PDIP Resmi Pecat Menantu Jokowi Bobby Nasution

MUS • Tuesday, 14 Nov 2023 - 12:17 WIB

Jakarta - Dewan Pengurus Cabang (DPC) PDI-Perjuangan resmi mencopot menantu Presiden Joko Widodo (Jokowi), Bobby Nasution dari anggota partai. Langkah itu diambil lantaran dukungan Bobby terhadap paslon capres-cawapres berbeda dengan putusan partai dan tak kunjung mengembalikan Kartu Tanda Anggota (KTA) PDI-P.

Surat tersebut memuat sembilan poin yang mencantumkan terkait aturan pilpres. Surat tersebut juga turut menyinggung Surat DPP PDI Perjuangan Nomor: 5675/IN/DPP/XI/2023, tertanggal 4 November 2023, perihal undangan mengklarifikasi Bobby terkait arah dukungan capres-cawapres.

Adapun hasil klarifikasi itu, Bobby diberikan waktu tiga hari oleh DPP PDI-Perjuangan untuk mengundurkan diri dari keanggotaan partai serta mengembalikan KTA PDI Perjuangan kepada DPC PDI Perjuangan Kota Medan.

"Sampai batas waktu yang diberikan oleh DPP Partai bahwa Sdr. Muhammad Bobby Afif Nasution belum juga menyerahkan surat pengunduran diri dan KTA PDI Perjuangan kepada DPC PDI Perjuangan Kota Medan," demikian tulis surat tersebut.

Atas pertimbangan itu, DPC PDI Perjuangan Kota Medan mencopot Bobby dari keanggotaan partai. Pasalnya, Wali Kota Medan itu telah terbukti melakukan pelanggaran kode etik dan displin partai kategori berat.

"Sehingga Muhammad Bobby Afif Nasution tidak lagi memenuhi syarat sebagai anggota PDI Perjuangan," tegas bunyi surat tersebut.

Keputusan pencopotan itu, tertuang dalam surat DPC PDIP Kota Medan Nomor : 217 /IN/DPC-29.B-26.B/XI/2023 tertanggal 10 November 2023. Surat itu pun telah dilayangkan kepada Bobby pada Senin (1/11/2023).

Adapun surat tersebut ditandatangani oleh Ketua DPC PDIP Kota Medan Hasyim, dan Sekretaris DPC PDI Perjuangan Kota Medan Roby Barus.

Diketahui, Bobby telah menyatakan dukungannya kepada Prabowo-Gibran. Bahkan, Bobby hadiri deklarasi Barisan Pengusaha Pejuang di Djakarta Theatre, Rabu (8/11/2023). Bobby merupakan ketua umum relawan tersebut.

Wali Kota Medan yang juga kader PDI-Perjuangan (PDIP) Bobby Nasution telah ramlubg memenuhi undangan panggilan klarifikasi di Kantor DPP PDIP, Jalan Diponegoro, Jakarta Pusat, Senin (6/11/2023).

Sejatinya, Bobby diklarifikasi terkait dukungan di Pilpres 2024 ke kakak iparnya, Gibran Rakabuming Raka yang juga bacawapres dari Prabowo Subianto. Hal itu disampaikan Ketua Bidang Kehormatan DPP PDIP Komarudin Watubun.

"Makanya kita minta Bobby klarifikasi ya, karena di PDIP nggak bisa orang main dua kaki gitu. Tetapi tadi Mas Bobby itu apa ya antara perasaan ya yang sekarang lagi bergejolak antara perasaan dan pikiran dia harus mau ke mana," kata Komarudin saat ditemui di Kantor DPP PDIP, Jakarta Pusat, Senin (6/11/2023).

Kepada Komarudin, Bobby ingin meminta izin bergabung mendukung Gibran, tetapi tetap berada di PDIP. Hanya saja, permintaan itu tak diamini oleh Komarudin.