Lahirkan Enterpreneur, BAZNAS BAZIS DKI Jakarta Gelar Grand Final JakBee 2023

ANP • Wednesday, 15 Nov 2023 - 21:28 WIB

JAKARTA -  Dalam rangka melahirkan generasi muda yang memiliki jiwa Enterpreneur, BAZNAS BAZIS DKI Jakarta kembali hadir untuk mengadakan lomba Jakarta BAZNAS BAZIS Enterpreneur Empowerment (JakBee) Tahun 2023.

Wakil Ketua 2 Baznas Bazis DKI Jakarta bidang Pendistribusian dan Pendayagunaan, Saat Suharto Amjad mengatakan, event JakBee telah digelar selama 4 tahun, dengan sasaran para siswa dan mahasiswa. Menurutnya tujuan event ini untuk membentuk anak anak muda memiliki jiwa entrepreneur. Dimana hal tersebut juga merupakan salah satu pintu rezeki, yaitu perdagangan.

" JakBee itu adalah Jakarta business basis entrepreneur empowerment.  Jadi,  memang kita lomba yang pesertanya itu adalah para siswa dan para maksiswa. Kami mempunyai keinginan agar anak-anak muda ini mempunyai minat terhadap entrepreneur dan kita ingin mengembangkan itu. Karena memang dari sisi agama, 9 dari 10 pintu rezeki itu adalah perdagangan," tegas Wakil Ketua 2 Baznas Bazis DKI Jakarta bidang Pendistribusian dan Pendayagunaan, Saat Suharto Amjad, di sela-sela Grand Final BAZNAS BAZIS DKI Jakarta Gelar JakBee 2023 di Jakarta, Rabu (15/11/2023).

Menurut Saat, kini tren entrepreneur pada generasi muda terus meningkat. Hal tersebut dikarenakan, kemajuan teknologi yang membuat kreatifitas meningkat serta para generasi muda yang telah menyukai entrepreneur. Sayangnya, di negara kita ini lomba-lomba yang berkaitan dengan entrepreneur itu belum terlalu banyak.

"Kalau tahun kemarin peserta sekitar 140-an,  tahun ini 196 total yang ikut.  Jadi, trendnya terus meningkat.  Pertama,  karena memang anak-anak muda sekarang relatif,  lebih banyak juga yang senang entrepreneur. Kalau kita lihat juga produknya bagus-bagus," katanya.

Ia menjelaskan, pada tahun ini JakBee Tahun 2023 hadir dengan kategori yang sedikit berbeda dengan tahun tahun sebelumnya. Pada Tahun 2023 ini JakBee mengangkat Tema Millenial Creative Enterpreneur. Diharapkan lahir generasi generasi muda yang memiliki jiwa Enterpreneur, Islami dan juga kreatif sehingga hanya ada 2 Kategori untuk JakBee Tahun 2023. yaitu Bidang Produk dan Digital. Pada Bidang Produk terdapat Lomba Bussines Plan UMKM sedangkan untuk Kategori Digital terdapat Lomba pembuatan Video Content Creator

"Sekarang anak-anak muda itu luar biasa.  Dan dari sisi, ini kan ada 2, yang produk langsung,  mereka membuat produk,  ada kategori khusus produk,  ada juga kategori konten. Nah,  yang konten ini mereka diminta untuk melihat sekitarnya, apa yang mereka bisa bantu untuk meningkatkan UMKM dan mereka membuat itu. Jadi, kecakapan mereka membuat video,  membuat script, dan yang luar biasa mereka sudah mampu, mereka memetakan segmentasi mana,  kira-kira cara engage terhadap customer seperti apa.  Bagi kami membanggakan mereka itu.  Dan memberi harapan besar bahwa mereka itu akan tumbuh menjadi entrepreneur, dan entrepreneur handal di masa yang akan datang," tambahnya.

Komisioner Baznas DKI Jakarta tersebut menjelaskan, untuk juara ditingkat wilayah mendapatkan hadiah sebesar Rp.5 Juta, sedangkan di jenjang Grand Final DKI Jakarta Rp.10 Juta.