Tingkatkan Kehandalan Jaringan Telekomunikasi Ketenagalistrikan Jateng, PLN Icon Plus Lakukan Preventive Maintenance Repeater di Gunung Prau

MUS • Wednesday, 29 Nov 2023 - 20:14 WIB

Jakarta - PLN Icon Plus sebagai Subholding Beyond KWH terus berkomitmen menjaga ketersediaan dan keandalan jaringan kelistrikan milik PLN. Upaya yang rutin dilakukan diantaranya adalah kegiatan Preventive Maintenance (PM) pada repeater yang terletak di Gunung Prau.

“Kegiatan pemeliharaan rutin ini kami lakukan untuk menjaga kehandalan perangkat kami yang ada di puncak Gunung Prau agar dapat berkomunikasi dengan seluruh radio trunking di seluruh Jawa Tengah,” ujar Deri Prasetio Utomo selaku Senior Manager PLN Icon Plus Regional Jawa Bagian Tengah, Rabu, (22/11/2023).

Pemeliharaan Repeater Radio Trunking tidak hanya terbatas pada penggantian komponen yang sudah berumur, namun juga melibatkan teknologi terkini untuk meningkatkan efisiensi.

Tim Pemeliharaan PLN Icon Plus memastikan bahwa setiap aspek dari Sistem Repeater mulai dari perangkat keras hingga perangkat lunak diperbarui megikuti perkembangan teknologi kelistrikan terbaru.

Di wilayah Jawa Tengah sendiri, ada empat repeater yang rutin dilakukan kegiatan Preventive Maintenance (PM) setiap empat bulan sekali.

“Pemeliharaan yang rutin dan tepat diharapkan akan dapat menjaga kualitas sinyal dan memperpanjang usia repeater, sehingga dalam pengoperasian sistem telekomunikasi untuk penyaluran tenaga listrik (SCADA) PLN tidak mengalami kendala dan terjaga kehandalannya” tukas Deri.