Peduli Palestina, Ditjen Bimas Kristen Kemenag RI Gelar Doa Bersama

LAN • Tuesday, 14 Nov 2023 - 17:14 WIB

Jakarta - Kementerian Agama RI, melalui Direktorat Urusan Agama Kristen mengadakan Kegiatan Doa Bersama untuk Solidaritas Korban Kemanusiaan dan Perdamaian di Wilayah Timur Tengah, Selasa 14 November 2023 di Grha Oikumene PGI. 

Acara doa bersama ini juga mengajak dan melibatkan serta Aras Gereja Nasional, pimpinan Institut Agama Kristen Nasional (IAKN) dan jemaat. Tampak hadir Ketua Umum PGI Pdt. Gomar Gultom, Ketua Umum PGLII Pdt. Dr. Ronny Mandang, Ketua Umum PGPI Pdt. Jason Balompapueng dan pimpinan aras gereja lainnya seperti Bala Keselamatan, Bapatis, serta sebanyak 500 undangan.

Dirjen Bimas Kristen Kementerian Agama, Jeane Maria Tulung mengatakan, kegiatan ini merupakan tindak lanjut atas surat edaran Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas Nomor 12 Tahun 2023 tentang aksi solidaritas dan doa bersama untuk Palestina.

Jeane menyampaikan, doa hari ini bukanlah sekadar rangkaian kata, melainkan bentuk nyata dari kebersamaan dan kepedulian sebagai umat manusia.

"Kita semua hadir di sini dengan hati yang penuh rasa empati dan kesedihan untuk mendoakan mereka yang menjadi korban dari berbagai konflik dan bencana kemanusiaan. Saat ini, banyak saudara-saudara kita yang mengalami penderitaan dan kehilangan akibat tindakan kekerasan, ketidakadilan, dan peperangan. Oleh karena itu, mari kita bersama-sama merapatkan barisan, bersatu hati dalam doa bersama, sebagai tanda solidaritas dan kepedulian kita," ucapnya.

Dirjen berharap agar semua orang dapat ikut menyelesaikan perbedaan dan pertentangan dengan cara damai. Dengan menghindari penggunaan kekuatan keras yang dapat menyebabkan perang dan kekerasan.

"Semoga kebersamaan kita di sini dapat menjadi pijakan untuk menjalin solidaritas yang lebih kuat, sehingga kita dapat saling mendukung dan membantu dalam upaya menjembatani perbedaan serta merawat kebhinekaan yang menjadi kekayaan kita," ungkapnya.