Pilpres 2024, Fenomena Gibran Bisa Raih Kemenangan di Jatim? 

AKM • Thursday, 30 Nov 2023 - 17:15 WIB

Jakarta  - Suara pemilih di Jawa Timur - Jatim menjadi prioritas dalam raih kemenangan Pilpres 2024. Strategi diperlukan bagi semua pasangan  termasuk Capres- Cawapres Prabowo- Gibran yang masih menimbulkan fenomena baru di masyarakat.

“Semua pihak saat ini tengah mengarahkan pandangannya untuk membaca 'fenomena Gibran' dalam pemilihan presiden (Pilpres) 2024, “ ujar Waketum Partai Gelora, Fahri Hamzah, dalam sebuah dialog di Jakarta, Rabu (29/11).

Menurut Fahri,  kehadiran Gibran Rakabuming Raka, putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang menjadi calon wakil presiden (cawapres) Prabowo Subianto itu, tidak hanya menggerus basis suara PDIP di Jawa Tengah, tapi juga mengalahkan klaim atas kepemilikan suara tradisional di Jawa Timur (Jatim).

 "Kita memang sedang membaca fenomena gibran ini dimana-mana cukup mengagetkan. Saya sendiri menganggap memang di Jawa Timur sedang terjadi guncangan yang cukup kuat," kata Fahri Hamzah.

Menurut Fahri, kehadiran Gibran telah menggeliatkan suara pemilih pemula, milenial dan zelenial yang cukup masif. Sebab, Gibran dianggap sebagai politisi muda yang berani, sehingga kontroversi-kontroversi di tingkat pusat dilupakan.

"Rupanya Gibran itu cukup menyentak akar rumput pemilih pemula dan pemilih muda. Nah, saya kira ini menarik untuk dibedah. Gibran ini merepresentasikan pemilih baru, pemula, mileinal dan zelenial yang mampu mengalahkan klaim-klaim tradisional tentang kepemilikan suara di Jawa Timur. Afiliasi-afliasi berbasis tradisional itu dikalahkan," ujarnya.

Fahri menduga akan ada mobilisasi pemindahan pemilih ke pasangan Prabowo-Gibran yang cukup besar dalam 20 hari terakhir masa kampanye. Sekarang, katanya, baru pada tahap awal pendahuluan. 

"Selain kehadiran mas Gibran yang membuat guncangan di Jawa Timur. Pak Prabowo juga memiliki basis pengenalan yang luas di kalangan kiai dan santri di basis-basis pesantren sejak dulu. Makanya Gus Dur (KH Abdurrahman Wahid) itu kawannya Pak Prabowo," katanya.