BAZNAS Kabupaten Purwakarta Salurkan Donasi untuk Palestina Rp175 Juta

ANP • Thursday, 16 Nov 2023 - 18:25 WIB

JAKARTA - Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Purwakarta menyalurkan donasi kemanusiaan Palestina melalui Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) RI, senilai Rp175.000.000. 

Penyerahan bantuan tersebut diserahkan langsung oleh Ketua BAZNAS Kabupaten Purwakarta Rika Ristiawati kepada Ketua BAZNAS RI, Noor Achmad di Gedung BAZNAS RI, Jakarta, Kamis (16/11/2023).

"Kami menyampaikan terima kasih kepada Ketua BAZNAS Kabupaten Purwakarta yang telah menyalurkan bantuan kemanusiaan melalui BAZNAS RI. Kita semua berdoa kebaikan kepada siapa saja yang berbuat baik," kata Kiai Noor dalam sambutannya.

Menurut Kiai Noor, perjuangan Indonesia memberikan kekuatan spirit moral kepada Palestina dengan berbagai bantuan yang kita kirim. Bantuan kemanusian tahap pertama telah sampai dan kini tahap berikutnya akan segera dikirimkan.

"Bantuan tahap berikutnya yakni BAZNAS RI bekerja sama dengan TNI AL untuk mengirimkan bantuan. Ada sebanyak 50 ton bantuan akan menggunakan jalur laut dan dibawa dengan kapal milik TNI AL," jelasnya

Kiai Noor mengungkapkan, bantuan yang dikirimkan ke Palestina merupakan kebutuhan yang sangat diperlukan, sehingga bantuan yang dikirimkan benar-benar bermanfaat untuk orang-orang di Palestina.

"BAZNAS mengirimkan bantuan seperti selimut, makanan serta kebutuhan utama untuk ibu dan anak. Bantuan tersebut mwmiliki berat sekitar 50 ton," tutur Kiai Noor.

Kiai Noor mengungkapkan, BAZNAS berencana untuk bekerja sama dengan 3 lembaga Mesir untuk bisa mendistribusikan bantuan agar dapat digunakan oleh masyarakat Palestina. BAZNAS juga merencanakan untuk membuka posko kemanusiaan di Palestina.

"Kami merencanakan untuk bekerja sama dengan Hilal Ahmar Mesir, Bayt Zakat dan Shadaqat Mesir dan Al Khayr Misr. Ke depan, jika sudah aman, kita akan buka posko di Palestina," jelasnya.

Sementara itu, Rika Ristiawati selaku Ketua BAZNAS Kabupaten Purwakarta menyampaikan terima kasih dan apresiasi terhadap para donatur yang telah menyumbangkan sebagian hartanya untuk bantuan kemanusiaan di Palestina.

Donasi yang dihimpun oleh BAZNAS Purwakarta merupakan dari donatur serta warga Purwakarta dan sekitarnya. Donasi tersebut berhasil dihimpun dalam dua tiga pekan terakhir.

"Kami menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada para donatur sehingga terkumpul dana sebesar Rp175 juta. InsyaAllah kita akan kembali membuka donasi pada Senin besok sampai akhir November. Mudah-mudahan di akhir November mencapai target," katanya.

Dia mengajak masyarakat Kabupaten Purwakarta dan masyarakat di seluruh Jawa Barat untuk tidak ragu membantu rakyat Palestina yang sampai saat ini masih mendapat serangan dari Israel.

"Jangan bimbang dan jangan ragu untuk membantu Palestina, karena tanah ini merupakan tanah yang dimuliakan oleh Allah SWT dan diberkahi sekelilingnya termasuk kita yang membantu perjuangan Palestina," kata Rika.