang  muda di daerah untuk menyampaikan aspirasinya. “Secara konsep, mobil ini nantinya akan menyambangi area-area publik seperti kafe, taman-taman, serta tempat lainnya yang biasanya menjadi tempat interaksi dengan orang muda. Kita ingin mendengarkan masukan-masukan para pemuda yang ada di daerah. Dalam satu minggu ke depan, akan fokus di DKI Jakarta dan Jawa Barat, lalu selanjutnya ke provinsi-provinsi lain," paparnya.
 
ARH, sapaannya, menyadari banyak talenta-talenta muda di daerah yang memiliki potensi namun belum terfasilitasi. "Dalam perjalanan saya, sejauh ini sudah sampai di 500 titik kabupaten/kota, untuk bertemu dengan pemuda di berbagai daerah. Dari pengalaman berinteraksi dengan mereka, saya menyadari bahwa banyak sekali talenta-talenta muda yang potensial namun belum terfasilitasi," ujar Arief.

Arief juga menceritakan, TKN Fanta akan intens berkolaborasi dengan caleg-caleg muda dalam menggalang suara pemilih muda. “Untuk menjangkau orang-orang muda di daerah, TKN Fanta menargetkan bekerja sama dengan 1.000 Caleg Muda dan 1 juta relawan untuk mencapai target tambahan suara pemuda 10-20 persen,” ujar sosok Ketua Umum PB Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) periode 2013-2015 itu. Arief berharap dengan adanya Mobil Roadshow ini, TKN Fanta dapat mendengar apa saja yang diinginkan orang muda dari calon pemimpin masa depan.

Turut hadir dalam pelepasan Mobil Roadshow TKN Fanta  para Wakil Komandan Fanta Ibnu Riza Pradipto, Kawendra Lukistian, dan Wawan Sugianto.

Setelah seremoni pelepasan yang dipimpin oleh Sufmi Dasco Ahmad dan Arief Rosyid Hasan, Mobil Roadshow TKN Fanta bergerak menuju Mokopi Metland Transyogi, Cileungsi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat untuk menyerap aspirasi pemuda melalui diskusi bertema “Peran Pemuda untuk Mengunci Kemenangan Prabowo-Gibran”.
 
Dalam roadshow perdana tersebut, hadir Caleg DPRD Kabupaten Bogor Partai Gerindra Nurunnisa Setiawan, Caleg DPRD Provinsi Jawa Barat Partai Golkar Julio Jekonia Resowijoyo, Komandan TKN Fanta Activist Bambang Pria Kusuma, Wakil Komandan TKN Fanta Activist Rafli Maulana dan Ketua HIPMI Bogor Akhmad Hidayat sebagai narasumber.

Selanjutnya, Mobil Roadshow TKN Fanta akan menyisir daerah-daerah guna memastikan inklusivitas dan penyerapan aspirasi pemuda tidak hanya melibatkan pemuda metropolitan saja.