Alam Ganjar dan Ketum TPN Ajak Generasi Muda Ikuti XVG Talent Lomba Cipta Lagu dan Kompetisi Bernyanyi

ANP • Saturday, 11 Nov 2023 - 09:16 WIB

Jakarta - Muhammad Zinedine Alam Ganjar, putra dari Ganjar Pranowo bersama Ketua Tim Pemenangan Nasional Ganjar Pranowo-Mahfud MD di Pilpres 2024, Arsjad Rasjid mengapreasi
XVG Talent
Lomba Cipta Lagu dan Kompetisi bernyanyi
“Suara Anak Muda untuk Ganjar-Mahfud”.
 
XVG TALENTS adalah program kampanye relawan Extravaganjar (XVG) yang sengaja dibuat untuk menyentuh secara langsung para Gen Z, yang masuk dalam kategori pemilih pemula. Jumlahnya mencapai 35 juta jiwa. Mereka diharapkan berpartisipasi aktif pada Pemilu, 14 Februari 2024, melalui pendekatan musikal.
 
Menurut Alam Ganjar, kesempatan tersebut sangat bermanfaat lantaran disukai banyak kalangan dan tidak hanya generasi muda.
Musik hadir sebagai inspirasi, sekaligus serangkaian program pembentuk ruang-ruang kreatif terbuka sebagai fondasi pendongkrak kualitas musik masa mendatang.

"Ini harus menjadi wadah pergerakan kemajuan musik Tanah Air. Sehingga harus dijaga, dirawat, semacam menjadi satu agar marwahnya terjaga," kata  Alam Ganjar di Rumah Kita XGV, Jalan Tangkas Baru, Karet Semanggi, Setiabudi, Jakarta Selatan, Jumat (20/11/23).

“Saya sangat senang musik namun tidak bisa bermain musik. Sejak kecil, bapak sering mengajak saya jalan-jalan le kantor radio atau melihat acara musik, untuk mendengarkan musik atau tebak-tebakan judul musik. Sehingga, lagu lokal maupun internasional saya paham betul," tambah sosok yang pernah mengharumkan Indonesia kala membawa pulang medali emas dalam kompetisi sains di Korea Selatan pada 2015, menjuarai lomba internasional saat masih sekolah di SMPN 2 Semarang, meraih juara tiga dalam ajang Junior Achievement (JA) Asia Pacific Company of the Year Competition pada 2019 dan menciptakan produk lokal Echoes dan Whynotes, yaitu alas kaki dan binder multifungsi buatan tangan yang berbahan dasar eceng gondok dan dipadukan dengan batik.

Ditambahkan Arsyad, membahas tentang berbagi tentang visi besar Indonesia Emas 2045 dan peran para pemuda pelaku industri digital di dalamnya. Selain itu, Arsjad juga membahas peran penting menciptakan sumber daya manusia yang unggul dan berdaya saing di pasar kerja.

"Kami mengucapkan terima kasih banyak atas upaya teman-teman dan mendorong relawan lainnya menjalankan upaya serupa dalam hal apa saja. Kita harus menantang anak muda untuk menggali minat dan bakat mereka," kata Arsyad.

"Ini waktunya generasi muda untuk tampil, berkonstribusi dan membuktikan Indonesia unggul dan maju. Saya menyampaikan bahkan Pak Ganjar dan Mahfud mendukung penuh dan menjadi visi untuk mengembangkan pelaku dan industri ekonomi kreatif nasional," tegasnya.

Selanjutnya, untuk mencapai target tersebut, maka XVG Talents diharapkan dengan menyentuh langsung dunia generasi muda melalui kompetisi musik; Lomba Cipta Lagu, Kompetisi Band/Vokal Grup, Kompetisi Solois. Mereka akan mencipta lagu sendiri, tentang pesona Ganjar Pranowo dan Mahfud MD, dan menyanyikan lagu karya orang lain, tentang Ganjar-Mahfud MD.  
 
