Rangkaian Peringatan Hari Ibu Ke-95: Merayakan Perempuan untuk Berbagai Profesi dan Kalangan

ITK • Wednesday, 15 Nov 2023 - 15:03 WIB

Jakarta – Dalam rangka memperingati Hari Ibu ke-95 yang jatuh pada 22 Desember 2023 mendatang, acara Merayakan Perempuan di Istora Senayan (14/11/2023), merupakan sebuah pembukaan luar biasa yang memperlihatkan betapa perempuan punya peran penting dalam segala aspek kehidupan Masyarakat Indonesia.

Bertajuk ‘Perempuan Berdaya, Indonesia Maju’, Acara Merayakan Perempuan dihadiri oleh sekitar 7.500 perempuan indonesia dari berbagai profesi dan kalangan. Selain itu acara ini juga dihadiri oleh Wakil Presiden Indonesia, Ma'ruf Amin. Hadir pula Menteri PPPA, I Gusti Ayu Bintang Darmawati, S.E, M. Si. Dalam pidatonya, perempuan yang akrab disapa Bintang Puspayoga ini menyampaikan beberapa pesan mengenai perempuan,

"Peringatan Hari Ibu untuk bangsa Indonesia bukanlah Mother's Day, ini karena peringatan Hari Ibu didasari oleh momentum diselenggarakannya Kongres Perempuan pertama tanggal 22 Desember tahun 1928 di Jogjakarta. Ini merupakan momen titik balik peran perempuan. Di mana momen ini menandai bangkitnya gerakan perempuan Indonesia untuk berorganisasi secara demokratis.”

Menteri PPA juga menyampaikan bahwa momen perayaan Hari Ibu esensinya bukan hanya untuk mengapresiasi jasa besar para ibu di Indonesia. Namun Hari Ibu juga istimewa karena memiliki makna untuk mengapresiasi seluruh perempuan di Indonesia. Tidak lain karena perempuan juga berperan, berdedikasi dan berkontribusi untuk masyarakat luas.

Peringatan Hari Ibu setiap tahun diharapkan bisa menjadi pendorong semua pemangku kepentingan dan masyarakat. Momen Hari Ibu diharapkan bisa menarik perhatian dan pengakuan pentingnya eksistensi perempuan.

Sebagai Rangkaian peringatan Hari Ibu, selanjutkan KemenPPA akan mengadakan roadshow peringatan Hari Ibu di tiga kota, yakni Manokwari, Papua Barat pada 18 November, Aceh 22 November, dan Bali 16 Desember mendatang. Hal lainnya sebagai peringatan Hari Ibu, KemenPPA akan meluncurkan Buku Tentang 95 Perempuan Indonesia Inspiratif yang bertujuan mengangkat profil perempuan tangguh di bidangnya sehingga dapat menginspirasi seluruh perempuan Indonesia dari berbagai kalangan dan umur. (AYN)