Prabowo-Gibran Tidak Hadiri Acara Uji Publik Visi Misi Capres-Cawapres di Unair

ANP • Wednesday, 22 Nov 2023 - 22:31 WIB

SURABAYA - Capres-cawapres nomor 2, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka mangkir dari acara uji publik yang digelar di Unair, Surabaya. Alhasil, acara untuk paslon tersebut yang harusnya diadakan pada hari Selasa, 21 November 2023 itu pun gagal terlaksana.

Humas Universitas Muhammadiyah Surabaya, Radius Setiawan menyebut kalau agenda uji publik capres-cawapres Prabowo-Gibran diundur dari jadwal sebelumnya. Ia menyatakan kalau acara khusus paslon tersebut akan digelar pada hari Jumat, 24 November 2023 mendatang.

Padahal awalnya, Sekertaris Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Abdul Mu’ti sudah memastikan kehadiran Prabowo-Gibran dalam acara tersebut.

 "Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, Jumat 24 November pukul 09.00-11.00 di Universitas Muhammadiyah Surabaya," tulis Mu'ti melalui akun X @Abe_Mukti, Jumat, 17 November 2023 lalu. 

Prabowo mengaku bahwa keputusannya untuk mengurungkan diri hadir dalam acara PP Muhammadiyah itu karena tugas yang berkaitan dengan negara. Begitu pula dengan Gibran Rakabuming, yang berdalih dengan adanya kegiatan yang tidak bisa ditinggal.

Namun ketidakhadiran Prabowo-Gibran dalam acara tersebut tidak membatalkan acara secara menyeluruh. Uji publik capres-cawapres untuk dua paslon lainnya yakni Anies Baswedan-Cak Imin dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD akan berjalan seperti yang sudah dijadwalkan oleh PP Muhammadiyah.

Anies-Cak Imin akan memaparkan visi misinya ke hadapan publik di hari Rabu, 22 November 2023 di Universitas Muhammadiyah Surakarta. Sementara pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud MD menerangkan visi misi di hari Kamis, 23 November 2023 di Universitas Muhammadiyah Jakarta.