"Kualitas pemilihan umum salah satunya ditentukan oleh besarnya partisipasi anak muda. Anak muda yang menjadi peserta diharapkan memberikan suara untuk Ganjar- Mahfud,” kata Adi ‘KLa’ Adrian, Ketua Umum XVG.

“XVG Talents menjadi ruang ekspresi bagi mereka yang punya bakat mencipta lagu, menyanyi dan bermain musik, sebagai persiapan dini masuk ke industri musik. Sekaligus diharapkan agar kelak hasil karya mereka, membuat anak muda Indonesia, melek politik,” tambah Fendy Mugni, Sekjen XVG.
 
Dilanjutkan Ketua Pelaksana, Raiden Soedjono- drummer Sucker Head- menyebutkan bahwa XVG Talents melibatkan Dewan Juri dari kalangan musisi professional, sutradara musik video, komika, produser musik, dan wartawan musik pemegang Sertifikat Juri Musik Nasional.
 
Mereka adalah Ian ‘Godbless’ Antono, Adi ‘KLa’ Adrian, Once Mekel, Anang Hermansyah, Edo ‘Voodoo’ Widiz, Willy ‘Sket’, Ruth Sahanaya, Sandy Canester, Sandy Andarusman, Cak Lontong, Oleg Sanchabactiar, Febri ‘Hivi’ Nindyo, John Paul Ivan, Eka Deli, Fajar Satritama, Trison ‘Roxx’, Barry Likumahuwa, Andy Rif, Lita Zen, Buddy ACe, Mudya Mustamin, dan Ryan ‘Ncek’ Kampua.
 
“Harapan kami, peserta yang bisa berpartisipasi mengikuti XVG Talents berasal dari seluruh Indonesia, bahkan berasal dari anak muda Indonesia yang tinggal di luar negeri,” ucap Raiden Soedjono.
 
Sebagai apresiasi terhadap karya dan bakat, maka Extravaganjar akan memberikan hadiah total untuk para pemenang hingga ratusan juta rupiah. Adapun cara pendaftaran peserta, pertama hasil karya didaftarkan melalui google form: https://bit.ly/XVGTalent-2023, mengisi pendaftaran dengan lengkap, unggah lirik lagu, Kartu Tanda Penduduk, foto dalam format PDF, unggah hasil karya cipta dalam format MP3/WAV, peserta akan menerima email konfirmasi pendaftaran jika berhasil mengunggah karya didalam google form tersebut, peserta wajib follow akun @extravaganjarofficial, seluruh pengumuman informasi mengenai karya cipta akan dilakukan di social media akun @extravaganjarofficial.
 
Pilihan lagu kompetisi band/vocal group/solo, yaitu Rumah Kita Extravaganjar – https://bit.ly/HymneRumahKitaExtravaganjar, Semangat Juang XVG - https://bit.ly/SemangatJUangXVG, Ya Ganjar Mahfud - https://bit.ly/YaGanjarMahfud, dan Njar Ji Njar Beh - https://bit.ly/NjarJiNjarBeh.
 
Syarat lomba cipta lagu wajib menggunakan dalam lagu, kata-kata "Gerak Cepat", "Rambut Putih", "Indonesia Unggul", dan "Menang".
 
Persyaratan umum peserta XVG Talents, peserta umum dengan usia 17-27 tahun yang memiliki KTP Republik Indonesia, peserta tidak diperbolehkan merangkap atau bermain pada 2 (dua) atau lebih grup berbeda, jumlah anggota grup terdiri dari minimal tiga orang dan maksimal 6 orang, membawakan lagu sesuai persyaratan per kategori dengan kebebasan menentukan aransemen dan genre.
 
