Forum CSR Indonesia Ajak Pelaku Usaha Manfaatkan Platform Innovation Fund Kedaireka

LAN • Friday, 17 Nov 2023 - 21:57 WIB

Jakarta – Forum CSR Indonesia yang merupakan mitra strategis Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI) mengajak DUDI untuk berkontribusi serta menghadirkan solusi dari isu-isu sosial dan masyarakat melalui kerja sama dengan Perguruan Tinggi.

Salah satu upaya yang dilakukan adalah menjembatani kolaborasi inovasi antara DUDI dengan Perguruan Tinggi melalui Innovation Fund Kedaireka. Sebuah program pendanaan yang disalurkan secara langsung oleh Mitra Industri, untuk mendukung inovasi-inovasi solutif dari Perguruan Tinggi yang dapat menjawab tantangan industri, maupun isu-isu sosial dan masyarakat.

Ketua Umum Forum CSR Indonesia Mahir Bayasut mengatakan, inovasi yang dilakukan oleh DUDI dan Perguruan Tinggi jangan hanya terbatas untuk kepentingan industri saja. Namun perlu sejalan dengan konsep Tanggung Jawab Sosial Perusahaan, yaitu melakukan pendekatan bisnis dengan memberikan kontribusi terhadap pembangunan yang berkelanjutan dengan memberikan manfaat ekonomi, sosial, dan lingkungan bagi seluruh pemangku kepentingan.

“Sebagai langkah untuk mencapai tujuan tersebut, dibutuhkan inovasi-inovasi yang dapat membantu meningkatkan kesejahteraan sosial dan pemenuhan tujuan pembangunan berkelanjutan (SDGs) secara aktif, efektif, masif dan berkelanjutan. Kami terus mendorong DUDI agar dapat berkolaborasi dengan Perguruan Tinggi melalui program Innovation Fund Kedaireka. Sehingga hal ini memungkinkan pengembangan inovasi yang dapat berdampak positif tidak hanya untuk kepentingan industri, namun juga berdampak terhadap sosial maupun ekonomi masyarakat,” ungkapnya saat menghadiri Merdeka Innovation Summit 2023, Jumat (17/11/2023).

Beberapa perusahaan yang telah digandeng oleh Forum CSR Indonesia, untuk mengikuti program Innovation Fund Kedaireka tahun 2023 antara lain Adaro, Pelindo, Pegadaian dan PLN.

Salah satu peluang kolaborasi yang dibuka oleh Adaro adalah Pemanfaatan Limbah Pasir Silika. Business case ini menjaring antusiasme yang besar dari para akademisi yang menghasilkan 67 proposal inovator dari 52 Perguruan Tinggi di seluruh Indonesia.   

Mahir menambahkan, “Harapannya Forum CSR Indonesia dapat menjadi wadah solusi, data, dan ide bagi para perusahaan yang ingin membuat program CSR yang tepat sasaran, berdampak, dan berkelanjutan. Hal ini hanya dapat terwujud melalui kolaborasi Pentahelix yang terus kami fasilitasi.” 

Forum CSR Indonesia Dukung Perhelatan Merdeka Innovation Summit 2023

Selain menjembatani DUDI untuk terlibat dalam program Innovation Fund Kedaireka, Forum CSR Indonesia juga turut mendukung perhelatan Merdeka Innovation Summit 2023 (MIS), perwujudan visi Indonesia Emas 2045. Acara ini mengangkat tema "Knowledge-Powered Economic Resilience through Innovation" pada 16-17 November 2023 di Hotel Bidakara Jakarta.  

MIS 2023 merupakan perwujudan nyata dalam menyongsong visi Indonesia Emas 2045, yang fokus pada peningkatan pembangunan manusia, penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi, pertumbuhan ekonomi berkelanjutan, serta keadilan dalam pengembangan dan peningkatan ketahanan nasional dan tata kelola. Acara ini menghadirkan pemangku kebijakan, akademisi, perwakilan industri, dan inovator dari berbagai latar belakang.