Danamon dan Adira Finance bersama MUFG Dukung Festival Pertukaran Budaya Jak-Japan Matsuri 2023

ANP • Tuesday, 21 Nov 2023 - 20:07 WIB

Jakarta - PT Bank Danamon Indonesia Tbk ("Danamon"), bersama PT Adira Dinamika Multi Finance, Tbk ("Adira Finance"), dan MUFG Bank Ltd. (MUFG) dengan bangga mengumumkan dukungan mereka untuk Jak-Japan Matsuri (JJM) kembali hadir pada tanggal 18-19 November 2023 di JIExpo. Kolaborasi ini merupakan wujud komitmen dalam mendukung pertumbuhan ekonomi Indonesia jangka panjang melalui penguatan hubungan bilateral antara Indonesia dan Jepang.

Sejak pertama kali diselenggarakan pada tahun 2009, Jak Japan Matsuri telah menjadi wadah yang memfasilitasi pertukaran budaya antara Jepang dan Indonesia. Danamon, MUFG, dan Adira Finance sendiri telah mendukung Jak Japan Matsuri sejak 2019. Setelah vakum selama 2 tahun karena pandemi, pada tahun 2022 festival ini hadir kembali di fX Sudirman Mall. Tahun ini, Jak-Japan Matsuri kembali dengan gaung yang lebih besar dengan mengambil lokasi di Gambir Expo, JIExpo Kemayoran 

Melalui festival ini, masyarakat Indonesia memiliki kesempatan untuk lebih mendalami dan merasakan langsung budaya Jepang melalui berbagai atraksi hiburan yang saat ini sedang populer, seperti artis ternama dan pop culture. Tema JJM tahun ini adalah "Indonesia & Japan Always Together," yang menggambarkan komitmen kuat antara Jepang dan Indonesia untuk selalu bersama-sama, menggabungkan kekuatan dalam segala kondisi. Acara ini diharapkan dapat menarik minat anak-anak muda sebagai generasi penerus yang akan memperkuat hubungan antara kedua negara. 

"Danamon bersama MUFG dan Adira Finance bangga dapat mendukung kembali Jak-Japan Matsuri sebagai wadah penguatan hubungan dan kolaborasi Indonesia dan Jepang. Kolaborasi ini juga mencerminkan sinergi antara Danamon, MUFG, dan Adira Finance yang saling melengkapi untuk menciptakan solusi keuangan komprehensif bagi setiap segmen nasabah. Danamon sebagai hybrid bank memiliki posisi unik yang dapat menggabungkan kemampuan dan jaringan lokal yang kuat bersama Adira Finance sebagai anak perusahaan, dan didukung oleh jaringan global serta kapabilitas luas dan berskala internasional yang dimiliki MUFG,” ujar Direktur Utama PT Bank Danamon Indonesia Tbk, Daisuke Ejima.

Di sisi lain, MUFG juga merasa terhormat dapat menjadi bagian dari perjalanan untuk memenuhi aspirasi penguatan kerja sama kultural dan ekonomi antara Jepang dan Indonesia melalui dukungan terhadap Jak-Japan Matsuri. Sebagai bank korporasi terbesar Jepang, MUFG dapat memanfaatkan hubungan mendalamnya dengan perusahaan dan pemerintah Jepang untuk memfasilitasi dan memperluas berbagai kerja sama dan transaksi bisnis di antara kedua negara. 

“Indonesia merupakan salah satu negara terpenting dan pasar yang strategis bagi MUFG. Maka dari itu, kami senantiasa berkomitmen untuk berkontribusi terhadap pembangunan Indonesia dengan terus memberikan dukungan bagi sektor perbankan. Selain itu, kami juga yakin bahwa membangun hubungan yang baik dengan komunitas lokal merupakan hal yang penting. MUFG bersama Danamon dan Adira turut berkontribusi dalam membangun persahabatan Indonesia – Jepang untuk bisa menjadi pendukung utama dalam acara yang luar biasa ini,” ujar Country Head of Indonesia MUFG Bank, Kazushige Nakajima.

Sementara itu, Dewa Made Susila selaku Direktur Utama dari PT Adira Dinamika Multi Finance, Tbk, menambahkan, “Adira Finance, bersama Bank Danamon dan MUFG, dengan bangga kembali hadir dalam Jak-Japan Matsuri, selain untuk mendukung pertumbuhan ekonomi melalui one-stop financial solution yang ditawarkan oleh kekuatan grup kami, tetapi juga untuk merajut ikatan budaya antara Indonesia dan Jepang. Kami yakin, melalui kegiatan semacam ini, hubungan bilateral akan terus berkembang, menciptakan peluang baru, dan mengukuhkan kolaborasi yang membawa dampak positif bagi kedua negara.”

Kekuatan utama dari sinergi antara MUFG, Danamon, dan Adira Finance adalah kemampuan untuk menciptakan harmoni antara unit-unit bisnis dan menjalin kemitraan komprehensif serta dukungan dari organisasi secara keseluruhan. MUFG Indonesia, Danamon, dan Adira Finance semuanya saling terhubung, saling mendukung, dan melengkapi untuk melayani dan memberikan solusi finansial secara menyeluruh dari hulu ke hilir rantai pasok dalam ekosistem bisnis.

