Bersyukur Atas Keberhasilan Program Bayi Tabung, Siloam Hospitals Sriwijaya Adakan Gathering Blastula IVF

ANP • Tuesday, 14 Nov 2023 - 11:59 WIB

Palembang  - Klinik bayi tabung Blastula IVF Siloam Sriwijaya di kota Palembang, Sumatera Selatan (Sumsel) sukses menghasilkan 421 kehamilan sejak berdiri pada 21 Januari 2021. Angka tersebut menunjukkan program bayi tabung pada klinik ini mengalami peningkatan rate yang sangat signifikan.

Terhitung mulai dari bulan Februari 2021 hingga bulan September 2023, tingkat keberhasilan yang diraih oleh Blastula IVF Centre adalah sebesar 55%. Rinciannya adalah sebagai berikut : 

744 IVF Cycles
322 Insemination
421 Pregnancies
215 Take Home Babies

Direktur Siloam Hospitals Sriwijaya dr Bona Fernando mengatakan, sejak beroperasinya Klinik Bayi Tabung Blastula IVF Siloam Sriwijaya, sampai saat ini  menghasilkan dan mengelola 421 kehamilan pasangan pasien dan lebih dari 215 bayi yang telah lahir.

"Layanan bayi tabung Blastula IVF ini terjadi akibat sinergi yang baik antara klinisi dan manajemen dengan satu tujuan, yaitu memberi harapan bagi mereka yang sedang menunggu keturunan. Kepedulian dan prioritas merupakan misi Blastula IVF  dalam memberikan pelayanan setiap pasangan suami istri yang datang keklinik Blastula. Dan tak terasa bayi – bayi yang telah lahir sudah banyak dan ini pertama kalinya mengadakan gathering khusus bayi- bayi dari program BlastulaIVF yang telah beranjak  tumbuh menjadi anak –anak yang sehat", tutur Direktur RS  Siloam Sriwijaya dr Bona Fernando pada acara gathering baby blastula yang pertama kalinya di selenggarakan di atrium Palembang indah mall, minggu 12  november 2023.

Dengan area seperti playground diharapkan membuat nyaman para anak –anak dan orang tua juga diberikan edukasi  healthtalk kesehatan oleh dr. Avyandita Meirizkia Sp.A , mengenai vaksinasi dan tata laksana/pemeliharaan tumbuh kembang anak, promil dan non promil  terhadap anak lalu juga ibu Renny Permataria, S.Psi Psikolog membahas mengenai kesiapan mental para pasangan guna menjalankan program kehamilan.
Tak hanya itu turut dihadiri oleh semua  TIM Dokter BlastulaIVF dan Mbok Ika Pramesti, Founder Komunitas Bayi Tabung (KITA). Diharapkan kegiatan Keluarga Blastula ini dapat diadakan secara rutin.

*Teknologi  Terkini*
Adapun tehnologi terbaru yang sudah bisa dilakukan di Blastula IVF – RS. Siloam Sriwijaya Palembang untuk meningkatkan angka persentase keberhasilan adalah PGT-A, PRP, PGD & PGS. Sementara untuk memenuhi kebutuhan dari pasutri yang ingin mengetahui perkembangan embrio hari ke 0 sampai hari ke 5 atau 6 Blastula IVF – RS. Siloam Sriwijaya Palembang akan menyediakan Time Lapse.
"Personalisasi, dan kerjasama tim dokter, Embriolog, perawat, bidan, analis laboratorium bahkan Front office merupakan kata kunci dalam layanan terbaik Blastula IVF centre, ditunjang dengan kenyamanan dan support sistem yang terdepan dalam pelaksanaan program unggulan. Personalisasi dan kerjasama tim dokter, Embriolog, perawat, bidan, analis laboratorium bahkan Front office.

Hal ini terlihat dari sukses rate yang tinggi dalam mewujudkan impian memiliki buah hati", ungkap dr. M. Aerul Chakra,SpOG (K) - FER, MIGS.

*Tingkat Keberhasilan*
Terhitung mulai dari bulan Februari 2021 hingga bulan September 2023, tingkat keberhasilan yang diraih oleh
Blastula IVF adalah sebesar 55% (421 pasien).

Detail tingkat keberhasilan adalah sebagai berikut :

- Fresh pregnancy 41% dari pasien yg di ET
- FET pregnancy 62% dari pasien yang di FET
Tingkat keberhasilan yang dicapai oleh Blastula IVF merupakan tingkat keberhasilan yang tinggi dikarenakan menurut data dunia, tingkat keberhasilan program IVF Dunia rata-rata adalah sebesar 35%.

Tak berhenti hanya di kelahiran pertama dan kedua, tapi bayi-bayi Blastula IVF terus lahir di 2023 dan seterusnya. Begitu pula dengan pasangan yang bahagia karena kehamilan yang diharapkan selama ini akhrinya tercapai. Blastula IVF akan terus memberikan pelayanan terbaik dan senantiasa berusaha mewujudkan impian dari berbagai pasangan yang telah mengharapkan sang buah hati.