BAZNAS Salurkan Bantuan Palestina dalam Masa Darurat, Pemulihan, dan Pembangunan

ANP • Friday, 1 Dec 2023 - 15:02 WIB

JAKARTA - Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) RI berkomitmen untuk menyalurkan bantuan dalam tiga tahap yakni pada masa darurat, pemulihan, dan pembangunan. 

Hal tersebut diungkapkan Ketua BAZNAS RI Prof. Dr. KH. Noor Achmad MA., dalam konferensi pers Laporan Penghimpunan dan Pendistribusian Infak Kemanusiaan Palestina BAZNAS, di Jakarta, Jumat (1/12/2023).
 
"Penyaluran bantuan untuk Gaza, Palestina ini memerlukan strategi yang matang dan 'nafas panjang', untuk itu BAZNAS berkomitmen menyalurkan bantuan dalam tiga tahap ini. BAZNAS tidak hanya ingin membantu pada masa darurat, tetapi juga memastikan kelangsungan bantuan setelah situasi di Gaza, Palestina mereda," ujar Ketua BAZNAS RI Prof. Dr. KH. Noor Achmad MA.
 
"Kami bersyukur kepada masyarakat Indonesia atas respon yang luar biasa. Infak yang telah kami terima mencapai Rp91 miliar, dan ini sudah melebihi dari target yang dicanangkan. Sejauh ini BAZNAS telah menyalurkan sebesar Rp21,2 miliar dengan total 81.943 penerima manfaat. Ini adalah bukti solidaritas kita yang luar biasa," kata Kiai Noor.
 
"Adapun target penyaluran batuan bagi masyarakat Palestina yang dilakukan oleh BAZNAS pada masa darurat ini adalah 30 persen dari dana yang terkumpul, lalu 20 persen untuk masa pemulihan, dan 50 persen lainnya untuk masa pembangunan," jelasnya. 

Lebih lanjut, Kiai Noor juga menjelaskan, pada masa darurat ini BAZNAS telah bekerja sama dengan lembaga-lembaga besar di Mesir untuk mempermudah penyaluran bantuan bagi masyarakat Palestina. Lembaga tersebut di antaranya Mishr Al-Kheir, Bayt Zakat Wa As-Shadaqat, serta Egyptian Red Crescent Society (Hilal Ahmar Mesir).

Kiai Noor menambahkan, BAZNAS bersama KBRI Mesir, dan pihak terkait akan terus berupaya untuk memastikan bantuan dapat sampai kepada masyarakat Palestina. 

Kiai Noor juga memastikan, infak kemanusiaan Palestina yang disalurkan melalui BAZNAS ini dikelola dengan transparan, akuntabel, dan bertanggung jawab. Infak yang disalurkan melalui BAZNAS RI 100 persen akan disalurkan untuk masyarakat Palestina.
 
"Kami juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak, BAZNAS Daerah, Lembaga Amil Zakat (LAZ), perusahaan, lembaga, para tokoh, dan seluruh elemen masyarakat Indonesia yang telah mempercayakan infaknya melalui BAZNAS RI. Mudah-mudahan Allah SWT memudahkan upaya kita bersama dalam membantu saudara-saudara kita di Gaza, Palestina," pungkasnya.
 
Turut hadir dalam acara tersebut Wakil Ketua BAZNAS RI, Mo Mahdum, Pimpinan BAZNAS RI, Dr. Zainulbahar Noor, SE, M.Ec, Rizaludin Kurniawan, M.Si, Saidah Sakwan, MA, Kolonel Caj. (Purn) Drs. Nur Chamdani, KH. Achmad Sudrajat, Lc, MA, CFRM, dan Sekretaris Utama BAZNAS RI Dr. Muchlis Muhammad Hanafi, Lc., MA.