Sesditjen Kebudayaan Kemendikbudristek: Ada 2 Tujuan Pembangunan Kebudayaan

FAZ • Wednesday, 29 Nov 2023 - 20:26 WIB

Jakarta - Pembangunan kebudayaan di Indonesia memiliki dua tujuan utama, yaitu ketahanan budaya dan kontribusi budaya Indonesia terhadap peradaban dunia.

Hal itu disampaikan Sekretaris Direktorat Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek), Fitra Arda, dalam kegiatan Sosialisasi Pemajuan Kebudayaan Sebagai Haluan Pembangunan Nasional, di Medan, Rabu (29/11/2023).

"Ketahanan budaya itu berapa pun derasnya globalisasi masuk ke bangsa kita, sepanjang kita punya ketahanan budaya, kita akan kuat. Di kampung saya di Sumatera Barat, itu masjidnya bergonjong, bukan kubah, bukan berundak seperti masjid lain. Itu kan masuk etnis lokal," ujar Fitra.

Menurutnya, ketahanan budaya juga sebagai upaya untuk melindungi, mengembangkan, dan melestarikan nilai-nilai budaya luhur bangsa Indonesia. "Hal ini penting untuk dilakukan, agar budaya Indonesia tetap lestari, dan menjadi identitas bangsa yang kuat," katanya.

Sementara itu, kontribusi budaya Indonesia terhadap peradaban dunia, merupakan upaya untuk memperkenalkan dan menyebarkan budaya Indonesia kepada dunia internasional. "Hal ini penting untuk dilakukan, agar budaya Indonesia dapat memberikan manfaat bagi masyarakat dunia," ucapnya.

"Indonesia memiliki panduan dalam upaya menjalankan amanat Pasal 32 ayat (1), Undang-undang Dasar (UUD) 1945, untuk memajukan kebudayaan," imbuhnya.

Kegiatan Sosialisasi Pemajuan Kebudayaan Sebagai Haluan Pembangunan Nasional ini turut dihadiri Anggota Komisi X DPR RI, Sofyan Tan. Dan diikuti 120 orang peserta yang merupakan perwakilan dari pendidik, tenaga pendidik, akademisi, seniman dan budayawan.