###

Tentang MUFG
Mitsubishi UFJ Financial Group, Inc. (MUFG) adalah salah satu grup jasa keuangan terdepan dunia. Berpusat di Tokyo dengan sejarah lebih dari 360 tahun, MUFG memiliki jaringan global dengan sekitar 2.100 lokasi di lebih dari 50 pasar. MUFG memiliki sekitar 160.000 karyawan dan menawarkan berbagai jasa termasuk perbankan komersial, sekuritas, kartu kredit, pembiayaan konsumen, manajemen aset, dan sewa guna usaha.
 
MUFG memiliki tujuan untuk “menjadi grup jasa keuangan paling terpercaya di dunia” melalui kolaborasi erat di antara sejumlah perusahaan operasionalnya dan secara fleksibel menjawab seluruh kebutuhan finansial nasabahnya, melayani masyarakat, dan mendorong pertumbuhan bersama dan berkelanjutan untuk dunia yang lebih baik. Saham MUFG diperdagangkan di bursa-bursa efek Tokyo, Nagoya dan New York.
 
MUFG Bank, Ltd. adalah bank terkemuka di Jepang, dengan jaringan global yang menjangkau lebih dari 50 pasar. Di luar Jepang, Bank menawarkan berbagai produk dan layanan perbankan komersial dan investasi kepada bisnis, pemerintah dan perorangan di seluruh dunia.
 
Di Indonesia, MUFG Bank, Ltd. beroperasi melalui Kantor Cabang Jakarta (MUFG Bank), yang berdiri pada tahun 1968. MUFG Bank merupakan salah satu kantor cabang bank yang berkedudukan di luar negeri (KCBLN) terbesar di Indonesia dengan lebih dari Rp187.86 triliun total asset per Januari 2023.
 
MUFG juga telah membangun kemitraan strategis dengan PT Bank Danamon Indonesia Tbk, salah satu bank umum terkemuka Indonesia, yang membentuk kekuatan baru menggabungkan jaringan dan keahlian global MUFG dengan wawasan dan pengetahuan lokal Bank Danamon.
 
Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi www.mufg.jp/english.
 
Untuk pertanyaan media, mohon hubungi:
Della Mandiro & Komang Yuni Astari
Corporate Communications MUFG Bank
Email: corporate_communications@id.mufg.jp

Tentang Danamon
PT Bank Danamon Indonesia Tbk (Kode Saham: BDMN) didirikan pada tahun 1956. Per 30 September 2023, perusahaan mengelola aset konsolidasi sebesar Rp208 triliun dengan anak usahanya, PT Adira Dinamika Multi Finance Tbk (Adira Finance). Dalam hal kepemilikan saham, 92,47% saham Danamon dimiliki oleh MUFG Bank, Ltd. dan 7,53% lainnya oleh publik.

Per September 2023, Danamon didukung oleh jaringan 865 kantor cabang konvensional, unit Syariah, dan cabang serta jaringan bisnis anak perusahaan, dan jaringan ATM, ATM Bersama, PRIMA, dan ALTO dengan total lebih dari 60.000-unit yang tersebar di 34 provinsi. Selain layanan offline, produk dan layanan Danamon juga dapat diakses secara online melalui D-Bank PRO untuk Nasabah Perorangan dan Danamon Cash Connect untuk Nasabah Bisnis. Selain itu, Danamon juga menyediakan layanan 24 jam melalui layanan SMS Banking dan layanan call center Hello Danamon.

Sebagai bagian dari MUFG, grup jasa keuangan global terkemuka sekaligus bank terbesar di Jepang, Danamon didukung oleh kekuatan, keahlian dan jaringan MUFG dalam melayani nasabah dan memfasilitasi pertumbuhan bisnis untuk menciptakan nilai jangka panjang bagi seluruh pemangku kepentingan.

Melalui ajakan “Grow With Us” yang didasari oleh Visi Danamon untuk Peduli dan Membantu Jutaan Orang Mencapai Kesejahteraan, Danamon mempertegas komitmen sebagai bank yang selalu siap siaga memberikan solusi untuk segala kebutuhan finansial bagi seluruh nasabah dari berbagai segmen antara lain Konsumer, Usaha Kecil dan Menengah (UKM), Wholesale (Enterprise dan Komersial), baik konvensional maupun syariah, serta pembiayaan otomotif melalui Adira Finance, agar dapat tumbuh menjadi lebih sejahtera.

Hal ini sejalan dengan komitmen Danamon untuk menyediakan solusi keuangan yang komprehensif untuk membantu nasabah terus tumbuh dan mencapai tujuan finansialnya, sebagai organisasi yang customer-centric sebagai “Bank Pilihan Anda”. Proposisi nilai unik Danamon berfokus pada sales and service excellence, sinergi yang kuat dengan mitra dan pemangku kepentingan, dan didukung oleh teknologi kelas dunia, agar nasabah dapat memegang kendali atas kebutuhan dan tujuan keuangan mereka.