SNI Award 2023, Kukuh S Achmad: Mewujudkan Kinerja Unggul dan Berkelanjutan

FAZ • Friday, 17 Nov 2023 - 06:07 WIB

Jakarta - Badan Standardisasi Nasional (BSN) kembali menggelar kegiatan Penganugerahan SNI Award Tahun 2023.

SNI Award diungkapkan Kepala Badan Standardisasi Nasional (BSN), Kukuh S. Achmad merupakan bagian dari rangkaian kegiatan Bulan Mutu Nasional (BMN) 2023 yang

Memasuki gelarannya yang ke-18, SNI Award Tahun 2023 mengangkat tema ‘Standardisasi untuk Pertumbuhan Ekonomi yang Berkelanjutan’.

“SNI Award merupakan apresiasi yang diberikan oleh pemerintah Republik Indonesia kepada para pelaku usaha serta organisasi yang konsisten menerapkan Standar Nasional Indonesia (SNI),” ungkap Kukuh S. Achmad dalam siaran tertulis pada Kamis (16/11/2023).

Penilaian SNI Award dilakukan berdasarkan pada performance organisasi berdasarkan tujuh kriteria.

Antara lain, kepemimpinan, strategi, pelanggan, manajemen sumber daya, operasi (proses bisnis), analisis dan peningkatan kinerja, serta hasil bisnis.

Kriteria tersebut dikembangkan berdasarkan pendekatan kerangka kerja Malcolm Baldridge, SNI ISO 9004:2018 Manajemen mutu-Mutu organisasi-Panduan mencapai sukses berkelanjutan, serta sistem penilaian kinerja yang lain.

“Memasuki pelaksanaannya yang ke-18, penilaian dalam SNI Award tentu semakin ketat. Dewan Juri SNI Award tidak hanya mempertimbangkan hasil dari penilaian evaluator, tapi juga berdasarkan hasil wawancara mendalam dengan CEO perusahaan peserta SNI Award," ungkap Kukuh.

"Hal-hal yang ditanyakan dalam wawancara terkait dengan isu global, rencana strategis jangka panjang termasuk bagaimana agar perusahaan menjadi organisasi berkelanjutan,” jelasnya.

Saat ini pemerintah berkomitmen untuk melakukan pelestarian lingkungan salah satunya melalui komitmen pelaksanaan Environmental, Social, and Governance (ESG).

Oleh karenanya bagaimana transformasi bisnis yang mengarah pada ESG, juga menjadi salah satu poin yang dinilai oleh Dewan Juri.

Organisasi yang menerapkan ESG, akan melakukan praktik bisnis, investasi, dan implementasi kebijakan yang selaras dengan keberlanjutan yang ditopang kerangka lingkungan, sosial dan tata kelola usaha.

“Untuk itu, para pemenang SNI Award diharapkan dapat menjadi role model bagi industri Indonesia untuk menerapkan standardisasi dan penilaian kesesuaian dalam mewujudkan organisasi yang berkelanjutan,” jelas Kukuh.

Diketahui, sebanyak 61 Organisasi berhasil meraih SNI Award pada tahun 2023 ini.

Berkaitan dengan kategori, SNI Award 2023 memiliki 12 kategori peserta, yaitu Kategori Organisasi Skala Besar yang terdiri dari:

1.Produk Sektor Kimia, Farmasi, Kesehatan, Tekstil, Energi dan Sumber Daya Mineral,

2. Produk Sektor Logam, Mesin, Transportasi dan Elektronika,

3. Produk Sektor Agro dan Pariwisata,

4. Jasa lainnya seperti Keuangan dan Logistik; kemudian Kategori Organisasi Skala Menengah

5. Produk Sektor Kimia, Farmasi, Kesehatan, Tekstil, Energi dan Sumber Daya Mineral,

6. Produk Sektor Logam, Mesin, Transportasi dan Elektronika,

7. Produk Sektor Agro dan Pariwisata,

8. Kategori Jasa lainnya seperti Keuangan dan Logistik.

9. Kategori Organisasi Kecil yaitu, Barang dan Jasa.