Kado Spesial Mahfud MD untuk Gibran, Beri Buku Pegangan Saat Jadi Ketua MK

ANP • Monday, 20 Nov 2023 - 18:04 WIB

JAKARTA - Mahfud MD berikan kado spesial untuk Gibran Rakabuming berupa buku. Momen unik itu terjadi dalam acara 13 Tahun Mata Najwa “Bergerak, Bergerak, Berdampak, Minggu (19/11) kemarin. 

Menariknya, buku yang diberikan oleh Mahfud MD kepada Gibran bukanlah buku biasa. Buku tersebut dikatakan Mahfud adalah biografi dirinya ketika menjadi Ketua MK (Mahkamah Konstitusi).

"Ke mas Gibran dulu nih, ini nggak ada harganya," kata Mahfud MD. "Ini buku biografi saya sampai selesai jadi ketua MK. Judulnya terus mengalir. Jadi nggak ada harganya, karena buku saya sendiri," tambahnya.

Dan tidak hanya itu, Mahfud turut menyalami Gibran sembari mengatakan ucapan “Selamat”. Mantan Ketua MK itu menyampaikan pesan kebanggan atas keberhasilan Gibran yang dapat maju dalam kontestasi Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Pernyataan itu pun disambut sorak sorai para penonton yang menghadiri acara tersebut. Selain itu, terdengar pula gelak tawa penonton ketika momen pemberian kado itu dilakukan oleh Mahfud MD.

*Dua Kasus Besar Mahfud MD Saat Jadi Ketua MK*

Sebab perlu diketahui bahwa Mahfud MD adalah sosok mantan Ketua MK yang pernah menangani sejumlah kasus besar. Dalam acara Mata Najwa sendiri, Mahfud menceritakan dua kasus besar yang pernah ditangani.

Pertama, Mahfud pernah mengungkap kasus Mafia Peradilan yang kala itu terjadi pada masa kepemimpinan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Bahkan ia menyebut bahwa tekanan yang dialaminya ketika mengungkap kasus tersebut sampai harus membuat dirinya kehilangan ajudan-ajudan.

Lalu yang kedua adalah kasus dimana Mahfud diminta untuk mengatasi masalah Pemilu di tahun 2014. Mahfud dengan cepat izinkan masyarakat yang tidak terdaftar di DPT (Daftar Pemilih Tetap) untuk membawa KTP atau paspor demi bisa menegakkan demokrasi Pemilu di seluruh Dunia.