Semangat Kepahlawanan, hibank Hadir Untuk Dukung UMKM #everydayhiro

ANP • Monday, 13 Nov 2023 - 12:48 WIB

Jakarta - Sebagai anak perusahaan dari PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. (BNI), PT Bank Hibank Indonesia (hibank) senantiasa berupaya untuk mewujudkan peranannya sebagai Agen Pembangunan nasional. Perwujudan tersebut salah satunya dilakukan melalui transformasi hibank menjadi penyedia layanan perbankan digital dengan fokus pada segmen UMKM. 

Dengan slogan “UMKM First Bank”, hibank telah menetapkan visinya menjadi Bank Digital UMKM Unggulan di Indonesia dan misi untuk pemberdayaan UMKM melalui peran hibank sebagai orkestrator ekosistem UMKM Indonesia. 
  
Sejalan dengan momentum peringatan Hari Pahlawan RI pada 10 November 2023, hibank meluncurkan campaign baru yaitu #everdayhiro sebagai bagian dari rangkaian transformasi branding yang dijalankan hibank.

Jenny Wiriyanto, Direktur Utama PT Bank Hibank Indonesia menjelaskan, “Melalui kampanye #everydayhiro ini, hibank bermaksud mengangkat semangat kepahlawanan yang dijalankan perusahaan untuk mewakili semangat kepahlawan setiap anak bangsa, khususnya para pelaku UMKM, dalam berkontribusi bagi pertumbuhan ekonomi nasional. 

hibank bertekad, bahwa keberadaan hibank harus dapat menjadi solusi bagi UMKM dalam mengembangkan usahanya untuk lebih besar dan lebih baik lagi”. Bersama dengan puluhan juta UMKM, hibank bertekad untuk memajukan ekonomi kerakyatan. 

“UMKM merupakan pilar ekonomi bangsa, berkontribusi besar terhadap GDP Nasional (yaitu sekitar 66%) serta menyerap hampir 99% tenaga kerja di Indonesia. Sehingga, di momen hari pahlawan ini, kami menjadikan #everydayhiro sebagai niat dan pintu pembuka untuk kita bersama-sama melahirkan banyak pahlawan ekonomi yang akan terus memajukan ekonomi Indonesia,” pungkas Jenny.

Sebagaimana dilaporkan dalam MSME Empowerment Report 2022, UMKM di Indonesia masih menghadapi berbagai macam tantangan dalam mengembangkan usahanya. Hal ini meliputi pemasaran usaha, akses ke material produksi, adopsi teknologi, proses transaksi, serta pengelolaan cash flow. 

Pada puncaknya, tantangan penguatan kinerja UMKM masih berkutat di rendahnya inklusi keuangan pada segmen tersebut, atau dengan kata lain banyak pelaku UMKM yang masih belum memiliki akses ke layanan perbankan yang memadai. 

Menurut data dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK), hingga tahun 2022 lalu, hanya sekitar 36% UMKM yang telah memiliki akses ke layanan formal perbankan. 

Selain itu, tantangan penguatan kinerja UMKM masih berkutat di rendahnya inklusi keuangan pada segmen tersebut seperti bagaimana banyaknya pelaku UMKM yang masih belum memiliki akses ke layanan perbankan yang memadai. 

Menurut data dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK), hingga tahun 2022 lalu, hanya sekitar 36% UMKM yang telah memiliki akses ke layanan formal perbankan. 

“Upaya hibank untuk meningkatkan alokasi pendanaan dan menghadirkan layanan perbankan digital yang relevan dengan kebutuhan  UMKM menjadi salah satu langkah penting dalam memperbaiki inklusi keuangan, terutama bagi UMKM yang masih belum terlayani oleh perbankan namun memiliki potensi untuk berkembang. Kami juga berkomitmen menjadi mitra dalam menghubungkan dengan penyedia-penyedia solusi dan layanan yang dibutuhkan UMKM melalui pembentukan dan pemberdayaan ekosistem, sehingga dapat membantu menjawab tantangan dalam pengembangan usaha UMKM. Hal inilah yang mendorong kami untuk memperkenalkan peran hibank sebagai orkestrator ekosistem UMKM Indonesia.”

Data terkini menunjukkan bahwa entitas yang dulu bernama Bank Mayora ini telah menunjukan alokasi pendanaan kepada UMKM. Hingga Oktober tahun ini, hibank telah menyalurkan 31,8% dari total kreditnya, atau kurang lebih sebesar Rp1,74 Triliun. 

Capaian ini sejalan dengan rencana hibank untuk meningkatkan porsi penyaluran kredit bagi segmen  UMKM hingga 45% di 2024. 

“hibank berharap dapat berjalan bersama-sama dengan seluruh stakeholders dalam memajukan perekonomian rakyat. Seiring dengan semangat hari pahlawan pada hari ini, hibank mendorong para pahlawan ekonomi untuk terus semangat, berkolaborasi, dan bersinergi membangun perekonomian Indonesia" tutup Jenny.

Dalam kesempatan ini, Corporate Secretary BNI Okki Rushartomo menyatakan bahwa masa depan perbankan adalah digital, dan BNI berkomitmen untuk memastikan bahwa setiap nasabah bisa mendapatkan solusi finansial terintegrasi setiap harinya. 

“Dengan adanya hibank, kami ingin membantu para UMKM naik kelas dengan berupaya untuk memberikan mereka akses ke layanan perbankan yang lebih efisien dan komprehensif,” pungkas Okki.