Berkontribusi untuk Kesejahteraan Anabul: Jagat Gagas Kampanye Planet Kucing vs Anjing

ITK • Friday, 24 Nov 2023 - 10:10 WIB

Jakarta - Jagat, aplikasi berbagi lokasi yang mendobrak batasan komunikasi, memperkenalkan fitur terbarunya, "Planet," sebagai bagian dari upaya untuk lebih dari sekadar membangun komunitas online. Planet adalah fitur yang berperan dalam menghubungkan pengguna Jagat untuk mengumpulkan cerita melalui gambar-gambar dengan tagar yang sama, menggabungkannya, dan menciptakan sebuah ikon visual menarik yang disebut 'planet'. Fitur ini tidak hanya memungkinkan pengguna Jagat untuk bertemu dengan teman baru yang memiliki minat yang sama, tetapi juga merupakan salah satu langkah dalam menggerakkan aksi sosial yang positif.


Dalam semangat kepedulian dan komitmen untuk mendukung kesejahteraan anabul (Anak berbulu, biasanya kucing atau anjing), Jagat memulai kampanye dengan membuat sebuah kompetisi daring bertajuk  "Planet: Kucing vs Anjing." Pengguna di seluruh dunia dapat memilih tim kesayangan mereka, apakah itu kucing atau anjing, dan berpartisipasi dalam perang tagar. Setiap tagar yang dipakai akan mendukung tim pilihan pengguna, dan pad akhir periode kompetisi, Jagat amenyumbangkan sejumlah dana pada Let’s Adopt Indonesia atas nama tim pemenang untuk mendukung kesejahteraan anabul.


“Terima kasih Jagat atas donasinya, berkat Jagat kami bisa melakukan kegiatan TNR (Trap-Neuter-Return atau Tangkap-Sterilkan-Kembalikan) kucing liar di Stasiun Tebet. Kami juga melihat aplikasi Jagat sangat membantu kami menerima laporan berupa foto dan video sesuai dengan lokasi tempat kucing atau anjing yang membutuhkan pertolongan. Semoga lebih banyak pencinta kucing ataupun anjing yang menggunakan aplikasi Jagat sehingga lebih banyak lagi anabul yang bisa kita bantu dan selamatkan,” ujar Carol, Head of Operation dari Let’s Adopt Indonesia.

 
Membangun kepedulian yang lebih mendalam terhadap anabul di seluruh dunia menjadi tujuan utama lahirnya gerakan ini, salah satu langkah konkret yang akan diambil adalah dengan memfasilitasi donasi kepada Let’s Adopt Indonesia (@letsadoptindonesia) melalui dukungan misi perlindungan, kesejahteraan, dan keselamatan anabul. Jagat percaya bahwa melalui peran aktif dalam memberikan bantuan finansial kepada organisasi yang peduli terhadap anabul, dapat mewujudkan perubahan positif dan memberikan kontribusi penting dalam memastikan anabul-anabul memiliki hidup yang lebih baik. 

 
Dalam kerja sama dengan Let’s Adopt Indonesia, Jagat App memainkan peran penting dalam operasi TNR  pada hari Minggu, 19 November 2023, di Stasiun Tebet. Sebanyak 50 kucing, terdiri dari 21 jantan dan 29 betina, berhasil dievakuasi dengan sukses. Kucing-kucing ini akan dioperasi steril dan divaksin rabies sebelum dikembalikan ke lokasi asal mereka. Sebanyak 17 kucing jantan telah dilepaskan pada hari Selasa, 21 November 2023, sementara betina dijadwalkan akan dilepaskan pada Jumat, 24 November 2023. Kucing-kucing yang sakit dan memerlukan perawatan intensif akan dirawat hingga sembuh sebelum dilepaskan kembali.


“Planet adalah wujud nyata dari komitmen Jagat untuk tidak hanya menyediakan pengalaman berbagi lokasi, tetapi juga membangun pengalaman yang tak terlupakan dengan menggali dan menikmati konten-konten yang sejalan dengan minat dan preferensi mereka melalui postingan NOW. Melalui platform ini, kami berharap pengguna merasa memiliki dampak positif di kehidupan nyata dengan menggunakan teknologi sebagai alat untuk mencapai tujuan sosial dan lingkungan yang lebih besar," ujar Mudita, BD Manager Jagat.


Tidak hanya mengadakan kampanye, Jagat juga mendorong pengguna untuk berbagi momen dengan hewan peliharaan mereka melalui fitur Planet. Ini membantu membangun kumpulan gambar yang sesuai dengan minat, serta menciptakan pengalaman yang lebih berarti bagi seluruh komunitas Jagat. 

 Jagat adalah aplikasi shareloc yang memfasilitasi penggunanya untuk berbagi lokasi, terhubung dengan teman-teman, dan mengikuti momen-momen seru dalam kehidupan sehari-hari. Jagat bertujuan untuk membangun keterhubungan sosial yang kuat dan menyenangkan. Dengan inovasi terus-menerus, Jagat terus berupaya memberikan pengalaman yang lebih baik bagi pengguna di seluruh dunia (*ITK)