Element Bike Rilis Sepeda Kekinian Tory, Ottawa, dan Carmelia

ANP • Friday, 17 Nov 2023 - 10:07 WIB

TANGSEL - Bersepeda bukan hanya olahraga, namun telah  menjadi gaya hidup anak muda di kota-kota besar dunia. Terkait hal tersebut, Element Bike merilis tiga sepeda terbarunya, Tory, Ottawa, dan Carmelia, yang diharapkan mampu memuaskan keinginan anak muda perkotaan di Indonesia. 

"Generasi saat ini memiliki perhatian besar pada isu-isu lingkungan. Misalnya, soal energi terbarukan, mengurangi polusi, mengurangi ketergantungan pada bahan bakar minyak, yang kemudian diterapkan pada keseharian mereka. Salah satunya, menjadikan sepeda sebagai alat bermobilitas," Kata *Hendra, CEO PT Roda Maju Bahagia*, perusahaan yang menaungi Element Bike. 

Sebagai catatan, survei KedaiKOPI menunjukkan bahwa 77,4% anak muda di Indonesia tertarik dengan isu lingkungan hidup. Di mana 78,2% di antaranya berasal dari generasi Z (14-24 tahun). 

Survei Indikator Politik Indonesia dan Yayasan Indonesia Cerah juga menyebutkan hal serupa, yaitu 52% dari 4.020 responden berusia 17-35 tahun di seluruh Indonesia khawatir akan kerusakan lingkungan dan krisis iklim. 

"Sehingga tidak dipungkiri,  bersepeda kini menjadi gaya hidup modern, khususnya bagi anak-anak muda di  perkotaan," lanjut Hendra,"salah satu indikasinya adalah munculnya komunitas bersepeda anak muda di beberapa lokasi yang menjadi ikon kota, misalnya di Taman Kota Dukuh Atas."

Untuk memenuhi pangsa pasar yang cukup spesifik ini,  Element Bike meluncurkan sepeda dengan nama Tory dan Ottawa, dua sepeda jenis  komuter yang nyaman digunakan untuk bermobilitas. Kedua sepeda ini berpenampilan klasik. Di mana Tory dilengkapi dengan ban 700 C, sedangkan Ottawa dilengkapi ban 26 inchi yang memiliki rak di sisi depan maupun  belakang. "Jadi, dua sepeda ini bukan hanya nyaman dipakai di perkotaan, bahkan siap dipakai touring ke luar kota," kata *Ahmad Subhan, Head of Marketing Element Bike*. 

Selain Tory dan Ottawa, produk lain yang dirilis di AEON BSD, Tangerang, ini adalah Carmelia. "Jenisnya city bike, diperuntukkan bagi wanita, di mana ada keranjang multiguna. Bisa menjadi tempat menaruh belanjaan, atau menaruh tas saat berangkat-pulang kantor dengan bersepeda," kata Ahmad Subhan. 

"Dari spesifikasi dan fungsi, kami berharap sepeda-sepeda ini mampu memuaskan keinginan anak muda perkotaan dalam bermobilisasi. Karena bersepeda itu, keren," kata Hendra.