Kiddofest 2023 Sukses Digelar dengan Tema Unlock Future Skills

ANP • Friday, 17 Nov 2023 - 10:23 WIB

Jakarta - Kiddofest merupakan festival favorit pilihan keluarga yang diadakan oleh Kiddo.id sejak tahun 2018. Setiap tahunnya, Kiddofest menghadirkan puluhan mitra edukasi dari Indonesia, Singapura, dan negara lainnya lewat edufair; serta memberi ruang bagi para brand produk ibu dan anak untuk berpartisipasi lewat Momfair.

Mengusung tema Unlock Future Skills, Kiddofest 2023 sukses digelar di The Forum, Lippo Mall Puri dari tanggal 3 sampai 5 November 2023 lalu dan dihadiri lebih dari 10.000 pengunjung.

“Kiddo.id selalu percaya bahwa potensi si kecil harus dikembangkan sejak dini dan dengan cara yang menyenangkan. Lewat tema ini, kami ingin mendukung anak-anak dalam keterampilan belajar (learning skill), keterampilan literasi (literacy skill), dan keterampilan hidup (life skill) yang kami percayai sangat dibutuhkan dibutuhkan di masa depan.” jelas Analia Tan, CEO dan Co-founder Kiddo.id, perusahaan yang menaungi festival Kiddofest 2023.

Kiddofest juga menjadi wadah aktualisasi bagi anak-anak Indonesia melalui rangkaian kegiatan seru seperti workshop, kompetisi, dan penampilan hiburan dari bintang tamu berbakat. Tak hanya itu, Kiddofest juga ingin mewujudkan ikatan yang lebih kuat antara orang tua dan anak-anak melalui beragam aktivitas yang menyenangkan dengan tema yang berbeda setiap tahunnya. Bersama dengan Flying Cape Group dari Singapura, Kiddofest menghadirkan berbagai mitra nasional dan internasional untuk memberikan semakin banyak variasi pilihan untuk anak-anak Indonesia.

Diantaranya, Kidstartnow, L Central, ILoveReading, and Ascend International Training merupakan empat mitra dari Singapura yang turut bergabung untuk menyemarakkan edufair bersama puluhan mitra lainnya dari Indonesia seperti: BukuAku, PickMe, Pioneer DJ, MyDoremi, Domikado, Buumi, AsaRen, Cakap, Surala Math, Cyberspace, KYZN Preschool, Kindershouse Preschool, The Lab, dan Sekolah alam PKBM Alfa Omega. Selain edufair, pengunjung Kiddofest juga disuguhkan dengan penawaran menarik dari berbagai brand penunjang kebutuhan ibu dan anak seperti Diamond, Jungle Juice, Natural Farm, Mosbo, Livera, dan YuuHuuu.  “Di era saat ini, informasi didapatkan dengan begitu mudah. Generasi mendatang perlu menguasai keterampilan yang cukup untuk dapat menavigasi setiap peluang maupun tantangan yang akan muncul. Saya sangat percaya bahwa kemampuan literasi dan numerasi akan menjadi pondasi yang baik bagi anakanak untuk bisa bersaing di kancah global.” tambah Analia.

Melalui inisiatif Profil Pelajar Pancasila, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan turut berkonsentrasi penuh terhadap keahlian di masa depan yang perlu dikuasai oleh setiap anak didik. Belajar Pancasila adalah perwujudan pelajar Indonesia sebagai pelajar sepanjang hayat yang memiliki kompetensi global dan berperilaku sesuai dengan nilai-nilai Pancasila, dengan enam ciri utama: beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia, berkebinekaan global, bergotong royong, mandiri, bernalar kritis, dan kreatif.

Kiddofest 2023 Capai Target Memuaskan Digelar selama tiga hari, Kiddofest 2023 berhasil mendatangkan setidaknya 10,000 pengunjung. Tak hanya itu, lebih dari 1000 peserta juga turut berpartisipasi memeriahkan acara melalui berbagai kegiatan seru yang sudah dipersiapkan, seperti kompetisi choir dan adu bakat, aktivitas untuk anak-anak seperti mewarnai dan permainan sensorik, serta beragam pertunjukkan menarik yang disajikan untuk para pengunjung yang hadir. 

Gelaran Kiddofest juga menjadi wadah bagi anak Indonesia untuk menunjukan dan mengeksplorasi bakatnya melalui ajang pencarian bakat Kiddo Got Talent yang tiap tahunnya turut mencetak anak-anak berbakat seperti :  Kids Singing Competition Kiddofest 2018 dimenangkan oleh Annabelle Wiana (The Indonesian Next Big Star Season 2), Kids Singing Competition Kiddofest 2019 dimenangkan oleh Fladira Luna Ramadhani, Talent Hunt Kiddofest 2020  dimenangkan oleh Shakyra Idola Cilik, Bintang Kecil Kiddo Got Talent 2022 dimenangkan oleh Khansa Khoirunissa, Bintang Kecil Kiddo Got Talent 2023 dimenangkan oleh Naazira Ayundi Utomo dan Ghania Shaqueena Mukti.

Kiddofest juga merupakan ajang perayaan akhir tahun dari Kiddo.id atas pencapaian perusahaan selama satu tahun. Di tahun ini, Kiddo.id telah berhasil membukukan pendapatan dua kali lipat dari tahun sebelumnya dan berhasil mencetak profit. Artinya, dampak positif yang dihasilkan oleh Kiddo.id terhadap pendidikan anak-anak di Indonesia juga semakin berbuah manis.