MALIQ & D’Essentials Bersiap untuk Perilisan Single Baru “Aduh”

ITK • Tuesday, 14 Nov 2023 - 11:59 WIB

Jakarta MALIQ & D'Essentials beranggota Angga, Widi, Indah, Jawa, Lale, dan Ilman segera merilis single baru yang diberi judul “Aduh” akhir November 2023.

"Ini bakal jadi lagu yang cukup sentimental karena jujur saja gue enggak nyangka bakal keluar lagu kayak begini di karya MALIQ di umur yang segini. Prosesnya gue sangat terkesan, di mana saat penciptaan lagu ini situasinya memang benar-benar lagi asyik banget. Seolah-olah band 20 tahun ini kayak band baru yang belum pernah keluar album. Enggak ada tekanan mau buat lagu kayak apa juga,” kata Angga soal lagu baru mereka.

Setelah menggelar Konser 20 Tahun bulan Mei lalu, proses pembuatan lagu “Aduh’” ini tentu menyimpan cerita yang tak kalah berkesan. Di mana para personel MALIQ seperti lahir kembali untuk terus melanjutkan karier mereka dengan lagu dan bahkan tengah mempersiapkan album yang baru.

Widi yang masih berperan sebagai produser untuk bandnya sendiri juga menyampaikan tentang bagaimana proses pembuatan sang lagu, yang dari judulnya saja memang sudah menunjukkan MALIQ saat ini sedang berbunga-bunga.

 

“Banyak hook di lagu ini, Angga dan Indah yang menemukan liriknya. Ini yang paling gue senang. Angga sudah lama enggak explore menulis lirik. Gue senangnya ada banyak penempatan kalimat-kalimat yang enggak gue banget, justru itu yang gue tunggu. Gue serahkan mereka, di verse terutama. Gue cuma menyumbang di reff karena gue suka hook. Jadi gue cari hook-nya, kayak Aduh-nya dari gue. Surga itu kamu, duniawi juga kamu. Peran gue di situ,” ungkap Widi.

Bahkan dikatakan juga penggarapan single ini tidak memakan waktu lama, hanya 3 jam saja. Mulai dari pembuatan demo, liriknya yang mengalir begitu saja antara Angga dan Indah, mulai dari musik dan melodi semuanya hanya first take. Dan setelah 3 jam melakukan take, Widi pun menambahkan mastering lagu dilakukan saat itu juga tanpa harus ditambah apa-apa lagi. Lagu "Aduh" ini memang berkesan sangat organik dan effortless dibanding lagu-lagu Maliq sebelumnya. 

Meski baru akan dirilis di akhir bulan, animo penggemar MALIQ sudah tinggi sejak audio pre-release berdurasi 30 detik di social media platform TikTok dirilis. Sejak dilepas di publik pada tanggal 10 November hingga hari ini 13 November, sudah lebih dari 1500 video yang menggunakan audio pre-release ‘Aduh’ sebagai background musik.

"Aduh” akan menjadi single penanda kembalinya kerjasama MALIQ & D’Essentials dengan Warner Music Indonesia. Lagu ini akan berada di bawah naungan kedua label. Sebagai informasi tambahan, MALIQ merilis album pertama hingga keempat bersama dengan Warner Music Indonesia sebelum berjalan dengan Organic Records. Sebelum ini beberapa hits lagu MALIQ dibawakan oleh beberapa musisi Warner Music seperti “Untitled” oleh Rahmania Astrini, “Dia” oleh Eclat, “Terdiam” oleh Chintya Gabriella, “The One’ oleh Jevin Julian, Kara Chenoa, dan Jinan Laetitia, dan “Heaven” oleh Rafi Sudinman.

Sedikit bocoran, lagu yang berdurasi tidak lebih dari 4 menit ini memiliki lirik romantis juga menggoda. Beat lagu juga sesuai dengan lirik tersebut yang menjadikan groove lagunya asik untuk dinikmati kapan saja. Bahkan ternyata ini adalah lagu terakhir yang mereka buat untuk album baru mereka tapi akhirnya dijadikan single pertama mereka.

Penasaran? “Aduh" segera hadir di seluruh digital streaming platforms di indonesia pada tanggal 24 November dan juga akan bisa didengarkan di Radio Trijaya! (*ITK)