Jumlah Penderita Katarak Tinggi, Kemensos Gelar Operasi Katarak Gratis di Tulungagung

MUS • Wednesday, 22 Nov 2023 - 13:26 WIB

Surabaya -Menteri Sosial Tri Rismaharini memantau langsung pelaksanaan operasi katarak di RSUD dr Iskak Tulungagung. Operasi katarak gratis ini digelar oleh Kemensos RI bersama Persatuan Dokter Mata Indonesia (PERDAMI) sebagai respons atas tingginya katarak di Jawa Timur.

"Beberapa waktu lalu saya mendapat informasi dari PERDAMI bahwa Jawa Timur menjadi salah satu kantong penderita katarak, karenanya kita meggelar kegiatan ini," ujar Risma.

Mensos Risma berujar bahwa katarak perlu untuk mendapatkan perhatian karena jika terlambat bisa mengakibatkan kebutaan dan bisa menyebankan ketergantungan yang berimbas pada ekonomi keluarga.

"Selama ini Kemensos selalu menggelar operasi katarak gratis. Rutin kita gelar karena katarak ini bisa berimbas pada kebutaaan dan bisa menyebabkan ketergantungan. Karenanya kita menempatkan penanganan katarak sebagai prioritas penanganan kemiskinan," lanjut Menteri penyuka bunga anggrek ini.

Diakui oleh Risma bahwa jika katarak tidak diatasi maka masalah sosial bisa muncul. Setidaknya selama menjadi Menteri Sosial, Risma mengungkapkan  Kemensos telah membantu menyembuhkan penderita katarak hingga mencapai lebih dari 6 ribu penderita.

"Katarak ini menjai perhatian kita karena jika kemudian menjadi kebutaan maka akan menyebabkan ketergantungan dan tentu akan menurunkan produktivitas. Karenanya kita bantu tangani ini sebagai bagian dari rencana besar mengatasi kemiskinan," lanjut Risma.

Mensos Risma juga mengingatkan masyarakata untuk tidak takut oprasi dan juga memperhatikan keluarganya khususnya anak- anak. Jika ada anak yang nilainya jelek dan susah melihat makan orang tua harus jeli. Bisa jadi teekena katarak. Kasus tersebut menurut Risma terjadi di Kediri dan sudah ditangani.

"Para orang tua juga harus jeli melihat situasi, karena katarak juga terjadi pada anak - anak. Karenanya jika anak terganggu pengelihatannya harus segera dibawa ke dokter jangan terlambat," lanjut  Risma.

Sementara itu dr Zuhrotul Aini, Wakil Direktur Bidang Pelayanan menyampaikan terima kasih kepada Menteri Sosial Tri Rismaharini karena memberikan perhatian kepada RSUD dr Iskak dengan pelaksaanan operasi katarak gratis. 

"Kita berterimakasih kepada Mensos Bu Risma karena telah membantu dalam proses percepatan penanganan katarak. Selain itu juga memberikan apresiasi terhadap tim kita dalam pelaksanaan operasi katarak," ujar dokter Aini.

Secara khusus Menteri Sosial Tri Rismaharini memberikan piagam ke seluruh tim operasi, baik dokter, perawat dan tim lainnnya yang telah mendukung pelaksanana operasi katarak bagi  150 pasien.

"Ini saya berikan karena mereka rela bekerja keras dengan ikhlas meski tidak dibayar," pungkas Mensos Risma usai memberikan penghargaan  berupa piagam.