BAZNAS Salurkan Beasiswa dan Paket Logistik Keluarga dari Sedekah Konsumen Alfamidi

ANP • Friday, 10 Nov 2023 - 15:39 WIB

JAKARTA - Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) RI menyalurkan Beasiswa Pascasarjana dan bantuan 1.800 Paket Logistik Keluarga (PLK). Bantuan tersebut berasal dari sedekah konsumen Alfamidi yang dikelola oleh PT Midi Utama Indonesia pada periode Mei hingga Juli 2023. 

Sebanyak 1.800 Paket Logistik Keluarga didistribusikan ke sembilan kota/kabupaten yang terdiri atas wilayah Demak, Brebes, Purbalingga, Wonosobo, Lebak, Bandung Barat, Jombang, Tangerang, dan Gunung kidul.

Penyaluran Paket Logistik Keluarga  (PLK) secara simbolis dilaksanakan di Wonosari, Kabupaten Gunung Kidul, Kamis (9/11/2023). Hadir dalam acara tersebut, Pimpinan BAZNAS RI Bidang Pendistribusian dan Pendayagunaan Saidah Sakwan MA, Marketing Manager PT Midi Utama Indonesia cabang Boyolali Indra Gunawan, Bupati Gunung Kidul Sunaryanta, serta Ketua BAZNAS Gunung Kidul Drs. H. Mustangid, M. Pd.

Paket Logistik Keluarga (PLK) merupakan bantuan kebutuhan sembako untuk keluarga miskin berupa bahan pangan setengah jadi dan makanan siap santap. Di antaranya yakni beras, minyak goreng, sarden, gula pasir, susu, mie instan dan beberapa kebutuhan pangan lain.

Dalam sambutannya, Pimpinan BAZNAS RI Bidang Pendistribusian dan Pendayagunaan Saidah Sakwan MA, menyampaikan apresiasi kepada PT Midi Utama Indonesia dan seluruh konsumen Alfamidi yang telah berupaya bersama BAZNAS dalam membantu masyarakat yang membutuhkan. 

"Insya Allah BAZNAS bertanggung jawab dalam penyaluran sedekah konsumen Alfamidi ini. Kami memastikan penyaluran dilakukan secara tepat sasaran dan transparan, dengan prinsip 3 aman, aman syar'i, aman regulasi, aman NKRI," ujarnya.

Saidah menjelaskan, bantuan program PLK ini merupakan intervensi jangka pendek BAZNAS, sebagai upaya meningkatkan akses pangan keluarga miskin dan kelompok rentan.

"Semoga beaaiswa yang diberikan dapat meningkatkan pendidikan mustahik, serta bantuan Paket Logistik keluarga dapat meringankan beban kebutuhan hidup masyarakat yang membutuhkan. Kami juga berharap kerja sama BAZNAS dan PT Midi Utama Indonesia dapat terus berlanjut sehingga kita bisa berupaya bersama dalam menyejahterakan umat," ucap Saidah. 

Sementara itu, Marketing Manager PT Midi Utama Indonesia cabang Boyolali Indra Gunawan menyampaikan terima kasih kepada BAZNAS yang telah memfasilitasi penyaluran sedekah konsumen Alfamidi berupa bantuan beasiswa pascasarjana dan Paket Logistik Keluarga yang didistribusikan di berbagai wilayah, termasuk di Yogyakarta. 

"Mudah-mudahan bantuan beasiswa yang diberikan dapat meningkatkan taraf pendidikan penerima manfaat sehingga ke depan dapat menjadi generasi penerus bangsa yang sukses, dan semoga bantuan Paket Logistik Keluarga ini dapat memenuhi kebutuhan masyarakat sehari-hari agar terbebas dari kasus kelaparan," ujar Indra. 

Indra berharap, kerja sama dengan BAZNAS ke depan dapat terus berlanjut melalui berbagai program yang dapat memberikan kesejahteraan bagi masyarakat seluas-luasnya.

Sementara itu, secara simbolis program Beasiswa Filantropi Islam dilaksanakan di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dengan dihadiri oleh seluruh mahasiswa penerima manfaat.

Beasiswa Filantropi Islam, yakni Beasiswa Pascasarjana kerja sama antara BAZNAS dan sedekah konsumen Alfamidi memberikan beasiswa kepada 58 mahasiswa UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, di antaranya 37 beasiswa S2, dan 19 beasiswa S3. Adapun pembiayaan diberikan hingga para peserta selesai melaksanakan perkuliahan.