Dubes Heri Anugerahkan Ambassador Award pada Acara ‘Indonesia Night in Tokyo 2023'

MUS • Tuesday, 7 Nov 2023 - 06:17 WIB

Tokyo - Duta Besar Republik Indonesia (Dubes RI) untuk Jepang Heri Akhmadi menganugerahkan Ambassador Award sebagai bentuk apresiasi kepada 12 individu yang berkontribusi konkret dalam penguatan hubungan Indonesia – Jepang di tengah peringatan 65 tahun hubungan diplomatik kedua negara.

Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo mengawali malam apresiasi bertema "Harmony Across Borders: Uniting Hearts, Strengthening Partnerships" tersebut dengan mengundang para tokoh yang berjasa dalam peningkatan hubungan bilateral kedua negara di berbagai bidang ke panggung. 

"Indonesia Night in Tokyo" digelar atas kerja sama Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Tokyo dengan Bank Indonesia (BI) di Hotel Sheraton Miyako Tokyo, pada Senin, 6 November 2023. Acara ini juga didukung oleh Kementerian Investasi/BKPM RI, Kementerian Perdagangan RI dan ASEAN Japan Center.

Dubes Heri Akhmadi yang didampingi Ibu Nuning Akhmadi menjelaskan inisiatif ini ditujukan untuk memperkuat hubungan antar masyarakat Indonesia – Jepang. 

“Ambassador Award ini bentuk apresiasi Pemerintah Indonesia untuk individu-individu yang telah berkontribusi dalam memperkuat hubungan Indonesia – Jepang di berbagai bidang. Tokoh-tokoh Indonesia - Jepang ini mencerminkan semangat ‘Kokoro Hitotsu-Ni’ atau ‘Satu Hati’ yang menjadi tema 65 tahun hubungan diplomatik Indonesia – Jepang,” ujar Dubes Heri yang didampingi Wakil Duta Besar John Tjahjanto Boestami, serta pejabat KBRI Tokyo lainnya.

Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo mengatakan acara Indonesia Night in Tokyo adalah bentuk apresiasi atas eratnya hubungan kedua bangsa.
 
“Indonesia Night merupakan bentuk apresiasi atas hangatnya, eratnya hubungan Indonesia dan Jepang tidak hanya dalam bidang perdagangan, investasi namun juga budaya. Acara ini juga menampilkan kekayaan wastra Indonesia yang dikenakan oleh insan-insan penerima penghargaan,” jelas Perry Warjiyo yang didampingi oleh Ibu Ririn Perry Warjiyo, Deputi Gubernur Bank Indonesia Aida S. Budiman, Kepala Perwakilan BI Tokyo Hilman Tisnawan, serta sejumlah pejabat Bank Indonesia lainnya.

“Acara malam ini bertema Harmoni Lintas Batas: Menyatukan Hati, Memperkuat Kemitraan. Di sini kami ingin menekankan pentingnya pertukaran budaya sebagai jembatan memperkuat hubungan Indonesia dan Jepang,” tambahnya.

Penerima Ambassador Award dari Indonesia adalah Associate Professor, Institute of Industrial Science, University of Tokyo, Dr. Eng. Muhammad Aziz, Ketua Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) Tokyo, Dina Faoziah dan Director of Wholesale & International Banking, BNI Silvano Winston Rumantir.

Para penerima Ambassador Award tampak memukau dengan busana wastra Indonesia karya UMKM Indonesia binaan BI di antaranya Batik Komar, Nirmala Songket, dan Cik Mia Songket.

Muhammad Aziz yang mengenakan Batik motif Jarot Asem adalah seorang akademisi Indonesia terkemuka di Jepang. Selaku Kepala Laboratorium di Universitas Tokyo, Aziz aktif memajukan kerja sama energi Indonesia dan Jepang melalui dialog track 1.5, khususnya mengenai isu-isu terkait Hidrogen. 

Dina Faoziah selaku Ketua Panitia Pemilihan Luar Negeri Indonesia di Tokyo telah berkontribusi dalam meningkatkan kesadaran politik WNI di Jepang untuk mengikuti pemilu 2024. Ia mengenakan batik motif Buketan saat menerima penghargaan.

Sementara itu, Sahabat Indonesia penerima Ambassador Award dari Jepang berturut-turut adalah: Asisten Gubernur Bank Sentral Jepang Tokiko Shimizu; Sekretaris Jenderal ASEAN Japan Center Kunihiko Hirabayashi; Executive Vice President Japan Foundation Dr. Yuri Sato; Executive Director of Japan Indonesia Association (Japinda) Norio Yamazaki; Walikota Kesennuma Shigeru Sugawara; CEO of RIRI & Dot, Inc. Ririko Takano; Pengajar Ritsumeikan University Prof. Jun Honna; Mantan Duta Besar Jepang untuk Indonesia Masafumi Ishii; dan Presiden Sasakawa Peace Foundation Dr. Atsushi Sunami. 

Dr. Yuri Sato, Executive Vice President Japan Foundation telah menulis sejumlah buku dan publikasi terkait Indonesia dalam bidang ekonomi, industri, dan juga bisnis. Ia juga fasih berbahasa Indonesia. Yuri mengenakan motif pulir saat menerima Ambassador Award.

Acara Indonesia Night ini dimeriahkan di antaranya oleh Dwiki Dharmawan Quintet yang menampilkan bintang tamu Purnamasari, Ivan Nestorman, dan Ade Rudiana. Tampil pula tarian Bajidor Kahot dari grup Dewandaru.

Sembari menikmati sajian budaya Indonesia, lebih dari 250 tamu undangan disuguhi kuliner Indonesia di antaranya Karedok dan Rendang.

Indonesia Night ditutup dengan lagu tema 65 tahun Indonesia-Jepang “Satu Hati" karya Hiroaki Kato oleh Ica Zahra dan Kaito Mori.

Sebelum acara Indonesia Night, digelar Pameran Produk Kreatif UMKM Indonesia dan Investment Business Forum. Lebih dari 150 pebisnis berpartisipasi dalam kegiatan yang antara lain diisi pemaparan 10 (sepuluh) proyek Investasi yang siap ditawarkan di Indonesia.