MAKUKU Dry Care Melakukan Edukasi Kesehatan Kulit di 3 Titik Posyandu Jabodetabek

ANP • Friday, 10 Nov 2023 - 15:18 WIB

Jakarta – Kementerian Kesehatan Republik Indonesia berupaya memberikan pemantauan terhadap perkembangan anak Indonesia melalui berbagai kegiatan rutin di Posyandu (Pos Layanan Terpadu). Posyandu tidak hanya berkaitan dengan vaksinasi, tetapi pengukuran berat badan, tinggi badan/Panjang badan, dan lingkar lengan atas, lingkar kepala anak juga dilakukan setiap bulannya untuk memantau pertumbuhan dan perkembangan sehingga dapat mendeteksi sejak dini hal-hal tidak diinginkan seperti kelebihan/ kekurangan gizi.  Hingga saat ini, keberadaan Posyandu di Indonesia, yang merupakan fasilitas pelayanan kesehatan berbasis Masyarakat, telah mencapai 269.000 dan tersebar di seluruh Indonesia. Posyandu berperan penting dalam pencapaian tujuan Pembangunan Nasional.1 Mengetahui hal tersebut, MAKUKU bersama Kompas.com mengadakan Program “Lembutnya MAKUKU, buat Nyaman Anakku” melalui praktek pijat anak dan edukasi terhadap ratusan Ibu dan anak  di 3 titik posyandu Jabodetabek, seperti Posyandu Melati Jakarta Timur, Posyandu Matahari 3 Depok dan Posyandu Durian 24 Bekasi yang dilaksanakan mulai bulan Oktober hingga November 2023. 

 

Selain merupakan periode emas dalam pertumbuhan dan perkembangan balita, usia anak s/d 5 tahun memiliki risiko kesehatan seperti kekurangan gizi, kekurangan kasih sayang hingga rentan terkena penyakit.  Oleh karena itu melalui program ”Lembutnya MAKUKU, buat Nyaman Anakku”, MAKUKU berupaya melakukan edukasi pentingnya kebersihan dan kesehatan kulit anak untuk mencegah risiko terkena penyakit, terutama penyakit kulit. 

 

dr. Ario Baskoro MSC (IHM), Praktisi Kesehatan mengatakan, “Menjaga Kesehatan Kulit Balita merupakan Langkah awal dalam Optimalisasi Tumbuh Kembang anak karena mereka akan terhindar dari penyakit kulit yang dapat menghalangi gerakan, mengurangi mood dalam pemberian makan, dapat mengganggu proses stimulasi dini perkembangan, serta dapat mengganggu waktu tidurnya. Mengenai Edukasi mengenai risiko masalah kulit pada Si Kecil penting dilakukan. Faktanya, kulit bayi masih sangat rentan mengalami masalah kulit seperti kulit kering, kemerahan, bersisik, gatal ataupun iritasi. Oleh karena itu, bayi menjadi mudah rewel karena merasa tidak nyaman dalam beraktivitas.  Selain memperhatikan kebersihan dan kesehatan kulit Si Kecil, Ibu juga perlu memilih produk untuk anak yang sesuai salah satunya popok yang lembut dengan daya serap yang tinggi, agar popok tidak lembab. Sehingga, mengurangi risiko kontak langsung kulit dengan urin atau fases. Peran swasta dalam mendukung dalam penyelenggaraan kegiatan di Posyandu sangat diperlukan besar karena selain sebagai dapat memfasilitasi tenaga ahli untuk pemberi informasi kesehatan kepada masyarakat, juga dapat menjadi penggerak masyarakat untuk datang ke Posyandu dan melaksanakan perilaku hidup bersih dan sehat terutama bagi Si Kecil sehingga mencegah risiko terkena penyakit kulit.”

 

Selain memperhatikan kebersihan dan kesehatan kulit Si Kecil, Ibu juga perlu mengetahui bahwa periode penting dalam proses tumbuh kembang anak adalah 1000 hari pertama kehidupan individu (the golden period). Bukan hanya status gizi, stimulasi dari orang tua juga merupakan faktor yang mempengaruhi tumbuh kembang anak. Oleh karena itu, stimulasi juga mempunyai peran penting untuk meningkatkan pertumbuhan dan perkembangan anak, terutama fungsi Bahasa, sensoris, sosial,  kognitif, afektif dan psikomotor. 