Ketentuan yang harus dilaksanakan oleh peserta XVG Talents, submit video demo melalui akun instagram dengan mention ke akun Instagram @extravaganjarofficial, wajib mencantumkan tagar #Extravaganjar #XVG #XVGtalents dan wajib follow akun @extravaganjarofficial, video demo diwajibkan dibawakan secara live, bukan lipsync, dengan audio yang jernih/balanced, durasi video demo maksimal 120 detik/2 menit, tidak tersangkut masalah hukum apapun dan tidak menggunakan obat-obatan terlarang, setiap peserta dinyatakan berhak mengikuti perlombaan jika telah memenuhi syarat administratif yang telah disebutkan pada ketentuan umum, setiap peserta yang masuk ke babak semifinal akan ditanggung biaya akomodasi & transportasi, mekanisme penjurian dilakukan sesuai dengan kategori yang dilombakan dengan mengacu pada kriteria penilaian yang telah ditentukan. Keputusan juri tidak dapat diganggu gugat, kostum peserta bebas, sopan, tidak melanggar tata kesusilaan di masyarakat.

Syarat & jetentuan kategori cipta lagu, peserta wajib melampirkan identitas diri (Kartu Tanda Penduduk Republik Indonesia, karya cipta harus mengikuti tema lomba, karya cipta minimal diiringi dengan 1 alat musik, karya cipta harus orisinil, apabila terbukti terdapat bagian yang mirip atau terdengar sama dengan karya yang sudah ada atau yang sudah beredar dipasaran, maka akan dianggap gugur, peserta yang terbukti melakukan kecurangan akan didiskualifikasi, lagu yang daftarkan merupakan hasil karya ciptaan sendiri, karya tidak mengandung unsur SARA, peserta bebas menentukan genre lagu ciptaan, peserta wajib mengirimkan ciptaan dengan menyertakan audio dalam format MP3, peserta wajib mengirimkan ciptaan dengan menyertakan lirik lagu & surat pernyataan.

Peserta wajib menandatangani kontrak persetujuan penggunaan lagu, durasi lagu maksimal 120 detik/2 menit, peserta tidak tersangkut masalah hukum apapun dan tidak menggunakan obat-obatan terlarang, setiap peserta dinyatakan berhak mengikuti perlombaan jika telah memenuhi syarat administratif yang telah disebutkan pada ketentuan umum dan juga tidak terikat dengan label/management manapun.

Penilaian & keputusan dewan juri mutlak dan tidak dapat diganggu gugat. Time Line Kategoru Solo & Group (6 November 2023 – Sabtu, 2 Desember 2023)
Period I - 6 – 24 November - Pendaftaran & Pengumpulan Video (Video Submission)
Period II - 25 - 26 November - Fase Kurasi oleh juri XVG
Period III- 27 November - Pengumuman Semifinalis (Announcement)
Period IV- 28 November - Undangan Semifinalis
Period V - 29 November - Semifinal Jabodetabek (Perform Live) di Rumah KITA XVG
Period VI - 30 November, Semifinal Luar Jabodetabek (Perform Live) di RumahKITA XVG
Period VII - 1 Desember, Persiapan Peserta & Persiapan Acara (Workshop)
Period VIII - 2 Desember – Gran Final.
 
Time Line Kategori Cipta Lagu (6 November 2023 – Sabtu, 2 Desember 2023)
Period 1 - 6 – 24 November  Pendaftaran & Pengumpulan Video (Video Submission)
Period 2 - 25 - 26 November - Fase Kurasi oleh juri XVG
Period 3 - 27 November - Pengumuman Finalis (announcements)
Period 4 - 28 - 30 November - Produksi Lagu Finalis (minus-one)
Period 5 - 1 Desember - Persiapan Penyanyi & Persiapan Acara (rehearsal)
Period 6 - 2 Desember - Grand Final
 
Cara Pendaftaran Peserta, hasil karya didaftarkan melalui google form: https://bit.ly/XVGTalent-2023, mengisi pendaftaran dengan lengkap, unggah lirik lagu, Kartu Tanda Penduduk, foto dalam format PDF, unggah hasil karya cipta dalam format MP3/WAV, peserta akan menerima email konfirmasi pendaftaran jika berhasil mengunggah karya didalam google form tersebut, peserta wajib follow akun @extravaganjarofficial, seluruh pengumuman informasi mengenai karya cipta akan dilakukan di social media akun@extravaganjarofficial.