 

Bidan Devie, Praktek di Bidan Siti Juaeriah mengatakan, “Kurangnya stimulasi akan mengakibatkan hilangnya fungsi sel-sel otak ini. Stimulasi dari orang tua serta status gizi merupakan dua faktor yang mempengaruhi tumbuh kembang anak.4 Memijat adalah salah satu aktivitas yang memberikan stimulasi positif pada tubuh lewat sentuhan fisik. Aktivitas ini bermanfaat bagi bayi, terutama jika dilakukan sejak usia tiga bulan pertama setelah persalinan. Salah satu manfaat pijat bayi adalah mendorong rasa rileks dan nyaman yang baik bagi tumbuh kembang Si Kecil. ”

 

Titi Nurmalasari, Public Relations Manager MAKUKU Indonesia mengatakan, “Upaya peningkatan peran dan fungsi Posyandu bukan semata-mata tanggung jawab pemerintah saja, namun semua komponen yang ada di masyarakat, termasuk kader masyarakat.  Oleh karena itu, MAKUKU melaksanakan program #LembutnyaMAKUKUbuatNyamanAnakku sebagai bukti komitmen MAKUKU dalam memberi pendampingan kepada Orangtua di masa perkembangan Si Kecil. kegiatan ini juga merupakan bentuk upaya menekan angka kasus masalah kulit di Indonesia. Selain edukasi yang akan dibawakan oleh  dr. Ario Baskoro, MAKUKU juga memahami bahwa stimulasi juga penting untuk mengoptimalkan perkembangan anak, sehingga di dalam kegiatan kali ini akan ada tips untuk aktivitas pijat anak yang akan dipraktekkan oleh Bidan Devie.”

 

Berikut merupakan jadwal pelaksanaan program edukasi yang dilaksanakan oleh MAKUKU:

1. Posyandu Melati  

Hari, Tanggal: Senin, 23 Oktober 2023

Waktu: 09.00 - 11.00 WIB

Lokasi : Kantor RW - RT.12/RW.4, Pisangan Tim., Kec. Pulo Gadung, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13230

 

2. Posyandu Matahari 3

Hari, Tanggal: Selasa, 31 Oktober 2023

Waktu : 09.00 - 11.00 WIB

Lokasi : Jl. Rawakalong No.43 RT 8/RW 8, Curug. Kec. Cimanggis Kota Depok 16453 

 

3. Posyandu Durian 24

Hari, Tanggal: Kamis, 9 November 2023

Waktu : 09.00 - 11.00 WIB

Lokasi : Cluster Botanica, Jl. Alun-Alun Sel. No.39, RT.3/RW.010, Padurenan, Kec. Mustika Jaya, Kota Bks, Jawa Barat 16340

 

MAKUKU Dry Care terbuat dari bahan kain yang lembut sehingga nyaman digunakan saat Si Kecil beraktivitas di siang hari dan menemani tidur malam yang panjang. Dengan teknologi 3 lapisan sirkulasi yaitu lapisan atas, lapisan penyerap dan lapisan bawah popok mampu mengurangi hawa panas dan kelembapan yang diakibatkan oleh urin dan fases Si Keci sehingga mencegah risiko iritasi dan lecet akibat gesekan pada kulit lembut bayi. Selain itu, karet pinggang MAKUKU Dry Care juga didesain lebih elastis (Elastic Waist) dengan bahan yang lembut dan lebih fleksibel untuk menciptakan kenyamanan dan mengurangi bekas kemerahan maupun perih pada kulit Si Kecil saat menggunakan popok.

 

MAKUKU Dry Care kini hadir dalam Varian celana dan perekat (ukuran NB-S, M, L, XL, XXL) dengan promo menarik baik di toko offline mitra MAKUKU dan toko online. Bagi Ibu yang akan membeli secara online dan mendapatkan promo menarik dapat mengunjungi akun MAKUKU Indonesia Official di TikTok, Shopee, Lazada, dan Tokopedia. MAKUKU Dry Care juga tersedia dalam kemasan single pack yang kini lebih mudah didapatkan di warung terdekat seluruh Indonesia.